Informasi Terpercaya Masa Kini

Potensi Khasiat Bawang Putih dalam Melawan Kolesterol Jahat,Simak Manfaat dan Efek Sampingnya

0 2

TRIBUNHEALTH.COM – Bawang putih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Tak mengherankan jika rempah ini kerap dijadikan dalam berbagai pengobatan.

Satu di antara manfaat potensial bawang putih adalah dalam menurunkan kadar kolesterol jahar.

Melansir Health Benefits Times, bawang putih mengandung allicin, senyawa yang telah ditemukan memiliki khasiat penurun kolesterol.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol total dan LDL, dengan beberapa penelitian menunjukkan penurunan hingga 10-15 persen. 

Efek menguntungkan bawang putih dikaitkan dengan kemampuannya untuk menghambat sintesis kolesterol di hati dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan kelebihan kolesterol.

Selain itu, bawang putih telah terbukti memiliki khasiat antioksidan yang dapat membantu melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, suatu proses yang berkontribusi terhadap pembentukan plak di arteri.

Fakta penelitian

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nutrition Reviews dan The Journal of Nutrition, Bawang Putih terbukti mampu mengurangi total kolesterol serum sekitar 17 mg/dL dan kolesterol LDL hingga 9 mg/dL pada individu dengan kadar kolesterol tinggi bila digunakan selama lebih dari dua bulan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Annals of Internal Medicine,  Meta-analisis menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol total sekitar 15,7 mg/dL dibandingkan dengan plasebo, meskipun ukuran efeknya sederhana dan ketahanannya masih diperdebatkan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Nutrition, efek penurun kolesterol dari bawang putih sebagian disebabkan oleh penghambatan sintesis kolesterol hati oleh senyawa sulfur yang larut dalam air, seperti S-allylcysteine ​​(SAC).

Menurut penyelidikan yang dilakukan oleh Annals of Internal Medicine dan The British Journal of Clinical Pharmacology,  Efektivitas bawang putih dapat bervariasi tergantung pada jenis sediaan, dosis, dan lamanya pengobatan.

Baca juga: 5 Fakta Bawang Putih untuk Mengobati Sakit Gigi, Kenali Cara Penggunaan dan Potensi Efek Sampingnya

Cara Penggunaan

Untuk memanfaatkan manfaat bawang putih dalam menurunkan kolesterol, masukkan bawang putih ke dalam makanan sehari-hari Anda.

Konsumsi 1-2 siung bawang putih segar setiap hari, baik mentah atau dimasak sebentar.

Hancurkan atau cincang bawang putih dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dimasak untuk memaksimalkan produksi allicin.

Tambahkan bawang putih ke dalam saus salad, saus, atau sayuran panggang.

Bagi mereka yang menganggap bawang putih mentah terlalu menyengat, cobalah bawang putih panggang atau minyak zaitun yang dicampur bawang putih.

Potensi efek samping bawang putih

Mengonsumsi bawang putih dapat menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal, termasuk kembung, gas, dan diare.

Beberapa orang mungkin mengalami nyeri ulu hati atau reaksi alergi, yang mengakibatkan iritasi kulit atau ruam.

Senyawa sulfur dalam bawang putih dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan, yang berpotensi memengaruhi interaksi sosial.

Penting untuk mengonsumsi bawang putih secukupnya untuk meminimalkan efek samping ini.

Baca juga: 5 Cara Konsumsi Bawang Putih untuk Kontrol Kadar Gula Darah, Bisa Dijadikan sebagai Bumbu Masakan

Beberapa orang perlu menghindari bawang putih

Orang dengan gangguan pendarahan sebaiknya menghindari bawang putih karena potensinya untuk meningkatkan risiko pendarahan.

Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi bawang putih melebihi biasanya.

Orang dengan kondisi gastrointestinal seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) mungkin perlu membatasi asupan bawang putih untuk mencegah iritasi.

Interaksi dengan obat-obatan

Bawang putih dapat berinteraksi dengan berbagai obat, terutama obat antikoagulan dan antiplatelet, sehingga meningkatkan risiko pendarahan.

Bawang putih juga dapat memengaruhi metabolisme obat-obatan tertentu, termasuk inhibitor protease dan antikoagulan seperti warfarin.

Untuk menghindari interaksi yang merugikan, pasien harus selalu mendiskusikan konsumsi bawang putih dengan penyedia layanan kesehatan, terutama jika mereka sedang mengonsumsi obat yang diresepkan.

Dapatkan berbagai produk kesehatan dengan harga dan diskon menarik di Official Shopee:

  • Enervon-C Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh (30 Kapsul)
  • Curcuma Plus Grow Rasa Jeruk untuk Nafsu Makan (20 Tablet)
  • Wardah Lightening Day Gel – Pelembab Pagi Hari dengan Advanced Niacinamide 
  • Obat Sakit Pinggang Nyeri Sendi Saraf Kejepit Asam Urat Rematik Sakit Lutut Kesemutan Pegal Linu Sakit Kaki Osteoporosis 
Leave a comment