Informasi Terpercaya Masa Kini

Mediatek Luncurkan Chipset Flagship Terbarunya, Dimensity 9400

0 2

nextren.com – MediaTek resmi meluncurkan chipset flagship terbarunya, Dimensity 9400 Series, yang menawarkan peningkatan signifikan dalam performa serta efisiensi daya.

Chipset ini dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbagai aplikasi canggih, mulai dari gaming imersif, fotografi berkualitas tinggi, hingga komputasi AI (kecerdasan buatan) generasi terbaru.

Dimensity 9400 mengusung desain arsitektur CPU Arm v9.2 dan mengadopsi teknologi All Big Core generasi kedua.

Chipset ini dilengkapi dengan satu inti Arm Cortex-X925 berkecepatan 3,62 GHz, tiga inti Cortex-X4, serta empat inti Cortex-A720.

Dengan kombinasi tersebut, chipset ini diklaim memberikan peningkatan kinerja inti tunggal hingga 35 persen dan multi-inti hingga 28 persen dibandingkan pendahulunya, Dimensity 9300.

Selain itu, chipset ini dibangun dengan proses manufaktur 3nm generasi kedua dari TSMC, yang memungkinkan efisiensi daya hingga 40 persen lebih baik.

“MediaTek Dimensity 9400 akan menjadi penggerak utama dalam penerapan teknologi AI terbaru, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui peningkatan performa dan daya tahan baterai yang lebih lama,” ujar Joe Chen, Presiden MediaTek.

Chipset ini juga dilengkapi dengan NPU Generasi ke-8 yang memungkinkan performa AI generatif, termasuk pelatihan LoRA (Low-Rank Adaptation) dan pembuatan video berkualitas tinggi secara langsung di perangkat.

Keunggulan lainnya adalah dukungan untuk model bahasa besar (Large Language Model/LLM) yang lebih cepat dan efisien.

Di sektor gaming, Dimensity 9400 menggunakan GPU Arm Immortalis-G925 dengan 12 inti, yang menawarkan kinerja raytracing 40 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Chipset ini juga mendukung fitur-fitur gaming setara PC seperti opacity micromaps (OMM) untuk efek transparansi yang lebih realistis, serta MediaTek Frame Rate Converter untuk gameplay yang lebih mulus.

Baca Juga: MediaTek Perkenalkan Teknologi Masa Depannya, Dari AI Sampai IoT

 

Untuk sektor fotografi, Dimensity 9400 dilengkapi dengan teknologi MediaTek Imagiq 1090 yang mendukung perekaman video HDR di seluruh rentang zoom dan teknologi Smooth Zoom yang memudahkan pengguna menangkap momen bergerak dengan lebih baik.

Efisiensi daya juga menjadi fokus, dengan penghematan konsumsi energi hingga 14 persen saat merekam video 4K60 dibandingkan generasi sebelumnya.

Chipset ini juga mendukung konektivitas terkini dengan modem 5G 3GPP Release-17 dan kecepatan unduh hingga 7Gbps pada frekuensi sub-6GHz.

Selain itu, hadir pula dukungan Wi-Fi 7 tri-band dan teknologi MediaTek Xtra Range™ 3.0 yang menawarkan jangkauan Wi-Fi hingga 30 meter lebih luas.

Ponsel pintar pertama yang menggunakan MediaTek Dimensity 9400 diperkirakan akan tersedia di pasar pada kuartal keempat 2024.

Baca Juga: Resmi di indonesia, OPPO Reno11 F 5G Dijual Dengan Harga 4.5 Juta

(*)

Leave a comment