Informasi Terpercaya Masa Kini

Mulai Rp180 Jutaan,All-New Hilux Rangga Resmi Mengaspal di Indonesia: Catat Spesifikasinya

0 4

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Sudah banyak dinanti sejak kemunculannya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 Juli lalu, All-New Hilux Rangga akhirnya resmi diluncurkan, Selasa (15/10/2024).

Peluncuran All-New Hilux Rangga oleh PT Toyota-Astra Motor dilaksanakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kehadiran All-New Hilux Rangga di pasar Indonesia didahului dengan riset dan persiapan panjang.

Tim dari PT Toyota-Astra Motor lebih dulu turun ke berbagai lokasi di seluruh daerah di Indonesia untuk mengetahui bagaimana kebutuhan dan tren di tengah masyarakat baik dari aspek keperluan mobilitas niaga maupun pribadi.

Dari hasil riset panjang itu, All-New Hilux Rangga kini dihadirkan tak cuma dengan spesifikasi mumpuni, tangguh dan efisien tapi juga menawarkan peluang konversi menjadi berbagai bentuk fungsional.

Saat peluncuran oleh President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda dan jajaran, dipamerkan belasan contoh nyata konversi All-New Hilux Rangga garapan dari para pelaku karoseri di Indonesia.

Ada All-New Hilux Rangga yang disulap menjadi mobile cafe lengkap dengan kanopi portable dan etalase, ada yang disulap menjadi armada animal rescue dan ada pula yang difungsikan sebagai mobil camping bahkan angkutan umum.

Selain itu, ditampilkan pula All-New Hilux Rangga yang sudah dikonversi menjadi mobil towing sepeda motor bahkan menjadi unit ambulance.

Ini hanya segelintir gambaran dari besarnya peluang pemanfaatan All-New Hilux Rangga yang bisa mencakup begitu luas peluang usaha dan mobilitas masyarakat di Indonesia.

Baca juga: Pengalaman Pertama Menjajal Hilux Rangga: Saatnya Mobil Pick Up Naik Kelas

President Director PT Toyota-Astra Motor, Hiroyuki Ueda mengatakan, peluncuran All-New Hilux Rangga turut menjadi bagian dari penerapan prinsip penting PT Toyota-Astra Motor yakni untuk memberikan solusi mobilitas yang holistik.

“Hari ini menandai tonggak sejarah penting bagi PT Toyota-Astra Motor (TAM), karena secara resmi kami meluncurkan kendaraan yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang lebih luas dan berkontribusi pada kesejahteraan untuk semua.”

“Sebagai mobility company, Toyota berupaya untuk menyediakan Mobility for All dengan menghadirkan All-New Hilux Rangga sebagai solusi mobilitas yang gesit, andal, dan dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan individu, bisnis, dan komunitas,” terang Hiroyuki Ueda.

Aktris film papan atas sekelas Dian Sastrowardoyo yang turut hadir meramaikan peluncuran All-New Hilux juga blakblakan kepincut dan mengadopsi mobil terbaru dari PT Toyota-Astra Motor ini untuk bisnis barunya yakni rumah produksi film. 

Dian mengaku ada dua faktor utama yang membuatnya mantap memilih All-New Hilux Rangga untuk menyokong bisnis yang dirintisnya.

Dimana oleh Dian, All-New Hilux Rangga digunakan sebagai mobil logistik keperluan syuting film.

Faktor pertama yakni dari aspek kenyamanan kru pengemudi yang harus menempuh perjalanan jauh bahkan lintas provinsi untuk mendukung mobilitas syuting.

Kedua yakni faktor luasnya layanan service dan sparepart Toyota di berbagai daerah di Indonesia yang bagi Dian turut jadi jaminan kelancaran proses produksi film.

“Toyota itu dealernya ada di mana-mana, jadi kalau syuting di luar kota dan kalau misalnya amit-amit ada kendala atau perlu sparepart maka saya akan mudah sekali mendapatkan sparepart di seluruh nusantara,” kata Dian.

Benar saja, faktor keandalan tak cuma dari unit mobil tapi juga luasnya jaringan pelayanan after-sales juga sudah menjadi keunggulan Toyota.

PT Toyota-Astra Motor membangun ekosistem after sales yang lengkap dan mudah didapatkan melalui jaringan bengkel resmi Toyota yang mencakup 82 persen wilayah Indonesia.

Terlebih pada segmen niaga yang jadi sasaran All-New Hilux Rangga, downtime merupakan hal yang harus dikurangi semaksimal mungkin karena mereduksi produktivitas usaha.

Desain dan Spesifikasi

Hilux Rangga hadir dengan dua pilihan mesin yakni bensin 1TR-FE 2.000 cc menawarkan kenyamanan berkendara dengan pengoperasian yang lebih senyap dan diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang bertenaga namun tetap hemat bahan bakar.

Transmisi manual 5-speed memastikan ketangguhan di berbagai kondisi jalan, sementara transmisi otomatis 6-speed cocok untuk mobilitas perkotaan dan jarak jauh.

Desain kabin dan posisi duduk yang ergonomis memastikan kenyamanan pengemudi, sehingga bisa bekerja lebih produktif dan nyaman.

Hasilnya, mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien, aman, serta berkontribusi pada operasional bisnis yang lebih optimal.

Bagian dashboard juga di desain lebih modern dan fungsional, serta dilengkapi berbagai fitur yang kian mendukung aktivitas pengemudi.

Posisi sistem kemudi rack and pinion seperti mobil penumpang, dipermudah oleh tilt steering dan power steering untuk mendukung kemudahan berkendara ketika putar arah dengan radius putar hanya 4,9 meter.

All-New Hilux Rangga memiliki panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, serta dek barang dibuat rata. Kendaraan niaga ini memiliki payload 1,2 ton, lebih dari cukup untuk mengangkut 56 galon air mineral.

Pilihan 3 Way Deck juga semakin mendukung produktivitas untuk aktivitas bongkar-muat barang yang lebih cepat, ergonomis, dan tanpa kendala.

Pertama di kelasnya, All-New Hilux Rangga memiliki roof rack mounting point di atas kabin dengan kapasitas beban 75 kg.

Terdapat juga 8 hook pada tutup bak kiri dan kanan, serta 4 hook di pintu belakang, untuk mengikat barang bawaan. Fungsionalitas tinggi ini terbilang baru untuk ukuran mobil pikap.

All-New Hilux Rangga hadir dengan desain yang lebih powerful dan agresif, dengan tampilan luar yang ikonik bergaya retro modern.

Tulisan TOYOTA pada grille dan bak belakang juga memberikan kesan lebih outstanding. Dengan tampil menonjol, mobil niaga ini merupakan cermin profesionalitas perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Keselamatan menjadi salah satu fokus utama Toyota dalam mengembangkan kendaraan niaga Hilux Rangga.

Kendaraan ini juga dilengkapi fitur safety seperti, 3-points seatbelt, airbags, immobilizer, side body under run, cabin protector, bersama  fitur ABS+EBD pada rem cakram 14 inch di depan dan rem tromol yang andal di belakang. Selain itu, adanya bonnet juga mampu meredam tabrakan frontal.

Fitur canggih Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) turut menjadi standar di tipe High Diesel A/T yang membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat.

Setiap mobil niaga Toyota mengadopsi value Quality, Durability, and Reliability (QDR) yang tinggi.

Menggunakan mesin, chassis, dan drivetrain (termasuk transmisi, propeller shaft, dan gardan) yang sama dengan Hilux, memastikan kemampuannya melaju di berbagai medan dengan daya tahan yang sudah terjamin.

“Mobil niaga ini tidak hanya mampu bertahan lebih lama, tetapi juga serbaguna dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan kendaraan lain. Sehingga membantu perusahaan menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi tanpa mengurangi utilitas dan usia pakai,” kata Chief Engineer of the All New Hilux Rangga, Jurachart Jongusuk.

Daftar Harga All-New Hilux Rangga (OTR) Jakarta

1. Hilux Cab-Chassis 2.0 Standard M/T                                                             188.700.000                  

2. Hilux Pick Up 2.0 Standard M/T                                                                     193.600.000                  

3. Hilux Pick Up 2.0 Standard M/T 3 Ways                                                        194.600.000                  

4. Hilux Pick Up 2.0 High M/T                                                                              215.700.000                  

5. Hilux Cab-Chassis 2.4 Dsl Standard M/T                                                       244.700.000                  

6. Hilux Pick Up 2.4 Dsl Standard M/T                                                               249.600.000                  

7.  Hilux Pick Up 2.4 Dsl Standard M/T 3 Ways                                                250.600.000                  

8. Hilux Pick Up 2.4 Dsl High M/T                                                                       283.600.000                  

9. Hilux Cab-Chassis 2.4 Dsl High A/T                                                                299.200.000                  

10. Hilux Pick Up 2.4 Dsl High A/T                                                                      304.500.000                  

Penambahan Karoseri

Dry Box                                                                                                                     33.500.000

Dry Box Rear + Side Doors                                                                                    36.000.000

Refrigerated Box                                                                                                    120.000.000                  

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Leave a comment