Informasi Terpercaya Masa Kini

Peringatan Dampak Badai Matahari dan Non-Aktifkan Centang Biru Pesan WA di Top 3 Tekno

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Terkini pada Minggu pagi ini, 13 Oktober 2024, diawali dari artikel tentang peringatan dampak badai matahari yang menghantam Bumi. Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (NOAA). Badai magnetik disebutkan memiliki tingkat G4 atau parah ada ada peluang meski kecil untuk berkembang menjadi G5 atau ekstrem.

Sebanyak dua berita terpopuler lainnya datang dari tips untuk pengguna WhatsApp. Yang pertama adalah cara menyembunyikan tanda centang biru “read receipts”, yang mengindikasikan pesan telah dibaca oleh penerima, yang mungkin diperlukan untuk alasan privasi.

Sedangkan tips kedua adalah cara menautkan WhatsApp di ponsel lain sebagai perangkat pendamping untuk memudahkan pengiriman pesan. Pengguna dapat beralih antarponsel tanpa harus ke luar dan melanjutkan obrolan dari tempat terakhirnya berhenti.

Berikut Top 3 Tekno Berita Terkini pada Minggu pagi ini, 13 Oktober 2024, selengkapnya,

1. NOAA Peringatkan Dampak Badai Matahari yang Menghantam Bumi

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (NOAA) mengeluarkan peringatan terkait dampak badai matahari yang tiba di Bumi pada Kamis, 10 Oktober 2024. Lontaran massa korona (CME) dari matahari yang menghantam Bumi dengan kecepatan hampir 1,5 juta mil per jam memicu badai geomagnetik dengan tingkat G4 (parah).

Lubang korona pada 13 Maret 2019. Posisi lubang korona di sekitar ekuator matahari. (instagram/lapan-ri)

Menurut Pusat Prediksi Cuaca Antariksa (SWPC), tingkat badai G4 masih mungkin terjadi, dan ada kemungkinan kecil untuk mencapai tingkat G5 (ekstrem) berdasarkan pengamatan awal dari kekuatan CME. Badai ini berpotensi berdampak signifikan pada infrastruktur penting, seperti komunikasi, jaringan listrik, dan layanan GPS.

Sistem satelit di orbit rendah serta komunikasi frekuensi tinggi kemungkinan besar akan terganggu. Jaringan listrik di Amerika, terutama yang sudah melemah akibat Badai Helene dan Milton, juga terancam terkena dampak tambahan. Selain itu, sistem navigasi atau GPS, terutama yang digunakan dalam operasi bantuan bencana, turut berisiko mengalami gangguan.

2. Cara Menyembunyikan Centang Biru dalam Pesan WhatsApp di 2 Platform

Pada dasarnya, di WhatsApp terdapat tiga jenis tanda centang. Pertama adalah centang satu berwarna abu-abu mengindikasikan pesan berhasil terkirim. Kedua, ada centang dua berwarna abu-abu mengindikasikan pesan berhasil diterima oleh penerima.

Contoh penampakan centang biru di pesan WhatsApp. (WhatsApp)

Terakhir, terdapat centang dua berwarna biru atau yang dikenal juga sebagai “read receipts” mengindikasikan pesan telah dibaca oleh penerima. Dalam konteks pesan grup, tanda centang biru hadir ketika semua anggota grup telah membaca pesan tersebut.

Namun bagi sebagian pengguna, kehadiran centang biru dapat menimbulkan ketidaknyamanan terkait privasi mereka. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami gangguan privasi terkait hal ini, WhatsApp menyediakan opsi bagi penggunanya untuk menonaktifkan centang biru.

3. Cara Menautkan WhatsApp di Ponsel Lain

WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan atau menautkan hingga empat perangkat ke akun WhatsApp mereka. Keempat perangkat tersebut dapat berupa laptop atau ponsel. Pengguna dapat menghubungkan hingga dua laptop dan dua ponsel pintar menggunakan fitur tersebut.

Ilustrasi WhatsApp. shutterstock.com

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan obrolan yang sedang berlangsung, serta membuat panggilan audio dan video. Namun pengguna harus memperhatikan bahwa mereka tidak akan dapat mengakses pembaruan, status, dan saluran pada telepon sekunder mereka.

Menghubungkan ponsel sebagai perangkat pendamping memudahkan pengiriman pesan. Anda dapat beralih antarponsel tanpa harus keluar dan melanjutkan obrolan dari tempat terakhir Anda berhenti. Berikut cara menautkan WhatsApp di ponsel lain.

Leave a comment