Informasi Terpercaya Masa Kini

AS Ngamuk Putin Bakal Legitimasi Serangan Nuklir ke Ukraina, Kutuk Upaya Ubah Doktrin Nuklir Rusia

0 2

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Amerika Serikat (AS) mengamuk usai Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan upaya untuk melegitimasi serangan nuklir ke Ukraina.

Putin berencana mengubah doktrin nuklir yang memuat peraturan dan prasyarat penggunaan senjata nuklir Rusia pada Rabu (25/9/2024).

Dia mengatakan jika doktrin nuklir itu benar direvisi, serangan negara-negara non-nuklir yang didukung negara berkekuatan nuklir, ke wilayah Rusia akan dianggap sebagai serangan gabungan.

Baca Juga: Perubahan Doktrin Nuklir Rusia: Serangan Dibantu Kekuatan Nuklir Bisa Picu Respons Nuklir Moskow

Dengan demikian, Rusia dianggap berhak menggunakan senjata nuklirnya.

Tentu saja, kondisi itu akan membuat Ukraina ketar-ketir, karena mereka didukung AS, dan sejumlah negara pemilik senjata nuklir lainnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pun mengecam upaya Putin mengubah doktrin nuklir Rusia tersebut.

Ia mengutuk keinginan Putin untuk melakukan itu dan menyebutnya sebagai tindakan tak bertanggung jawab.

“Ini jelas sangat tidak bertanggung jawab, dan saya pikir banyak pihak di dunia telah berbicara dengan jelas mengenai itu ketika dia (Putin) mengancam dengan senjata nuklir, termasuk China di masa lalu,” kata Blinken, Kamis (26/9/2024), dikutip dari harian Rusia, Pravda.

Dia pun mengatakan pernyataan Putin tak tepat waktu, ketika para peminmpin dunia berkumpul di New York, menghadiri Majelis Umum PBB pada pekan ini.

Ia juga menyerukan kepada komunitas internasional untuk membahas perlunya lebih banyak pelucutan senjata dan non-proliferasi.

Sementara juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menjelaskan upaya Putin mengubah doktrin nuklir Rusia adalah sebagai peringatan untuk negara-negara Barat, yang mendukung Ukraina.

Baca Juga: Putin Bakal Gunakan Nuklir di Ukraina, Xi Jinping Langsung Bereaksi Peringatkan Presiden Rusia

“Ini menjadi sinyal peringatan untuk negara-negara ini atas konsekuensi partisipasi mereka dalam penyerangan ke negara kami dengan maksud apa pun, termasuk juga negara non-nuklir,” kata Peskov, seperti dilansir RT.

Dia pun yakin semua pemimpin dan analis yang berakal sehat telah memahami pentingnya pengumuman Putin.

Putin sendiri tak menjelaskan secara terperinci kapan perubahan doktrin nuklir Rusia akan berlaku.

Leave a comment