Informasi Terpercaya Masa Kini

Pimpinan Gereja Pantakosta Indonesia Dukung Ridwan Kamil

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Persekutuan Gereja Gereja Pantakosta Indonesia (PGPI), Pendeta Jason Balompapueng, menyatakan dukungan terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono, di Pilkada Jakarta. Dukungan Jason tersebut diungkapkan saat Ridwan-Suswono berkunjung ke kantor pusat PGPI di Kelapa Gading, Jakarta Utara, hari ini.

“Kami PGPI mendukung penuh karena kami mendukung calon yang juga didukung oleh presiden Indonesia. Jadi visi dan programnya sangat baik, membuktikan Jakarta akan lebih aman, ramah, dan rukun toleransinya,” kata Jason yang ditemui seusai menjamu Ridwan Kamil-Suswono, Jumat, 11 Oktober 2024.

Meski mendukung Ridwan-Suswono, Jason berdalih bahwa kegiatan tersebut bukan bagian dari deklarasi dukungan terhadap pasangan calon nomor urut 1 itu. Sebab agama seharusnya tidak dicampuri dengan urusan politik. “Kami ini tokoh agama. Agama tidak membuat deklarasi-deklarasi. Tetapi kami melihat dan memilih pemimpin yang baik dan punya kapasitas,” ujar Jason.

Menurut dia, kriteria pemimpin Jakarta yang diinginkan oleh PGPI adalah sosok yang mampu menjaga kerukunan umat beragama serta memberi rasa aman dan nyaman untuk semua warganya. “Harapan bagi kami untuk Jakarta yang aman ke depan, nyaman, dan Jakarta yang menjadi berkat bagi Indonesia,” katanya.

Ridwan Kamil mengatakan pertemuannya dengan pimpinan PGPI tersebut merupakan bentuk silaturahmi menuju Jakarta yang lebih baik. Mantan Gubernur Jawa Barat ini sangat senang mendapat dukungan dan respons positif dari PGPI, meskipun dukungan itu tidak berujung pada deklarasi.

“Kami silaturahmi dan menyampaikan apa yang sudah dikerjakan dan direncanakan, berakhir dengan dukungan. Walaupun tidak ada deklarasi secara lisan, tapi dari tokoh-tokoh pendetanya menyampaikan dukungan,” kata Ridwan di kantor PGPI.

Dalam Pilkada Jakarta ini, Ridwan-Suswono didukung oleh koalisi gemuk, yang terdiri atas 12 partai politik di Koalisi Indonesia Maju –koalisi pendukung Prabowo Subianto di pemilihan presiden 2024— serta Koalisi Perubahan, koalisi pengusung Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024. Partai politik tersebut antara lain Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Persatuan Indonesia, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Rival Ridwan-Suswono di Pilkada Jakarta adalah Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Pramono-Rano diusung oleh PDI Perjuangan. Adapun Dharma-Kun maju lewat jalur perseorangan. Kedua pasangan calon gubernur tersebut juga gencar bersafari ke masyarakat di masa kampanye pilkada Jakarta.

Pilihan Editor: Gerakan Memenangkan Kotak Kosong

Leave a comment