Informasi Terpercaya Masa Kini

Xiaomi 14T Pro Masuk Indonesia 1 Oktober 2024, Bisa Langsung Dibeli

0 2

BERLIN, KOMPAS.com – Xiaomi memperkenalkan duo smartphone anyarnya secara global di Berlin, Jerman pada Kamis (26/9/2024). Duo smartphone itu adalah Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro.

Kedua smartphone dilengkapi spesifikasi yang cukup identik dan sama-sama mengunggulkan sektor kameranya. Sebab, di tahun ini, Xiaomi kembali berkolaborasi dengan pabrikan kamera asal Jerman, Leica untuk menghadirkan lensa Leica Summilux ke smartphone Xiaomi 14T series.

Xiaomi juga memastikan memboyong duo smartphone T-series tersebut ke pasar Indonesia.

“Bersamaan dengan peluncuran global ini, Xiaomi Indonesia juga mengkonfirmasi kehadiran Xiaomi 14T Series pada 1 Oktober 2024,” tulis Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao, dalam keterangan tertulis kepada KompasTekno.

Baca juga: Xiaomi 14T Pro Resmi Rilis, Bawa Lensa Leica Light Fusion 900

Berbeda dengan generasi sebelumnya, saat peluncuran Xiaomi 13T series, hanya ada satu model saja yang dibawa ke Indonesia, yakni model “reguler”.

Sementara itu, Xiaomi 13T Pro sebelumnya tidak tersedia untuk pasar Indonesia. Artinya, kini konsumen di Indonesia punya lebih banyak opsi dalam menentukan pilihannya.

Di Indonesia, Xiaomi 14T dan 14T Pro akan mulai tersedia secara perdana pada 1 Oktober dan bisa langsung dibeli tanpa melalui pemesanan (pre-order). Namun, Xiaomi belum mengungkap banderol harganya.

Dalam acara peluncuran di Berlin, Xiaomi mengumumkan harga Xiaomi 14T adalah 649 euro (sekitar Ro 10,9 juta) dan Xiaomi 14T Pro seharga 799 euro (sekitar Rp 13,4 juta).

Harga tersebut tidak bisa dijadikan acuan karena pada umumnya harga elektronik di Eropa lebih tinggi karena pengenaan pajak yang lebih tinggi.

Baca juga: Xiaomi 14T Resmi Meluncur, HP Dimensity 8300 Ultra dan Kamera Leica Summilux

Spesifikasi Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro

Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro datang dengan sejumlah kesamaan spesifikasi. Mulai dari spesifikasi layar, jumlah kamera belakang dan resolusinya, sama-sama dilengkapi lensa Leica Summilux, dan masih banyak lagi.

Xiaomi 14T series sama-sama menggunakan panel AMOLED CrystalRes 1,5K. Layar sudah mendukung refresh rate 144 Hz, tingkat kerapatan 445 PPI,  tingkat kecerahan maksimal 4.000 nits sehingga diklaim dapat tetap nyaman digunakan di bawah sinar matahari/pantulan cahaya di dalam erunagan.

Layar Xiaomi 14T juga sudah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light, TÜV Rheinland Flicker Free, dan TÜV Rheinland Circadian Friendly sehingga mata tetap nyaman dan tidak mudah lelah ketika menatap layar dalam durasi cukup lama. 

Soal chipset, Xiaomi 14T Pro ditenagai MediaTek Dimensity 9300 dan dipadu dengan RAM 12 GB dan storage maksimal 1 TB. Sementara tu, Xiaomi 14T ditenagai MediaTek Dimensity 9300 yang dirancang dengan teknologi 4 nanometer.

Baca juga: Suasana Acara Peluncuran Xiaomi 14T Series di Berlin, Dipenuhi Media dari Berbagai Negara

Pada bagian fotografi, terdapat perbedaan antara Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro.

Xiaomi 14T mengandalkan lensa optik Summilux dan sensor Sony IMX906, sedangkan Xiaomi 14T Pro sudah menggunakan lensa optik Summilux serta sensor gambar Light Fushion. Akan tetapi, kedua model sama-sama sudah mendukung video sinematik, fitur HDR, dan sebagainya.

Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro sama-sama disokong baterai 5,000mAh. Varian “pro” mampu melakukan pengisian daya cepat (fast charging) 120 watt dan pengisian daya tanpa kabel (wireess) 50 watt. Xiaomi 14T mendukung fast charging yang mentok di 67 watt.

Sistem operasi yang dijalankan adalah HyperOS berbasis Android 14.

Fitur pendukung lainnya, sertifikasi IP68 (tahan debu dan air) dual SIM, Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, NFC, Hi-Res, Dolby Atmos, stereo speaker, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Melihat Pameran Eksklusif Hasil Foto Xiaomi 14T Leica di Berlin

Leave a comment