Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Material Backsplash Dapur yang Bikin Ruangan Aesthetic

0 2

Memilih material backsplash dapur merupakan salah satu langkah penting dalam mendesain dapur yang tidak hanya fungsional, namun juga aesthetic. Backsplash tidak hanya berguna melindungi dinding dari cipratan minyak atau air, tapi juga dapat menambah keindahan ruangan.

Mau bikin dapur makin estetis? Berikut beberapa material yang bisa kamu gunakan untuk ide backsplash dapurmu.

1. Backsplash dapur keramik

Backsplash dapur dengan material keramik menjadi salah satu pilihan populer karena kepraktisannya. Selain itu pilihan desainnya yang bervariasi juga menjadi keunggulan dari material satu ini.

Penggunaan keramik untuk backsplash dapur tidak hanya memudahkan bagi para pekerja yang memasangnya, namun juga mudah dibersihkan dan harganya lebih terjangkau.

Keunggulan lain yang dimiliki keramik terletak pada kemampuannya untuk menahan suhu tinggi dan kelembapan sehingga cocok untuk area dapur yang sering terkena cipratan air dan panas. Meskipun begitu, penggunaan keramik juga memiliki kelemahan pada bagian garis penghubung antar keramik dapat mudah menghitam jika tidak dibersihkan secara rutin.

2. Backsplash dapur 3D berbahan solid

Backsplash dapur 3D berbahan solid menawarkan tampilan yang unik dan elegan. Material ini biasanya dirancang untuk menciptakan efek tiga dimensi pada dinding dapur.

Efek 3D ini bisa memberikan visual yang menarik pada ruangan. Pemilihan material solid untuk aksen 3D ini menjadi solusi yang tepat untuk dapur aesthetic-mu.

3. Backsplash dapur kayu

Ingin memberikan sentuhan alami dan klasik pada ruangan? Kamu bisa menggunakan material kayu. Kayu dapat memberikan suasana yang cozy dan elegan sehingga akan membuat dapurmu terasa lebih homey.

Sayangnya, untuk menggunakan bahan ini perlu penanganan khusus, yakni kayu harus dilapisi terlebih dahulu dengan cat yang mengandung latex maupun enamel. Kandungan minyak pada kedua bahan tersebut akan membantu kayu lebih tahan lama.

4. Backsplash dapur marmer atau granit

Backsplash dapur berupa marmer atau granit menawarkan kesan elegan dan mewah untuk dapur cantikmu. Kedua bahan ini juga dikenal memiliki ketebalan sekitar 2 cm sehingga lebih awet dan tidak mudah pecah. Tak heran, jika kedua material ini dibanderol dengan harga yang tinggi dibandingkan material backsplash lainnya.

Soal perawatan, kamu perlu berhati-hati dengan tidak menggunakan detergen berbusa atau cairan yang mengandung asam untuk membersihkannya. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan pembersih khusus marmer dengan pH netral.

5. Backsplash dapur bata tempel

Backsplash dapur dengan bata tempel menawarkan kesan industrialis dan vintage untuk ruang dapurmu yang sangat menarik. Kamu bisa memilih antara bata yang dicat dengan warna cerah atau bata dengan warna asli. Supaya tahan terhadap noda, lapisi bata dengan sealer bercorak low-sheen ya, Bela!

6. Backsplash dapur kaca

Jika ingin tampilan yang bersih, modern, dan elegan, kaca dapat menjadi pilihan tepat. Apalagi jika dapurmu bertema minimalis tentu bahan ini akan menjadi kombinasi yang pas.

Kelebihan utama dari backsplash kaca ialah kemampuannya dalam memantulkan cahaya sehingga dapat membuat dapurmu terlihat lebih luas. Meskipun begitu, kamu juga harus memperhatikan soal perawatan material satu ini karena mudah terkena noda.

Terdapat berbagai jenis kaca yang bisa digunakan untuk backsplash dapurmu, mulai dari kaca warna, sandblast, patri, hingga tekstur. Pastikan kamu memilih bahan kaca yang aman agar tidak membahayakan keselamatan keluarga.

Penggunaan kaca pada backsplash dapur bisa memberikan tampilan yang bersih dan elegan, serta meningkatkan estetika keseluruhan ruanganmu.

7. Backsplash dapur plat stainless steel

Plat stainless steel merupakan salah satu material yang juga cukup populer digunakan pada backsplash dapur. Material ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tampilan dapur mewah, namun sering tidak punya waktu untuk membersihkannya.

Penggunaan plat stainless steel ini perlu perhatian yang khusus agar terhindar dari zat-zat yang membuat korosi. Selain itu, untuk membersihkannya kamu cukup basahi lap atau cuci dengan cairan deterjen saja. Dijamin noda mudah menghilang.

Memilih material backsplash dapur yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam tampilan dan fungsi dapurmu. Jangan lupa, pertimbangkan gaya dapur, anggaran, serta kebutuhan perawatan saat memilih material backsplash, ya!

Baca Juga: 11 Desain Dapur Minimalis 3×3 yang Keren dan Fungsional

Baca Juga: 9 Rekomendasi Hiasan Dinding Dapur Unik, Bikin Dapur Makin Estetis!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Peralatan Dapur Unyu yang Ternyata Berguna

Leave a comment