Informasi Terpercaya Masa Kini

8 Fitur Tersembunyi iOS 18 di iPhone yang Jarang Diketahui

0 2

KOMPAS.com – iOS 18 sudah dirilis dan pengguna iPhone bisa mulai memperbaruinya. Sistem operasi terbaru untuk smartphone Apple itu membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan fitur yang cukup menarik.

Sebagian pengguna yang telah update iOS 18 mungkin sudah mengetahui beberapa fitur itu. Salah satu pembaruan utama dan cukup banyak diketahui adalah iOS 18 memungkinkan pengguna buat memodifikasi tampilan Control Center dan ikon aplikasi.

Baca juga: iOS 18 Sudah Tersedia, Apakah iPhone 11 Bisa Update?

Selain itu, iOS 18 sebenarnya membawa fitur-fitur lain yang tak kalah menarik, tetapi jarang diketahui banyak pengguna. Dalam hal ini, pengguna mungkin bakal tertarik untuk mengetahui apa saja fitur tersembunyi iOS 18.

Jika penasaran ingin mencobanya, silakan simak ulasan di bawah ini mengenai fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik buat dicoba.

Daftar fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik buat dicoba

Selain membawa pembaruan fitur skala besar, seperti kustomisasi tampilan di beberapa bidang, Apple juga membekali detail – detail kecil pada fitur iOS 18 yang mungkin jarang diketahui beberapa pengguna.

Salah satu contoh fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik adalah share password WiFi dengan kode QR. Fitur ini telah lama tersedia di kebanyakan HP Android. Namun, fitur tersebut baru ditambahkan di iPhone lewat iOS 18 berkat kehadiran aplikasi Password.

Selain itu, masih ada beberapa fitur tersembunyi iOS 18 yang menarik buat dicoba. Adapun daftar beberapa fitur tersembunyi iOS 18 adalah sebagai berikut.

1. Share password WiFi dengan kode QR

Fitur tersembunyi iOS 18 yang pertama dan telah disebut di atas adalah share password WiFi dengan kode QR. Sebelum iOS 18 hadir, pengguna iPhone dulu hanya bisa berbagi password WiFi dengan kontak yang juga hendak bergabung ke WiFi yang sama.

Kini, berbagi WiFi dipermudah berkat adanya aplikasi Password. iOS 18 membawa aplikasi Password yang berfungsi untuk mengelola semua password yang dipakai pengguna buat mengakses berbagai platform, termasuk WiFi.

Di aplikasi Password, pengguna dapat membuka dan melihat kembali password WiFi yang pernah terhubung ke iPhone. Setelah itu, pengguna dapat membagikannya ke pengguna lain lewat kode QR. Cara share password WiFi dengan kode QR di iPhone adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Password di iPhone iOS 18.
  • Kemudian, pilih menu “WiFi”.
  • Setelah itu, pilih nama WiFi yang hendak dibagikan kata sandinya ke kontak lain lewat kode QR.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Show Network QR Code” dan kode QR untuk WiFi tersebut bakal ditampilkan.
  • Pengguna bisa menunjukkan kode QR itu ke pengguna lain agar dipindai dan bisa terhubung ke jaringan WiFi.

2. Tombol power di Control Center

Berikutnya, terdapat fitur tombol power di jendela Control Center atau Pusat Kontrol. Di iOS 18, jendela Control Center mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan dengan memungkinkan pengguna buat memodifikasi tampilannya.

Selain itu, jendela Control Center sekarang ketambahan tombol power yang berfungsi untuk mematikan daya iPhone. Dengan tombol virtual ini, pengguna tak perlu menekan tombol power fisik untuk mematikan iPhone.

3. Riwayat hitungan di kalkulator

Aplikasi kalkulator di iOS 18 juga mendapat banyak pembaruan. Salah satunya yang utama adalah aplikasi kalkulator sekarang memiliki beberapa mode yang bisa diganti, seperti mode dasar, mode saintifik, Math Note, dan mode konversi nilai mata uang.

Selain pembaruan besar, aplikasi kalkulator di iOS 18 juga memiliki fitur tersembunyi, yaitu pengguna sekarang bisa melihat riwayat hitung yang pernah dilakukan. Untuk melihat riwayat hitungan itu, pengguna tinggal klik ikon garis tiga di pojok kiri atas layar aplikasi kalkulator.

4. Pencarian nama kontak dengan angka di telepon

Aplikasi telepon di iOS 18 mendapat salah satu pembaruan fitur yang cukup menarik, yaitu pengguna kini dapat mencari nama kontak menggunakan tombol angka di menu telepon atau dial.

Dulu, pencarian kontak di menu telepon iPhone dilakukan dengan memasukkan susunan nomor yang terkait dengan nomor kontak. Di iOS 18, pengguna bisa mencari nama kontak dengan memasukkan angka dari papan telepon.

Untuk diketahui, papan telepon di menu telepon iPhone terdiri dari angka “0” hingga “9” dan simbol bintang serta pagar. Angka “2” hingga “9” berisi huruf “a” hingga “z”. Papan ini berfungsi buat mengetik nomor telepon dari kontak dan menghubunginya.

Di iOS 18, pengguna bisa mencari nama kontak dengan menekan angka pada papan telepon yang mewakili huruf-huruf dari nama kontak terkait. Misalnya, pengguna hendak menghubungi kontak bernama “Bapak”.

Di papan telepon, pengguna bisa mencari nama kontak “Bapak” itu dengan menekan tombol angka dengan kombinasi sesuai komposisi huruf nama kontak itu. Jadi, nama kontak “Bapak” bisa dicari dengan menekan angka “2 2 7 2 5”.

Fitur pencarian nama kontak dengan angka di telepon iOS 18 ini didukung dengan program T9. Untuk diketahui, T9 merupakan mode input teks prediktif yang memungkinkan pengguna memasukkan huruf hanya dengan menekan satu tombol.

Baca juga: 10 Perbedaan iOS 17 dan iOS 18 yang Perlu Diketahui

5. Pencarian foto di Photos dengan kata kunci yang lebih kontekstual

Fitur tersembunyi iOS 18 yang berikutnya adalah pencarian konten berdasar kata kunci yang lebih kontekstual. Di aplikasi Photos, pengguna bisa mencari foto atau video berdasar kata kunci yang berkaitan dengan konten itu.

Di iOS 18, fitur pencarian itu ditingkatkan, Jadi, pengguna bisa menambahkan kata lain yang berkaitan dengan konten yang hendak dicari. Misalnya, ingin mencari konten kucing di atas kasur, pengguna bisa memasukkan kata pencarian seperti ini “cat on bed”.

6. Timer foto berdurasi lima detik

Aplikasi kamera bawaan iPhone kini menyediakan fitur timer untuk mengambil foto secara otomatis dengan durasi lima detik. Sebelum iOS 18, fitur timer di aplikasi kamera hanya menyediakan pilihan durasi antara tiga detik atau 10 detik.

7. Menyembunyikan nama aplikasi di ikon aplikasi

Fitur tersembunyi iOS 18 yang selanjutnya adalah pengguna bisa menyembunyikan nama aplikasi di ikon aplikasi. Dulu, nama aplikasi bakal selalu tersedia di bawah ikon aplikasi yang terdapat pada layar Home iPhone.

Di iOS 18, nama aplikasi itu bisa dihilangkan dengan memperbesar ukuran ikon aplikasi. iOS 18 memungkinkan pengguna buat memodifikasi tampilan ikon aplikasi di layar Home seperti mengganti warna dan ukurannya. Jika diperbesar, nama aplikasi di ikon akan menghilang.

8. Mencari foto yang berisi tulisan tangan dan kode QR

Aplikasi Photos di iPhone iOS 18 kini dapat mengelompokkan foto atau video dengan berbagai kategori, termasuk foto yang berisi tulisan tangan dan kode QR. Jadi, pengguna bisa mencari foto dengan kategori tersebut secara lebih mudah di aplikasi Photos.

Baca juga: Cek iPhone Kamu Kebagian iOS 18 atau Tidak, Begini Caranya

Itulah beberapa fitur tersembunyi iOS 18 di iPhone yang jarang diketahui dan menarik buat dicoba. Pembaruan dan peningkatan fitur pada iOS 18 yang lebih lengkap bisa dibaca di artikel ini.

Penting diingat, untuk mengakses atau menjajal fitur-fitur tersembunyi tersebut, pengguna perlu update sistem operasi iPhone ke iOS 18. Cara update iOS 18 dan informasi lainnya bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment