Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Kesalahan Menggunakan Oven yang Bikin Cepat Rusak

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Oven menjadi salah satu peralatan yang sering digunakan di rumah untuk memasak. Oven sering menjadi pengganti kompor untuk memasak, membuat kuat, hingga menghangatkan makanan.

Lantaran fungsi yang besar ini, membuat oven menjadi mesin yang bekerja keras melakukan tugasnya. Namun, sekuat dan tahan lama oven, oven juga bisa rewel jika tidak merawatnya dengan baik. 

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Microwave dan Oven

Bahkan penyalahgunaan yang sederhana pun dapat mencegah oven bekerja optimal, yang menyebabkan apa pun, dari kue yang gosong, makanan tidak makanan, hingga kebakaran rumah dalam kasus yang parah. 

Nah, dikutip dari The Kitchn, Senin (30/9/2024), berikut sejumlah kesalahan menggunakan oven yang bikin cepat rusak.

Memasukkan makanan saat oven sedang dipanaskan 

Menurut Harry Raker, ahli reparasi peralatan yang telah berpengalaman selama 50 tahun, orang biasanya tidak memberikan waktu cukup bagi oven listrik untuk memanaskannya.

“Sebagian besar oven listrik membutuhkan setidaknya 30 menit untuk mencapai suhu yang diinginkan dan mencoba memasukkan makanan ke oven sebelum itu akan membuat waktu memasak menjadi lebih lama,” katanya. 

Baca juga: 6 Wadah Makanan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Oven

Menggunakan fitur pembersih otomatis oven 

Membersihkan oven menjadi hal penting yang perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga peralatan tetap bekerja optimal. 

Namun, banyak orang melakukan menggunakan fitur pembersih otomatis oven. Padahal, ini juga menjadi kesalahan menggunakan oven yang bikin cepat rusak. 

Harry mengatakan ada cara lebih cerdas membersihkan oven daripada menggunakan fitur pembersih otomatis bawaan.

Kebanyakan memasak dengan oven tetap berada di kisaran 176 hingga 204 derajat Celsius, sedangkan fitur ini membuat oven mendekati 482 derajat Celsius. 

“Lompatan drastis seperti itu, terutama untuk oven yang lebih tua, dapat menyebabkannya berhenti bekerja.

Daripada memilih pembersih oven otamatis, sebaiknya menggunakan produk pembersih oven favorit Anda atau campuran bahan dapur DIY.

Baca juga: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak di Oven Pemanggang Roti 

Tidak membersihkan oven setiap tiga bulan sekali 

Melewatkan pembersihan oven secara rutin tidak hanya menyebabkan bau gosong. 

Stephany Smith, yang bekerja di tim perbaikan oven di penyedia perawatan rumah yang berbasis di Inggris, Fantastic Services, mengatakan kotoran oven juga dapat menyumbat elemen pemanas alat, yang mengakibatkan pemanggangan menjadi tidak efisien.

Untuk mencegahnya, bersihkan makanan yang gosong dari dalam ovensetidaknya tiga bulan sekali. 

Mengabaikan karat pada rak 

Mengabaikan karat pada rak juga menjadi kesalahan menggunakan oven yang bikin cepat rusak. 

Melewatkan perawatan pada rak logam yang sudah tua juga bisa menjadi masalah. Smith mengatakan lapisan berkarat yang terbuka dapat membuat loyang retak atau pecah. 

Bahkan, saat karat terkelupas, kemungkinan membuat kemungkinan rak terbakar meningkat. Jaga rak baja oven tetap cerah dan berkilau dengan merendamnya dalam larutan air sabun serta cuka selama 10-12 jam, lalu gosok logam dengan kain gosok non-abrasif.

“Pendekatan ini akan membantu Anda melunakkan serpihan berkarat dan memperpanjang masa pakai rak oven,” kata Smith. 

Baca juga: 8 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Laci Oven

Membersihkan oven yang hangat  

Sering dikatakan oven yang hangat lebih mudah dibersihkan. Namun, jangan pernah melakukan hal ini.

Bahkan pembersih oven paling baik pun dapat menggores elemen atau, lebih buruk lagi menyebabkan oven memercikkan api jika membersihkan oven yang masih hangat.

“Oven yang hangat tidak terlalu sulit dibersihkan, tetapi dalam upaya membuat oven lebih cepat dipoles dengan rapi, ini dapat menyebabkan reaksi kimia dan penyebaran uap beracun,” Smith memperingatkan.

Jadi, pastikan oven telah dimatikan dan dibiarkan dingin setidaknya selama beberapa jam sebelum membersihkannya. 

Baca juga: Bahaya, Ini 5 Penyebab Oven Mengeluarkan Bau Gas  

Membuka oven saat memasak 

Terakhir, kesalahan menggunakan oven yang bikin cepat rusak adalah membuka oven saat memasak. Kita semua bersalah karena membuka oven untuk memeriksa kue atau makan malam dari waktu ke waktu.

Menurut Jordan Collins, ahli peralatan rumah tangga di Two Lions 11 di Inggris, membuka oven saat memasak dapat menyebabkan proses memasak lebih lambat dan kurang efisien.

“Dengan membiarkan udara panas keluar dari oven, Anda memaksanya bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang diinginkan,” imbuh Collins.

Selain itu, produk yang dipanggang bisa rusak karena getaran yang terjadi saat membuka pintu oven. Daripada mengambil risiko makanan rusak, gunakan lampu oven untuk mengawasinya. 

Leave a comment