Informasi Terpercaya Masa Kini

Resep Brownies Kukus,Kombinasikan Cokelat Bubuk Hitam dan Cokelat Biasa

0 2

TRIBUNJAMBI.COM – Simak resep brownies kukus yang menggugah selera.

Untuk hasil yang lebih menarik, gunakan kombinasi cokelat bubuk hitam dan cokelat biasa agar warna brownies lebih gelap dan cantik.

Pastikan air dalam panci kukusan sudah mendidih sebelum memasukkan adonan agar brownies mengembang sempurna.

Baca juga: Resep Orek Tempe Tanpa Minyak, Cocok untuk Menu Diet

Berikut resep brownies kukus dilansir dari YouTube Eliza Perkasa.

Bahan-Bahan:

– 6 butir telur

– 200 gram gula pasir

– 1 sdm ESP (emulsifier)

– 1/2 sdt vanila bubuk

– 120 gram cokelat batang, tim

– 150 ml minyak goreng

– 120 gram tepung terigu protein sedang

– 50 gram cokelat bubuk (bisa menggunakan kombinasi cokelat bubuk hitam dan cokelat bubuk biasa)

– 1/4 sdt garam

– 2 sdm susu kental manis rasa cokelat

Baca juga: Resep Sayur Asem Merah, Inspirasi Masakan Sehari-hari

Cara Membuat:

1. Mixer Bahan Basah:

   – Siapkan 6 butir telur, tambahkan gula pasir, ESP, dan vanila bubuk. Mixer dengan kecepatan rendah, kemudian tingkatkan hingga paling tinggi. Mixer hingga adonan mengembang, putih, kental, dan berjejak selama 8-10 menit.

2. Tim Cokelat:

   – Sambil menunggu adonan telur mengembang, siapkan 120 gram cokelat batang dan 150 ml minyak goreng. Tim hingga cokelat mencair sempurna. Setelah cokelat mencair, pindahkan ke wadah lain dan sisihkan.

3. Siapkan Bahan Kering:

   – Ayak tepung terigu sebanyak 120 gram dan tambahkan 50 gram cokelat bubuk (kombinasi hitam dan cokelat biasa). Ayak hingga tercampur rata, lalu tambahkan garam dan aduk hingga merata.

4. Campurkan Bahan:

   – Setelah adonan telur mengembang, tambahkan bahan kering yang sudah diayak. Aduk dengan mixer kecepatan rendah hingga rata, lalu gunakan spatula dengan metode aduk balik untuk memastikan adonan tercampur rata tanpa ada sisa tepung di bagian bawah.

5. Tambahkan Cokelat Leleh:

   – Ambil sedikit adonan dan campurkan dengan cokelat leleh yang sudah ditim. Aduk hingga tercampur rata, kemudian masukkan kembali ke dalam adonan utama. Aduk hingga merata dengan metode aduk balik.

6. Bagi Adonan:

   – Bagi adonan menjadi tiga bagian. Untuk adonan pertama, tuang ke dalam loyang yang sudah dioles minyak dan dilapisi kertas roti. Kukus selama 15 menit. Untuk adonan kedua, tambahkan susu kental manis cokelat, aduk rata, lalu tuang ke dalam loyang sebagai lapisan kedua. Kukus selama 10 menit.

7. Lapisan Terakhir:

   – Tuang sisa adonan untuk lapisan terakhir, lalu kukus selama 25-30 menit hingga matang sempurna. Gunakan api sedang cenderung kecil agar matang merata.

8. Dinginkan dan Sajikan:

   – Setelah matang, keluarkan brownies dari loyang, lepaskan kertas roti, dan dinginkan. Brownies kukus siap disajikan atau dijadikan base cake untuk kue ulang tahun.

  

Brownies kukus ini bisa disajikan sebagai hidangan penutup atau dijual per potongan. Teksturnya yang lembut dan moist membuatnya digemari banyak orang. Selamat mencoba!

Update berita Tribun Jambi di Google News

Leave a comment