Informasi Terpercaya Masa Kini

Hamas Konfirmasi Yahya Sinwar Tewas dalam Pertempuran: Syahid yang Heroik

0 1

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengkonfirmasi kematian pemimpin mereka, Yahya Sinwar, dalam pertempuran melawan Israel.

“Pernyataan duka cita atas gugurnya pemimpin mujahid yang syahid dan simbol nasional yang agung,” tulis Hamas dalam pernyataannya, Jumat (18/10).

Hamas mengutip Al-Quran tepatnya Surah Al-Ahzab ayat 23:

مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ رِجَالٌ صَدَقُوْا مَا عَاهَدُوا اللّٰهَ عَلَيْهِۚ فَمِنْهُمْ مَّنْ قَضٰى نَحْبَهٗۙ وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّنْتَظِرُۖ وَمَا بَدَّلُوْا تَبْدِيْلًاۙ ۝٢٣

“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Di antara mereka ada yang gugur dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu. Mereka sedikit pun tidak mengubah (janjinya).”

Menurut Tafsir Ibnu Katsir, ayat ini turun berkaitan dengan para sahabat Nabi Muhammad ﷺ yang berjuang di jalan Allah. Di antara mereka ada yang menepati janji mereka kepada Allah untuk berperang demi menegakkan Islam, baik sampai syahid atau hingga datang kemenangan.

Mereka tidak melarikan diri atau ragu dalam berperang, dan tetap teguh meskipun menghadapi kesulitan dan cobaan. Beberapa di antara mereka telah syahid, seperti Hamzah bin Abdul Muthalib dan Anas bin An-Nadhr, sementara yang lainnya masih menunggu kesempatan untuk syahid.

Ayat ini menggambarkan kejujuran dan keteguhan mereka dalam memenuhi janji kepada Allah, tidak goyah dalam menghadapi tantangan, dan selalu siap memberikan pengorbanan tertinggi. Ayat ini juga memberikan pelajaran tentang kesetiaan kepada janji dan kebenaran iman.

Kematian Yahya Sinwar pertama kali diumumkan Israel pada Kamis (17/10) setelah pertempuran pada Rabu (16/10) di Rafah, Gaza.

Dalam video yang dirilis Israel, terlihat Sinwar tetap berjuang hingga akhir hayatnya. Dalam kondisi kritis karena luka berat karena gempuran peluru tank dan rudal Zionis, dia masih berusaha menjatuhkan drone yang diarahkan kepadanya dengan melemparkan tongkat kayu. Sniper tentara Israel (IDF) kemudian menembakkan peluru kepada pejuang berusia 61 tahun ini.

Perjuangan Sinwar hingga titik penghabisan melahirkan pujian dari pendukung Palestina. Mereka menyebut Sinwar sebagai “pahlawan semasa hidup, dan seorang legenda setelah mati”.

Berikut pernyataan lengkap Hamas:

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Pernyataan duka cita atas gugurnya pemimpin mujahid yang syahid dan simbol nasional yang agung.

Yahya Sinwar “Abu Ibrahim” Komandan Pertempuran Banjir Al-Aqsa [serangan ke Israel, 7 Okober 2023]

“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Di antara mereka ada yang gugur dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu. Mereka sedikit pun tidak mengubah (janjinya).” [QS Al-Ahzab: 23]

Dengan segala makna kebanggaan, martabat, kehormatan dan harga diri, Gerakan Perlawanan Islam [Hamas] menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Palestina kami, untuk seluruh bangsa kami dan untuk orang-orang bebas di dunia, salah satu orang yang paling mulia dan paling berani, seorang pria yang mengabdikan hidupnya untuk Palestina, dan memberikan jiwanya demi Allah di jalan menuju pembebasannya. Allah itu benar, maka Allah pun benar kepadanya, dan memilihnya sebagai syahid bersama dengan saudara-saudaranya yang telah syahid sebelumnya.

Kami berdukacita atas pemimpin besar bangsa ini:

Saudara mujahid yang syahid Yahya al-Sinwar (Abu Ibrahim) -Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) dan komandan Pertempuran Banjir Al-Aqsa.

Yang bangkit sebagai syahid yang heroik, maju dan tidak mundur, mengacungkan senjatanya, terlibat dan berhadapan dengan tentara pendudukan di garis depan, bergerak di antara semua posisi tempur, teguh, kokoh dan kuat di tanah kehormatan Gaza, membela tanah Palestina dan kesuciannya, dan menginspirasi dalam mengobarkan semangat keteguhan, kesabaran, keteguhan dan perlawanan.

Kepada rakyat kami yang agung, umat Arab dan Islam, serta orang-orang bebas di duni:

Gerakan Perlawanan Islam – Hamas

Leave a comment