Informasi Terpercaya Masa Kini

Operasi Pager Mossad Israel di Lebanon, Klasik Tapi ‘Cerdik’? Ini Kata Para Pakar Dunia

0 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Pager yang meledak pada Selasa (17/9/2024) di Lebanon, menewaskan sembilan orang dan melukai hampir 3.000 orang, tiba dalam pengiriman 1.000 perangkat baru-baru ini, sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah Lebanon mengatakan kepada AFP, dan tampaknya telah diretas pada sumbernya.

“Menurut rekaman video, dapat dipastikan bahwa sebuah alat peledak plastik kecil disembunyikan di samping baterai yang dipicu dari jarak jauh dengan mengirimkan sebuah pesan,” tulis Charles Lister, seorang ahli di Middle East Institute (MEI), di platform Xinhua.

Ini berarti, menurut pakar tersebut, dinas intelijen asing Israel (Mossad) telah menembus rantai pasokan.

Dari Brussels, analis militer Ilya Manier berbicara tentang kelemahan keamanan utama dalam prosedur Hizbullah”, menjelaskan bahwa agen-agen Israel tidak diragukan lagi menyusup ke dalam proses produksi dan menambahkan komponen bahan peledak dan alat peledak jarak jauh ke pager tanpa menimbulkan kecurigaan.

Mike Dimino, seorang ahli keamanan dan mantan analis CIA, mengatakan bahwa para agen dapat mengirimkan perangkat tersebut baik dengan menyamar sebagai pemasok atau dengan menyuntikkan perangkat tersebut secara langsung di beberapa titik dalam rantai pasokan Hizbullah dengan mengeksploitasi kerentanan (truk pengangkut dan kapal-kapal komersial)

Sebuah kasus klasik yang rumit

“Israel menguasai sebagian besar industri elektronik dunia, dan tidak diragukan lagi bahwa salah satu pabrik yang dimilikinya memproduksi dan mengirimkan IED yang meledak hari ini,” kata analis keamanan Riad Kahwaji.

“Ini adalah operasi sabotase klasik, operasi intelijen yang berada di puncak kesempurnaan,” kata pakar Dimino tentang operasi tersebut.

“Operasi sebesar ini membutuhkan waktu berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun, untuk mengaturnya dengan sempurna,” katanya di platform X

Pakar pertahanan Prancis Pierre Servan mengatakan kepada AFP bahwa serangkaian operasi baru-baru ini yang dilakukan selama beberapa bulan terakhir berarti mereka telah melakukan kebangkitan yang gemilang, dengan keinginan untuk menghalangi dan pesan yang mengatakan: Kami melakukan kesalahan, tetapi kami belum mati.

Namun, dia mencatat bahaya bertanya kepada keluarga para tahanan Israel di Gaza: “Kalian mampu memasang ratusan suar Hizbullah dan meledakkannya secara bersamaan, tetapi tidak mampu membebaskan putra-putra kami?”

 

Sembilan orang gugur dan sekitar 3.000 pejuang Hizbullah Lebanon terluka pada hari Selasa (17/9/2024) di Lebanon selatan dan pinggiran selatan Beirut setelah radio pager mereka meledak, dalam sebuah operasi yang kemungkinan besar dilakukan oleh Israel.

Meskipun ada beberapa penjelasan yang saling bertentangan tentang bagaimana serangan tersebut dilakukan, berikut ini adalah apa yang kami ketahui sejauh ini:

1. Apa itu pager?

Pager adalah perangkat komunikasi radio kecil yang dikembangkan pada 1960-an untuk digunakan dalam situasi darurat.

Pager mengandalkan pengiriman sinyal digital melalui gelombang radio untuk memberi tahu pengguna bahwa seseorang telah mencoba menghubungi mereka, dan pesan SMS juga dapat dikirim melalui perangkat ini.

Sebelum munculnya ponsel, pager adalah alat komunikasi yang umum digunakan, terutama di kalangan dokter yang bekerja shift malam dan personel layanan darurat, dan juga digunakan di bidang militer dan keamanan.

2. Mengapa anggota Hizbullah membawanya?

Pager adalah teknologi yang relatif tua yang tidak dapat terhubung ke internet, sehingga dianggap relatif aman dari peretasan dunia maya dan upaya mata-mata dan pelacakan yang biasa terjadi ketika menggunakan ponsel atau smartphone, itulah sebabnya mengapa masih digunakan di bidang militer dan keamanan, dan ini kemungkinan besar adalah alasan mengapa para anggota Hizbullah memiliki perangkat ini.

3. Bagaimana perangkat itu meledak?

Masih terlalu dini untuk mengetahui secara pasti bagaimana perangkat ini meledak, karena penjelasan tentang alasannya masih beredar, yang paling menonjol adalah bahwa sebuah chip ditanamkan pada semua pager sebelum diimpor dan digunakan oleh para operator Hizbullah.

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Chip tersebut diaktifkan oleh gelombang radio yang dikirim oleh pesawat tak berawak yang diluncurkan di seluruh Lebanon oleh pendudukan Israel, yang akan meledakkan chip tersebut atau membuat baterai perangkat menjadi terlalu panas, sehingga meledak.

Reuters mengutip sumber-sumber Lebanon yang mengonfirmasi bahwa perangkat komunikasi yang meledak adalah “model terbaru” yang dibawa oleh Hizbullah selama beberapa bulan terakhir.

Wal Street Journal juga…

Wall Street Journal juga mengutip sumber-sumber yang dekat dengan Hizbullah yang mengatakan bahwa perangkat yang ditargetkan adalah bagian dari pengiriman baru yang baru saja diterima Hizbullah.

Teori lain yang disebutkan oleh surat kabar tersebut, mengutip perusahaan keamanan Lubec International, adalah bahwa penyebab ledakan perangkat komunikasi di Lebanon kemungkinan besar adalah malware, dan menambahkan bahwa malware tersebut meningkatkan suhu baterai, yang menyebabkan ledakan.

4. Daerah mana saja yang menjadi sasaran?

Korban luka-luka terkonsentrasi di Lebanon selatan dan pinggiran selatan Beirut, tetapi pada kenyataannya tidak ada daerah yang menjadi sasaran khusus, karena mereka yang terluka adalah mereka yang membawa pager di mana pun lokasinya.

Hal ini dibuktikan dengan cederanya 4 orang di Suriah setelah sebuah ledakan di mobil mereka di jalan terowongan di ibukota Damaskus, di mana media Suriah berspekulasi bahwa mereka yang terluka adalah anggota Hizbullah yang alat komunikasinya meledak.

5. Berapa banyak orang yang terluka sejauh ini?

Beberapa saat setelah rangkaian ledakan dimulai, jumlah korban luka-luka meningkat menjadi lebih dari 2.750 orang di Lebanon saja, yang semuanya adalah anggota Hizbullah yang membawa perangkat yang menjadi target.

Menteri Kesehatan Lebanon mengumumkan bahwa delapan orang, termasuk seorang anak, termasuk di antara para korban pemboman Beijer, dan mengatakan bahwa rumah sakit-rumah sakit di bagian selatan telah melebihi kapasitasnya dan sedang berupaya untuk memindahkan para korban luka-luka ke luar provinsi.

BACA JUGA: Benarkah Sahabat Nabi SAW, Ibnu Abbas, Bolehkan Kawin Kontrak atau Nikah Mutah

Duta Besar Iran untuk Lebanon Mojtaba Amani adalah salah satu dari mereka yang terluka ketika alat komunikasi yang dibawanya meledak, menurut kantor berita Iran, Mehr.

6. Apa yang dikatakan oleh para pejabat di Lebanon mengenai insiden ini?

Associated Press mengutip seorang pejabat Lebanon yang mengatakan bahwa ada keyakinan bahwa penargetan perangkat komunikasi tersebut adalah hasil dari serangan Israel

Laporan tersebut juga mengutip sumber yang dekat dengan Hizbullah yang mengatakan bahwa perangkat komunikasi yang meledak adalah bagian dari pengiriman baru dengan baterai lithium dan tampaknya meledak karena kepanasan.

Kemudian, Hizbullah..

Kemudian, Hizbullah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ledakan misterius sejauh ini telah menewaskan seorang anak dan dua orang, dan menambahkan bahwa badan-badan khusus partai tersebut sedang melakukan investigasi berskala besar dan ilmiah untuk menentukan penyebab ledakan simultan tersebut.

7.  Apakah ada pernyataan atau petunjuk yang dibuat oleh atau dari Israel?

Seorang mantan pejabat senior di badan keamanan internal Israel (Shin Bet) menegaskan bahwa meledakkan alat komunikasi ratusan anggota Hizbullah adalah sebuah terobosan keamanan intelijen yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Seorang penasihat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu juga mengatakan bahwa Israel bertanggung jawab atas serangan tersebut, sebelum menarik kembali tweet-nya beberapa menit kemudian.

Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu meminta para menteri untuk tidak memberikan wawancara atau berkomentar mengenai ledakan alat komunikasi di Lebanon, dan partai Likud yang berkuasa melarang para anggotanya untuk membuat pernyataan dan memberikan wawancara mengenai peristiwa di Lebanon.

8- Pernyataan Internasional

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengomentari ledakan alat komunikasi di Lebanon, dengan mengatakan bahwa “selalu ada risiko dampak eskalasi di Lebanon.” 

Sumber: aljazera, aljazeera

Daftar Panjang Pembunuhan Politik Israel – (Republika)

Leave a comment