Informasi Terpercaya Masa Kini

Ambisi HP Merevolusi Pekerjaan dengan AI

0 2

PALO ALTO, KOMPAS.com – Dalam pidatonya di ajang HP Imagine 2024, CEO Hewlett Packard (HP Inc.) Enrique Lores menekankan peran transformatif yang akan dimainkan oleh kecerdasan buatan (AI), dalam membentuk kembali hubungan antara manusia dan pekerjaan mereka.

Lores menyoroti bahwa transformasi ini melampaui cara kita bekerja, dan secara fundamental mengubah hubungan yang dimiliki setiap orang dengan kehidupan profesional mereka.

“Kami tahu dan kami percaya bahwa AI akan memainkan peran penting dalam transformasi ini. Perubahan ini akan berdampak pada keseluruhan hubungan kita dengan pekerjaan,” ujar Lores di markas HP INc. di Palo Alto, California, Selasa (24/9/2025).

HP Inc. mengambil langkah berani untuk menjawab tuntutan yang terus berkembang dari perusahaan dan karyawan melalui solusi teknologi yang inovatif.

Sebelumnya, Lores memperkenalkan Work Relationship Index dari HP, yang mengungkapkan bahwa hanya 28 persen dari para pekerja yang memiliki pengetahuan merasa bahwa mereka memiliki hubungan yang sehat dengan pekerjaan mereka.

Baca juga: Jumlah Pekerja Indonesia yang Pakai AI Meroket, Mayoritas Gen Z

Ia menekankan perlunya perusahaan-perusahaan untuk bergerak lebih dari sekadar pendekatan “satu ukuran untuk semua” dalam menyediakan teknologi dan peralatan, karena saat ini hanya 27 persen karyawan yang merasa bahwa mereka memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.

Indeks ini menunjukkan adanya kesenjangan yang jelas antara pertumbuhan bisnis dan pemenuhan kebutuhan karyawan, namun Lores menyatakan optimismenya, dengan menyatakan bahwa baik perusahaan maupun karyawan mengakui adanya kebutuhan akan perubahan.

Solusi AI

HP bertujuan untuk memimpin perubahan ini dengan melengkapi tenaga kerja dengan solusi-solusi bertenaga AI.

Lores merinci pendekatan tiga cabang untuk mencapai hal ini: membangun platform bertenaga AI, menghadirkan teknologi pintar yang memungkinkan pengalaman yang dipersonalisasi, dan mendorong lingkungan kerja kolaboratif yang lebih baik.

“Dengan portofolio kami yang telah disempurnakan dengan AI, kami akan membuka tingkat produktivitas dan personalisasi yang lebih tinggi lagi karena AI melakukan lebih dari sekadar merampingkan tugas,” ujar Lores.

Baca juga: HP Umumkan Lini Laptop AI Seri OmniBook dan EliteBook Terbaru

“Oleh karena itu, AI menciptakan pengalaman kerja yang lebih menarik yang disesuaikan dengan individu,” lanjutnya.

Salah satu inovasi utama adalah laptop AI PC OmniBook Ultra Flip – laptop AI 2-in-1 dengan tampilan yang mengesankan dan ringan yang dibuat untuk fleksibilitas, dan laptop EliteBook X, yang disebut-sebut sebagai PC AI “paling kuat” yang memiliki fitur “kinerja AI terbaik”.

Perangkat AI lain yang, baik yang lama maupun yang baru, adalah HP Print AI yang akan dipasangkan dengan printer HP yang akan datang, fitur Perfect Output (yang membantu pemformatan pencetakan), HP Wolf Security, dan aplikasi HP baru yang menghubungkan semua perangkat HP Anda.

Lores menjelaskan bagaimana perangkat yang digerakkan oleh AI yang kuat ini akan membantu pengguna, mulai dari pekerja kantoran hingga pekerja lepas, untuk menjadi lebih kreatif dan produktif.

Baca juga: Printer HP Kini Dilengkapi dengan AI, Cetak Dokumen Tanpa Repot Setting

Ada juga HP Gen AI Lab, fitur yang mencegah “halusinasi” dalam kumpulan data AI. Halusinasi adalah informasi yang salah atau menyesatkan yang dihasilkan oleh sistem AI, yang terjadi ketika model AI membuat kesalahan berdasarkan data pelatihan yang tidak mencukupi, asumsi yang salah, atau data yang bias.

HP juga menggabungkan AI ke dalam solusi pencetakannya (printer), meningkatkan pengalaman pengguna dengan mempelajari preferensi dan menyederhanakan tugas-tugas yang rumit.

Selain itu, HP juga memiliki solusi untuk bekerja jarak jauh dengan produk-produk Hybrid Solustion, seperti Poly Studio, USB video bar yang menawarkan audio video kualitas tinggi, dengan bantuan AI, bahkan di lingkungan yang bising.

HP bahkan berkolaborasi dengan Google, menyediakan perangkat berbasis Project Starline, metode komunikasi video conference jarak jauh yang memungkinkan pengguna melihat lawan bicara secara 3D.

Platform berkemampuan AI dari HP siap untuk merevolusi manajemen TI dengan mengurangi beban kerja tim dukungan dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Platform-platform ini menyediakan data dan wawasan yang bermakna, memungkinkan analisis prediktif dan otomatisasi untuk mengelola sejumlah besar perangkat secara efisien.

Baca juga: HP Umumkan Z by HP Boost, Solusi Berbagi GPU untuk Pengembang AI

Di samping itu, Lores menggarisbawahi komitmen HP terhadap penggunaan AI yang etis dan bertanggung jawab, dengan menekankan bahwa AI tidak hanya akan meningkatkan produktivitas, tetapi juga membantu menciptakan pengalaman kerja yang lebih memuaskan.

Dengan berkolaborasi bersama para pemimpin industri seperti AMD, Intel, dan Qualcomm, HP diposisikan sebagai pemain kunci dalam mendorong era baru pekerjaan yang disempurnakan dengan AI.

Dengan sejarah panjang HP dalam inovasi dan hubungan yang terpercaya, Lores menyimpulkan dengan menegaskan kembali misi HP: untuk membuat masa depan pekerjaan benar-benar bekerja untuk semua orang, dengan menyediakan perangkat yang dibutuhkan untuk berkembang dalam lanskap yang berubah dengan cepat ini.

Leave a comment