Informasi Terpercaya Masa Kini

Info Gempa Terkini BMKG: Guncangan Dinihari di Bogor, Bandung, lalu Sampang

0 2

TEMPO.CO, JakartaBMKG mencatat gempa terkini yang guncangannya bisa dirasakan terjadi di Sampang, Jawa Timur. Gempa di Pulau Madura ini terjadi pada Senin dinihari, 7 Oktober 2024, tepat pukul 03.00 WIB.

Info awal BMKG menyebut gempa itu memiliki kekuatan Magnitudo 2,9. Guncangan dirasakan di Sampang pada skala II-III MMI atau, yang terkuat, dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas.

Pusat gempa, kata BMKG, berada di darat, 12 kilometer barat laut Sampang. Kedalamannya, 9 kilometer.

Tak ada penjelasan yang dibagikan tentang pemicu gempa itu namun diketahui bahwa Pulau Madura termasuk dalam wilayah rawan gempa. Pulau ini berada di dalam zona jalur Sesar RMKS (Rembang, Madura, Kangean, dan Sakala) arah barat-timur. Gempa yang terjadi bisa merusak seperti yang pernah terjadi pada 13 Juni 2018 (M4,8).

Pada Ahad, 6 Oktober 2024, BMKG mencatat ada tiga gempa yang bisa dirasakan guncangannya. Dua di antaranya adalah gempa darat di Kota Bogor dan di Bandung dan Majalaya.

Keduanya sama terjadi pada dinihari, masing-masing pada pukul 02.40 dan 02.44 WIB dengan Magnitudo 2,5 dan 2,7. Gempa bisa dirasakan pada skala II MMI karena kedalamannya yang dangkal yakni 5 dan 8 kilometer.

Gempa yang ketiga, pada pukul 18.31 WIB, didata BMKG berpusat di laut, 23 kilometer barat laut Kabupaten Jayapura di Papua. Bermagnitudo 4,2, gempa itu mengguncang pada skala III MMI di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Pilihan Editor: Medina Kamil Bicara Kasus Landak Jawa Nyoman Sukena dan Edukasi Satwa Dilindungi

Leave a comment