Informasi Terpercaya Masa Kini

Survei: Pola Retensi Pengguna iPhone Jauh Lebih Lama Dibandingkan Android,Ini Penyebabnya

0 2

TRIBUNNEWSWIKI.COM – iPhone cenderung bertahan lebih lama di tangan pengguna, dengan waktu tunggu bertahun-tahun sebelum pemutakhiran. Sementara itu, pengguna Android lebih sering mengganti ponsel mereka.

Semakin banyak pengguna iPhone yang memilih untuk menyimpan perangkat mereka untuk jangka waktu yang lama.

Berdasarkan survei yang dilakukan CIRP, sekitar sepertiga pemilik iPhone yang membeli ponsel baru tahun lalu telah menyimpan ponsel mereka sebelumnya setidaknya selama tiga tahun.

Umur iPhone

Ketika membandingkan data terbaru tahun 2024 tentang pola retensi ponsel pintar pengguna iPhone dan Android dengan angka-angka sebelumnya dari tahun 2023, jelas bahwa tren pemilik iPhone yang menyimpan perangkat mereka lebih lama terus menguat.

Pada tahun 2023, sekitar 29 persen pengguna iPhone menyimpan perangkat mereka selama tiga tahun atau lebih, sementara 21 persen pengguna Android melakukan hal yang sama.

Pada tahun 2024 ini, kesenjangan tersebut sedikit melebar, dengan sepertiga pengguna iPhone menyimpan ponsel mereka selama tiga tahun atau lebih.

Baca: 6 Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Dapat Menggunakan Fitur Apple Intelligence

Strategi Apple dalam beberapa tahun terakhir lebih berfokus pada penyempurnaan perangkatnya daripada memperkenalkan fitur-fitur baru yang inovatif setiap tahun.

Pergeseran ini menghasilkan lini produk yang tetap berfungsi dan relevan lebih lama, sehingga mengurangi urgensi bagi banyak pengguna untuk melakukan pemutakhiran.

Selain itu, dengan pergeseran Apple ke pembiayaan berbasis cicilan, konsumen merasa tidak terlalu tertekan untuk melakukan pemutakhiran sebelum waktunya karena pembayaran dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga menunggu sebelum mengganti ponsel menjadi lebih menarik.

Pada tingkat emosional, pemilik iPhone sering kali mengembangkan keterikatan yang mendalam dengan perangkat mereka.

Apple telah berhasil menumbuhkan basis pelanggan setia yang sangat mengidentifikasi diri dengan mereknya, sehingga menciptakan rasa memiliki dan loyalitas di antara para penggunanya.

Bagi banyak pengguna, iPhone lebih dari sekadar telepon. iPhone merupakan bagian dari ekosistem yang lebih luas yang mencakup layanan seperti iCloud, Apple Music, dan App Store.

Keterikatan tersebut menciptakan rasa kontinuitas, sehingga lebih sulit bagi pengguna untuk berpisah dengan perangkat mereka, bahkan setelah beberapa tahun.

Baca: Survei: Sebagian Besar Pengguna Android di Amerika Pernah Dikucilkan Pemilik iPhone

Pengguna Android lebih sering melakukan pemutakhiran

Sebaliknya, pengguna Android cenderung lebih sering mengganti ponsel mereka.

Hanya 21 persen pemilik Android yang melaporkan bahwa mereka menyimpan ponsel mereka selama tiga tahun atau lebih, perbedaan yang mencolok dari pengguna iPhone.

Laporan CIRP menunjukkan bahwa 57 persen ponsel Android yang sudah tidak digunakan lagi berusia kurang dari dua tahun, dibandingkan dengan hanya sepertiga pengguna iPhone yang menghentikan penggunaan perangkat mereka dalam periode tersebut.

Ada beberapa alasan untuk perbedaan tersebut. Salah satu yang paling menonjol adalah keragaman perangkat Android di pasaran.

Ponsel Android diproduksi oleh berbagai produsen, yang menawarkan kepada pengguna pilihan perangkat dan fitur yang lebih luas.

Akibatnya, pengguna Android lebih cenderung memperbarui ponsel mereka saat fitur dan model baru tersedia dari berbagai produsen.

Lebih jauh lagi, ponsel Android sering kali lebih terjangkau daripada iPhone, sehingga memudahkan pengguna untuk lebih sering memperbarui ke model yang lebih baru.

Banyak ponsel Android termasuk dalam kategori kelas menengah atau murah, di mana harga yang lebih rendah dan masa pakai yang lebih pendek mendorong pergantian yang lebih cepat.

Akibatnya, pengguna Android mungkin merasa kurang terikat secara finansial dan emosional pada perangkat mereka, tidak seperti pengguna iPhone, yang cenderung membayar lebih banyak di muka untuk ponsel mereka.

 

(TRIBUNNEWSWIKI.com/Mikael Dafit)

Leave a comment