Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Calon Menteri Prabowo yang Kagetkan Publik: Ada Istri Wishnu Wardhana hingga Aktivis HAM

0 1

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil sederet tokoh politik ke rumahnya di Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024).

Pemanggilan tersebut berkaitan dengan keputusan Prabowo untuk menunjuk mereka sebagai calon menteri yang akan bekerja di kabinet Prabowo-Gibran.

Di antara nama-nama yang datang ke kediaman Prabowo, terdapat tokoh yang membuat kaget masyarakat.

Tokoh-tokoh ini mulanya belum pernah terdengar di cabinet Jokowi Widodo-Ma’ruf Amin, maupun di pemerintahan presiden sebelumnya.

Berikut 5 nama calon Menteri Prabowo yang hebohkan publik:

1. Veronica Tan

Veronica Tan ikut dipanggil Prabowo Subianto ke kediaman sang presiden terpilih di Kertanegara pada Senin (14/10/2024).

Baca Juga : : Deretan Yayasan dan Bisnis Veronica Tan yang Bakal jadi Menteri Kabinet Prabowo

Ia merupakan mantan istri Basuki Tjahja Purnama, yang dating menemui Prabowo untuk berbincang singkat.

Ditanya wartawan, Veronica mengaku diminta untuk membantu dalam bidang ibu dan anak.

Baca Juga : : Profil Cak Imin, Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo

“Saya baru dipanggil untuk kunjungi pak Presiden, semoga saya bisa layani masyarakat ke depannya. Untuk membantu ibu dan anak, saya bilang siap,” tegas Veronica.

2. Natalius Pigai

Sosok lain yang masuk dalam bursa Menteri Prabowo adalah Natalius Pigai. Ia merupakan aktivis HAM yang dikenal aktif menyuarakan pendapatnya.

Sayangnya Natalius Pigai enggan membeberkan jabatan Menteri apa yang diberikan Prabowo kepadanya.

Natalius pernah menjabat sebagai anggota Komnas HAM pada periode 2012-2017, di mana dia aktif menyuarakan isu-isu penting terkait hak-hak masyarakat Papua.

Pemanggilan Natalius Pigai ini cukup mengejutkan lantaran, politisi ini pernah memberikan kritik keras terhadap pemerintah Jokowi. 

Sekretaris Umum Muhammadiyah hingga istri Direktur Utama PT Teladan Prima Agro…

3. Prof Abdul Mu’ti

Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu’ti masuk radar calon menteri Prabowo Subianto. Diungkapkan, Prof Abdul Mu’ti diberi jabatan sebagai Menteri Pendidikan Dasar-Menengah.

Hal tersebut disampaikan Abdul Mu’ti usai menemui Prabowo Subianto di kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara Jakarta Selatan, Senin 14 Oktober 2024.

Abdul Mu’ti mengemukakan dirinya sudah diberikan tugas oleh Prabowo Subianto untuk mencerdaskan anak bangsa. Ia pun mengaku siap untuk membantu Prabowo Subianto dan memajukan semua pendidikan di Indonesia.

“Kami sudah siap untuk laksanakan dan memimpin kementerian untuk memajukan pendidikan,” tuturnya.

Dia menjelaskan Kementerian Pendidikan Dasar-Menengah merupakan kementerian baru yang merupakan pecahan kementerian pendidikan dan kebudayaan di era Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Jadi nomenklaturnya itu mencakup semua pendidikan prasekolah, dasar, menengah. Lalu ada juga pendidikan informal dan juga formal,” katanya.

4. Nasaruddin Umar

Prabowo Subianto turut memanggil Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar untuk datang ke kediamannya pada Senin (14/10/2024).

Nasaruddin Umar mengaku terkejut saat dirinya dipanggil Prabowo.

“Saya betul-betul sangat surprise ya. Saya enggak menyangka dan saya kaget, saya enggak pernah membayangkan,” ujar Nasaruddin Umar di Jakarta, Senin (14/10/2024).

Nasaruddin mengaku tidak pernah ada pembicaraan soal posisi menteri bersama Prabowo maupun orang di sekitar lingkungan Partai Gerindra sebelum-sebelumnya.

Namun di hadapan wartawan, Nasaruddin tak mengungkapkan pasti jabatan yang diberikan kepadanya. Ia hanya mengaku bahwa tugasnya tak berada jauh dari bidang agama.

5. Widiyanti Putri Wardhana

Widiyanti Putri Wardhana juga menjadi sosok yang mengejutkan publik. Ia merupakan anak dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group.

Jarang ditemui di dunia politik, Widiyanti dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di sektor agribisnis dan energi.

Melansir laporan tahunan TLDN, Widiyanti Putri diketahui menjadi Komisaris TLDN sejak 23 November 2021, sampai dengan masa jabatan 2024. Perempuan berusia 53 tahun ini diketahui pernah menjabat juga sebagai Direktur TLDN pada 2012-2021.

Selain di TLDN, Widiyanti juga menjabat sebagai komisaris di beberapa entitas anak TLDN sejak 2013, dan menempati sejumlah posisi strategis lainnya yakni Direktur PT Teladan Resources, PT Teladan Properties, dan PT Teladan Pusaka.

Widiyanti tercatat meraih gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis pada Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993.

Widiyanti tercatat tidak memiliki saham secara langsung pada TLDN, tetapi memiliki saham secara tidak langsung di perseroan sebesar 8,14% melalui PT Teladan Resources.

Widiyanti juga tercatat menjadi salah satu pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan dilantik sebagai Sekretaris Jenderal YJI sejak 2018. Widiyanti juga menduduki posisi sebagai Ketua Yayasan Teladan Utama dan Dewan Pengawas Yayasan Kawula Madani.

Adapun Widiyanti juga berstatus sebagai istri Wishnu Wardhana, yang juga merupakan Direktur Utama TLDN.

Wishnu diketahui pernah bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Presiden terpilih Prabowo Subianto juga pernah menyebut nama Wishnu Wardhana akan menjadi salah satu orang yang akan membantunya jika terpilih menjadi Presiden.

Leave a comment