Informasi Terpercaya Masa Kini

Kado Ulang Tahun ke-72 Vladimir Putin,Pasukan Rusia Lenyapkan 150 Tentara Ukraina dalam Sehari

0 2

Kado Ulang Tahun ke-72 Vladimir Putin, Pasukan Rusia Lenyapkan 150 Tentara Ukraina dalam Sehari

TRIBUNNEWS.COM – Pasukan Rusia mengklaim telah melenyapkan sekitar 150 tentara Ukraina, tiga kendaraan tempur lapis baja, serta dua artileri, empat mortir di daerah perbatasan Wilayah Kursk Rusia selama sehari terakhir.

Klaim itu dilontarkan Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin (7/10/2024), hari di mana Presiden Rusia, Vladimir Putin berulang tahun ke-72.

Baca juga: Rusia Tawarkan Lisensi Produksi 50 Jet Su-30MKI ke Negara yang Pasok Drone Canggih Buat Israel

“Selama sehari terakhir, kerugian angkatan bersenjata Ukraina mencapai lebih dari 150 prajurit, tiga kendaraan tempur lapis baja hancur, begitu pula dua artileri, empat mortir, dan dua kendaraan,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Secara keseluruhan, Ukraina telah kehilangan lebih dari 21.000 tentara di Wilayah Kursk sejak bentrokan meletus di sana, kementerian menambahkan.

 

Pada tanggal 6 Agustus, pasukan Ukraina melancarkan serangan di Wilayah Kursk Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut tindakan itu sebagai provokasi skala besar yang ditujukan pada warga sipil dan berjanji akan memberikan tanggapan yang tepat. Pasukan Rusia melancarkan serangan balasan .

Putin Diberi Ucapan Ulang Tahun: ‘Tuhan Selamatkan Tsar!’

Terkait ulang tahun Putin, Presiden Rusia itu mendapat ucapan selamat ulang tahun dari ideolog ultra-nasionalis Rusia Alexander Dugin lewat pesan Telegram.

 “Tuhan Selamatkan Tsar!” kata Dugin dalam pesan tersebut.

Sebagai informasi, Hari ini (7/10/2024), Presiden Rusia Vladimin Putin berulang tahun yang ke-72. Ia telah menjadi pemimpin tertinggi Rusia selama hampir seperempat abad.

Dugin (62) telah lama menganjurkan penyatuan wilayah-wilayah yang berbahasa Rusia dan wilayah-wilayah lain dalam sebuah kekaisaran Rusia yang luas, termasuk Ukraina, negara yang masih berperang dengan Rusia. Putri Dugin terbunuh dalam insiden bom mobil pada 2022.

Putin juga menerima ucapan selamat dari pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov. “Hari ini, teman-teman, adalah hari ulang tahun pemimpin nasional kita,” tulis Ramzan Kadyrov, yang menyebut dirinya sebagai ‘tentara kaki’ Putin, dalam sebuah pesan ucapan selamat melalui Telegram pada Senin dini hari.

“Ini adalah hari yang penting bagi seluruh Tanah Air kita,” katanya.

Rusia Serang Ukraina dengan 87 Drone dan Empat Jenis Rudal

Pada Minggu (6/10/2024), Rusia kembali menyerang Ukraina dengan 87 pesawat tak berawak Shahed dan empat jenis rudal.

Mengutip AP, Gubernur Oleh Syniehubov menyatakan bahwa seorang pria berusia 49 tahun dilaporkan tewas di wilayah Kharkiv setelah mobilnya dihantam pesawat tak berawak.

Para pejabat melaporkan, sebuah pipa gas juga rusak dan sebuah gudang terbakar di kota Odesa.

Angkatan udara Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pertahanan udara telah menghancurkan 56 dari 87 drone dan dua rudal di atas 14 wilayah Ukraina, termasuk ibu kota Kyiv.

Sebanyak 25 drone lainnya menghilang dari radar “mungkin sebagai kesusksesan dari pertahanan rudal anti-pesawat,” kata pernyataan itu.

Serangan ini terjadi sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa ia akan mempresentasikan “rencana kemenangannya” pada pertemuan 12 Oktober di Ramstein, Jerman, dengan kelompok negara pemasok senjata bagi Ukraina.

Ribuan warga sipil tewas dalam perang Rusia-Ukraina

Putin, yang memerintahkan invasi Ukraina pada 2022, menang telak dalam pemilihan umum pada Maret lalu. Jika bisa menyelesaikan masa jabatannya yang baru selama enam tahun, Putin akan menjadi pemimpin terlama di Rusia- dalam kurun 200 tahun sejak Tsar dan permaisurinya memerintah negara itu.

Dilansir Reuters, kemenangan Putin dalam pemilu semakin memperkuat kekuasaannya, dan dianggap akan menunjukkan bahwa Moskow telah bertindak dengan tepat dengan melawan Barat dan mengirim pasukannya ke Ukraina.

Barat menganggap Putin sebagai seorang otokrat dan pembunuh. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pun menyebut pemungutan suara pada bulan Maret itu tidak sah.

Putin menggambarkan perang di Ukraina sebagai bagian dari pertempuran selama berabad-abad dengan Barat yang menurutnya telah mempermalukan Rusia setelah Perang Dingin dengan melanggar batas pengaruh Moskow.

Konflik antara Rusia dan Ukraina ini telah menewaskan ribuan warga sipil, sebagian besar dari mereka adalah warga Ukraina. Selain itu, konflik ini telah mengubah kota-kota menjadi puing-puing dan membuat jutaan orang mengungsi.

(oln/sptnk/mel/yf/Reuters/AP)

Leave a comment