Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Minimalis

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki taman dapat mempercantik eksterior rumah. memberikan keteduhan, hingga meningkatkan nilai jual rumah.

Namun, sering kali membuat taman membutuhkan lahan luas, yang akhirnya orang enggan memilikinya. 

Baca juga: 5 Ide Taman Depan Rumah yang Cantik dan Menawan

Padahal, taman tak selalu berukuran luas. Anda bisa membuat taman minimalis di rumah. Namun, ada beberapa hal yang penting diperhatikan saat membuat taman minimalis, salah satunya pemilihan jenis tanaman. 

Tanaman hias yang dipilih tidak boleh memberi kesan terlalu ramai pada taman. Selain itu, cari tanaman yang bisa tumbuh subur dengan perawatan sederhana guna memastikan desain lanskap taman tidak akan membebani Anda dengan perawatan yang rumit.

Dikutip dari Backyard Boss, Senin (26/8/2024), berikut beberapa tanaman hias yang cocok untuk taman minimalis. 

Lavender 

Bunga lavender dikenal dengan aromanya yang harum dan menenangkan. Tanaman ini memiliki penampilan elegan dengan bunga berwarna ungu cerah dan dedaunan hijau keperakan.

Karena tumbuh baik di berbagai lingkungan dan mudah dirawat, lavender bisa ditanam di taman minimalis. Selain itu, tanaman hias ini cocok untuk desain taman sederhana karena sifatnya yang serbaguna.

Setelah tumbuh, lavender tidak perlu mendapat banyak perawatan. Namun, perlu memangkasnya agar pertumbuhannya lebih lebat.

Untuk kebutuhan cahaya, lavender memerlukan enam jam atau lebih sinar matahari langsung per hari. Tanaman ini membutuhkan tanah yang dikeringkan baik, agak berpasir, gembur, dengan pH antara 6,5 dan 7,5.

Lidah mertua

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok untuk taman minimalis adalah lidah mertua atau Sansevieria. Tanaman his ini memiliki daunnya yang panjang, tegak, dan runci seperti pedang.

Dengan tampilannya ini, lidah mertua sangat cocok untuk taman minimalis dan memberikan sentuhan kontemporer untuk taman.

Lidah mertua memerlukan setidaknya lima jam sinar matahari tidak langsung setiap hari. Namun, tanaman lidah mertua tetap bisa tumbuhbaik dalam kondisi sinar matahari penuh hingga redup. 

Karena ahan kering, siram tanaman lidah mertua hanya sekali dalam seminggu atau dua minggu. Pastikan tanah lidah mertua kering sebelum disiram.

Baca juga: 5 Desain Air Mancur Luar Ruangan, Bikin Taman Lebih Cantik

Sukulen echeveria

Sukulen echeveria memiliki daun cantik yang berbentuk bunga. Tanaman kecil ini memiliki beberapa warna yang tidak mencolok, tetapi tampak menawan di taman minimalis.

Echeveria cocok untuk taman minimalis karena dapat menambah pesona geometris pada desain taman dan perawatannya cukup mudah. Ragam warnanya yang luas dan bentuknya yang kecil memberikan daya tarik unik pada desain minimalis.

Echeveria membutuhkan tempat yang terkena sinar matahari setidaknya enam jam sehari. Karena termasuk sukulen, tidak perlu memberi tanaman echeveria terlalu banyak air. Cukup berikan sedikit air setiap dua minggu sekali. Jika tanahnya terlalu basah, echeveria bisa membusuk dan mati. 

Baca juga: 5 Jenis Bunga Matahari yang Bisa Tumbuh di Taman Rumah

Bambu

Terakhir, tanaman hias yang cocok untuk taman minimalis adalah bambu. Tanaman bambu bisa ditanam di pot dan halaman.

Batangnya yang tinggi dan tipis serta dedaunan hijau yang rimbun menghasilkan desain lanskap yang rapi dan sederhana. Karena itu, tanaman bambu cocok untuk taman minimalis.

Bambu merupakan pilihan tanaman yang fleksibel karena bisa tumbuh cepat di kondisi berbeda-beda. 

Tanaman bmbu memerlukan sinar matahari minimal enam jam setiap hari. Namun, tanaman ini juga menyukai sinar matahari penuh selama delapan jam atau lebih dalam sehari. Lakukan penyiraman hanya sekali dalam seminggu agar tanaman bambu tidak kelebihan air.

Leave a comment