Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Situs Warisan Dunia di India, Ada Istana Sejak Abad ke-17

0 2

KOMPAS.com – Di samping terkenal dengan cita rasa rempah makanan yang kuat, serta festival dan musik yang meriah, India juga punya banyak tempat wisata terkenal, bahkan beberapa di antaranya masuk ke dalam Daftar Warisan Kelas Dunia UNESCO.

Bila baru pertama kali melancong ke India, penting untuk menyusun daftar tempat wisata yang akan dikunjungi supaya perjalanan lebih maksimal.

Khusus untuk wisatawan yang menyukai wisata sejarah, Kompas.com merangkum beberapa situs warisan dunia di dunia yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga:

  • Atap Bandara New Delhi di India Roboh, 1 Orang Tewas
  • IndiGo Airlines Terbang Perdana dari India ke Bali

Situs warisan dunia di India 1. Taj Mahal

Wisatawan tentu tidak asing dengan Taj Mahal, situs bersejarah yang dibangun sebagai bukti cinta Kaisar Mughal Shah Jahan kepada sang istri ini sudah dikenal hingga ke penjuru dunia.

Tidak hanya menarik dari keindahan bangunannya, Taj Mahal juga menarik dari segi sejarahnya, karena di balik kemegahannya, tersimpan cerita penuh cinta, kehilangan, dan penyesalan.

Lokasinya ada di Agra, Uttar Pradesh, adapun bandara terdekat yang bisa diakses yaitu Agra Airport Road.

Baca juga: Jelajah Masjid Unik di Jakarta, Ada yang Mirip Taj Mahal

2. Agra Fort

Masih di Agra, situs warisan dunia selanjutnya yang bisa dikunjungi yaitu Agra Fort atau Benteng Agra. Situs ini terletak di tepi Sungai Yamuna, Kota Agra.

Situs ini adalah salah satu benteng paling penting dari Mughal, yang dihiasi sejumlah bangunan berdekorasi mewah, meliputi gaya seni dan arsitektur Mughal.

Benteng Agra ini dulunya merupakan kediaman utama para kaisar dari dinasti Mughal samai 1638, ketika ibu kota Mughal dipindahkan dari Agra ke Delhi.

Situs ini terdiri dari beberapa istana seperti Istana Jahangir dan Khas Mahal yang dibangun oleh Shah Jahan, ruang audiensi seperti Diwan-i-has, dan dua masjid yang indah.

Baca juga: Mengintip Kemeriahan di Little India Singapura Jelang Deepavali

3. Hill Forts of Rajasthan

Hill Forts of Rajasthan atau Bukit Benteng Rajasthan merupakan situs yang berisi banyak benteng dan istana megah.

Di antaranya ada Benteng Chitoogarh, Benteng Kumbhalgarh, Benteng Ranthambre, Benteng Gagron, Benteng Amber, dan Benteng Jaisalmert.

Beberapa situs di sini bahkan memiliki keliling sejauh 20 kilometer.

Situs ini merupakan saksi kekuatan negara-negara Pangeran Rajput yang berkembang di wilayah tersebut sekitar abad ke-8 hingga abad ke-18.

Baca juga: Indonesia Akan Buka Penerbangan Langsung dari India, Ada Kolkata

4. Istana Leh

Istana Leh merupakan situs warisan dunia yang dibangun pada abad ke-17 oleh Raja Sengge Namgyal, terletak di Jammu dan Kashmir.

Sebagai contoh arsitektur Tibet Abad Pertengahan, situs ini memiliki dinding besar dan balkon kayu dengan lukisan mural kuno di interior istana.

Istana ini dibangun setinggi sembilan lantai, lantai atas difungsikan untuk menampung keluarga kerajaan.

Sementara istal atau kandang kuda dan toko berada di lantai bawah.

Bila datang berkunjung ke museum istana, wisatawan bisa melihat baju-baju upacara, mahkota, perhiasan kuno, dan lukisan Thangka yang berusia lebih dari 450 tahun.

Baca juga: 2 Maskapai Asal India Akan Buka Penerbangan Langsung ke Bali

5. Charminar

Charminar ialah sebuah monumen dan masjid yang identik dengan sejarah Hyderabad, India. Lokasinya berada di jantung kota tua, Hyderabad, Telangana.

Monumen ini terkenal dengan dekorasi plesterannya yang berlimpah serta pengaturan langkan dan balkon yang mengesankan. 

Desain bunga pada monumen ini juga dieksekusi dengan hati-hati, berdiri sebagai karya agung dengan kombinasi arsitektur Mughal dan Hindu oleh pengrajin lokal.

Di sekitar monumen wisatawan juga bisa berburu pernak pernik seperti gelang warna-warni, mutiara, perhiasan, dan barang-barang unik untuk oleh-oleh.

Leave a comment