Informasi Terpercaya Masa Kini

Samsung Rilis OLED TV Baru Anti-Silau Berteknologi AI, Ini Harganya

0 1

Samsung resmi meluncurkan dua smart TV terbaru berteknologi AI, yakni OLED S95D dan OLED S90D. TV ini membawa perubahan yang signifikan ketimbang generasi sebelumnya, terutama adanya fitur baru yang disebut OLED glare-free dan pengintegrasian teknologi AI.

OLED TV 2024 memakai prosesor NQ4 AI Gen2. Prosesor ini 4 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya dari sisi kemampuan pemrosesan, dan Neural Network-nya 2,5 kali lebih cepat. Ini membuat hasil AI upscaling atau kemampuan pada saat memainkan game jauh lebih bagus lagi.

“Tahun ini, Samsung OLED TV menghadirkan integrasi AI dan berbagai upgrade fitur unggulan, termasuk teknologi OLED Glare Free. Dengan teknologi ini Anda bisa menikmati gambar tanpa gangguan pantulan, jadi lebih puas saat nonton,” ujar Ubay Bayanudin, Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia, di acara Samsung OLED TV Media Experience, Jakarta, Rabu (25/9).

Fitur anti-silau Glare Free

Fitur ini hanya ada di OLED TV S95D. Seperti namanya, ia bisa mengurangi pantulan cahaya yang bersumber di luar TV, seperti dari cahaya matahari atau lampu ruangan.

Dengan teknologi ini, pengguna dapat menikmati streaming film, TV show favorit hingga bermain game dengan ekspresi warna hitam yang pekat dan gambar yang jernih dalam kondisi pencahayaan apapun, bahkan di ruangan terang penuh kaca tanpa pantulan yang mengganggu.

Selain itu, tampilan konten di layar yang bebas pantulan juga akan mengurangi ketegangan mata akibat menonton di lingkungan yang terang. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati sesi menonton yang lama dengan lebih nyaman, serta melihat objek lebih jelas saat bermain game.

“Dengan adanya glare free ini, screen TV telah ditambahkan lapisan tertentu sehingga menjadi tahan cahaya atau anti silau. Efeknya, gambar yang dihasilkan menjadi lebih bagus. Tidak terdistorsi, saat kita muncul tidak terganggu oleh bayangan yang muncul,” ujar Ubay.

OLED TV 2o24 juga telah dibekali teknologi OLED HDR Pro. Teknologi ini mampu membuat TV menghasilkan tingkat kecerahan lebih tinggi dan kontras serta sudah bersertifikasi Pantone yang memberi akurasi warna tepat.

Dengan begitu, warna-warna yang ditampilkan layar TV OLED akan terlihat lebih akurat, kontras menjadi lebih tajam, sehingga menghasilkan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Fitur AI Active Voice Amplifier Pro

Samsung OLED TV menawarkan solusi canggih untuk mengatasi masalah bising yang mengganggu suara televisi saat menonton. Fitur itu disebut Active Voice Amplifier Pro. Fitur berbasis AI ini akan mengisolasi dan menyaring dialog dengan suara latar belakang untuk membantu penyesuaian tingkat volume pada dialog sehingga penonton tetap bisa mendengarkan konten di TV dengan jelas.

Penonton pun tak perlu repot menaikkan volume TV terlalu tinggi untuk mendengar suara dengan baik saat ada gangguan suara luar. Ini karena begitu suara gangguan telah selesai, volume TV akan otomatis mengecil, sehingga lebih nyaman untuk pendengaran dan mencegah distorsi audio. TV ini juga sudah diperkuat teknologi Dolby Atmos yang menyajikan surround sound yang powerful.

“Ada juga fitur Adaptive Sound Pro dan Active Voice Amplifier Pro yang menggunakan AI, sehingga Anda bisa mendengar setiap kata dan dialog dengan lebih jelas. Semua fitur ini akan membawa pengalaman hiburan, hobi, dan gaya hidup kamu ke level yang lebih tinggi di TV yang lebih aman dengan perlindungan Knox Matrix,” tambahnya.

Fitur Workout Tracker makin nyaman olahraga

Samsung OLED TV juga dilengkapi dengan Workout Tracker. Fitur ini memberikan berbagai macam jenis exercise ditemani virtual coach dengan data latihan yang dapat dilihat secara langsung dalam satu layar oleh pengguna.

Pengguna bisa memantau progress latihan seperti durasi, kalori yang terbakar, dan detak jantung secara langsung berdasarkan perangkat latihan yang terkoneksi sambil menonton konten TV dalam satu layar selama sesi latihan.

Dengan begitu, pengguna bisa mengikuti video instruktur yoga sebagai virtual coach atau pun lari di treadmill sambil mengitari kota Bali secara virtual di TV.

Sistem pengaman Knox Matrix

Dalam hal keamanan, Samsung siap menjaminnya berkat Knox Matrix di OLED TV. Knox Matrix memiliki keamanan tiga lapis yang komprehensif, sehingga pengguna tak perlu khawatir akan kebocoran informasi pribadi.

Tiga lapis keamanan pertama adalah sistem Hardware Security yang memastikan bahwa proses booting sistem operasi berlangsung dengan aman dan memisahkan akses untuk melindungi data penting. Kedua, Platform Security bekerja dengan mengenkripsi data dan memblokir aplikasi berbahaya, menciptakan lingkungan yang aman saat menyimpan dan berkomunikasi. Terakhir, Service Security memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam menggunakan layanan berbasis internet, dengan dukungan perawatan keamanan yang terus-menerus.

Dengan kombinasi ini, Samsung OLED TV tidak hanya memberikan kualitas gambar yang luar biasa, tetapi juga menjamin keamanan maksimal bagi penggunanya. Samsung OLED TV hadir dalam sejumlah opsi layar, di antaranya 55 inci, 65 inci, dan 77 inci.

Harga Samsung OLED TV OLED TV S95D

  • 55 inch: Rp 29.999.000

  • 65 inch: Rp 49.999.000

Samsung OLED TV S90D

  • 55 inch: Rp 24.999.000

  • 65 inch: Rp 38.999.000

  • 77 inch: Rp 73.999.000

Leave a comment