Informasi Terpercaya Masa Kini

Motorola ThinkPhone 25 Meluncur, Smartphone Android Khusus Pebisnis

0 2

KOMPAS.com – Vendor smartphone Motorola kembali menelurkan ponsel Android anyar dari lini seri ThinkPhone yang ditujukan bagi pebisnis.

Ponsel terbaru dari seri ini disebut sebagai ThinkPhone 25, suksesor dari ThinkPhone pertama yang rilis Januari 2023 lalu.

Motorola ThinkPhone 25 hadir dengan desain yang mirip seperti pendahulunya, dengan penampang bergaris dan layar berlubang (punch hole).

Tak ketinggalan, terpampang penamaan “ThinkPhone” by Motorola di sudut kanan bawah penampang ponsel, menegaskan seri perangkat ini.

Sebagai smartphone pebisnis, ThinkPhone 25 juga didukung integrasi dengan PC atau laptop Lenovo maupun tablet Motorola. Adapun Lenovo merupakan pemilik Motorola Mobility, sehingga integrasi ini cukup wajar.

Baca juga: Smartphone Moto S50 Meluncur, Kembaran Motorola Edge 50 Neo

Berkat dukungan ini, pengguna dapat sinkronisasi data antar perangkat secara otomatis, berbagi keyboard dan mouse, hingga menjadikan smartphone sebagai webcam.

Motorola juga menawarkan fitur Moto Device Manager yang memungkikan pengguna bisnis seperti tim IT, untuk mengelola perangkat dari jarak jauh (remote).

Kelebihan lainnya yaitu pembaruan OS Android serta pemeliharaan sistem keamanan ponsel yang dijanjikan sampai lima tahun hingga tahun 2029. Dukungan ini memungkinkan pelanggan bisnis mendeteksi malware, phising, serta perlindungan ekstra untuk WiFi.

Selain pelindungan dari dalam, ThinkPhone 25 juga memiliki perlindungan fisik dengan pemakaian material aramid fiber yaitu serat sintetis yang kuat dan tahan panas. Bahan ini sering dipakai di dunia militer dan kedirgantaraan.

Smartphone ini juga dibekali sertifikasi militer MIL-STD 810H dan sertifikasi ketahanan air serta debu dengan IP-rating IP68.

Adapun spesifikasi ThinkPhone 25 terbilang mirip dengan Motorola Edge 50 Neo yang debut Agustus 2024 lalu.

Baca juga: Motorola Edge 50 Neo Resmi, Ponsel Tipis yang Tahan Banting

Meski begitu, Motorola meningkatkan beberapa aspek di ThinkPhone 25, termasuk soal kaca pelindung layar yang lebih baik yaitu Gorilla Glass 7i dibanding Gorilla Glass 3 di Edge 50 Neo.

Spesifikasi ThinkPhone 25 

ThinkPhone 25 hadir dengan layar pOLED 6,36 inci, lebih kecil dibanding pendahulunya 6,6 inci. Fitur pendukung layarnya meliputi refresh rate 120 Hz, resolusi 1200 piksel serta kaca pelindung Gorilla Glass 7i.

Smartphone ini ditenagai System on Chip (SoC) Dimensity 7300, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB.

Pada aspek kamera, ThinkPhone 25 memiliki tiga kamera belakang. Terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Sony LYTIA 700C dan fitur stabilisasi OIS, kamera telefoto 10 MP dengan zoom 3x, dan kamera ultrawide 13 MP.

Smartphone ini juga dibekali baterai berkapasitas 4.310 mAh. Untuk pengisian ulangnya didukung fast charging 68 watt lewat kabel atau 15 watt nirkabel.

ThinkPhone 25 hadir dalam satu-satunya opsi warna, yaitu Carbon Black. Smartphone ini dibanderol seharga 499 euro (sekitar Rp 8,4 juta) dan baru tersedia pada November 2024 mendatang, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (2/10/2024). 

Leave a comment