Informasi Terpercaya Masa Kini

Sayuran Tidak Populer yang Bisa Turunkan Tensi dan Kolesterol Sekaligus, Apa Itu?

0 3

KOMPAS.com – Ada satu jenis sayuran kurang populer namun memiliki khasiat baik bagi kesehatan, yaitu menurunkan kolesterol dan tensi darah sekaligus dalam satu kali makan.

Nutrisi di dalam sayuran memang telah terbukti bisa membantu mengatasi beragam penyakit, seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, kolesterol, dan menurukan tekanan darah.

Namun, tidak semua sayur mengandung manfaat tersebut secara bersamaan. Menariknya, satu jenis sayur yang kurang populer ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah sekaligus.

Yaitu turnip, sayuran akar sejenis lobak yang berasal dari keluarga Brassicaceae yang berwarna putih keunguan.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Sayur Lobak bagi Penderita Diabetes

Turnip dan kandungan nutrisinya

Turnip atau Brassica rapa adalah bagian dari keluarga sayuran akar, bersama dengan tanaman bit, wortel, lobak, dan seledri.

Turnip tergolong sayuran yang kurang populer. Dikutip dari Health Digest, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Fox News dan diikuti 2.000 peserta tahun 2019, sebanyak 27 persen responden tidak menyukai sayur ini.

Padahal, turnip memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat baik bagi tubuh. 

Menurut catatan United States Department of Agriculture (USDA), sebuah turnip berukuran sedang mengandung 233 miligram (mg) kalium, 25,6 mg vitamin C, dan 36,6 mg kalsium. 

Di antara kandungan tersebut, kaliumlah yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Baca juga: Minuman Panas Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi jika Diminum Rutin, Apa Itu?

Turnip untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Dilansir dari Web MD, meski kaitan antara kalium dan kolesterol rendah belum banyak ditemukan, tetapi turnip sering dianggap sebagai bagian penting dari diet yang menyehatkan jantung. Sebab, umumnya diet rendah kolesterol mencakup makanan tinggi kalium.

Meski begitu, terdapat penelitian yang pernah menyebut bahwa turnip secara tidak langsung memengaruhi kadar kolesterol dengan mencegah seseorang terkena penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Studi itu terbit dalam jurnal National Institutes of Health (NIH) tahun 2017. Meski belum diketahui mekanismenya, ahli menemukan bahwa kekurangan kalium menyebabkan arteri pada hewan coba tikus menjadi kaku.

Kekurangan kalium sendiri juga telah dikorelasikan dengan tekanan darah, penyakit jantung, dan stroke pada manusia.

Sementara, pengaruh turnip terhadap tekanan darah telah terbukti dalam beberapa penelitian.

Menurut studi dari Clinical Hypertension tahun 2024, kalium terbukti mampu menurunkan tekanan darah, karena kemampuannya mengeluarkan natrium berlebih dari tubuh.

Selain itu, penelitian terbitan Advances in Food and Nutrition tahun 2021 juga menemukan adanya korelasi antara kalium dan tekanan darah.

Di mana ketika seseorang mengonsumsi makanan dengan kalium tinggi seperti turnip, pembacaan tekanan darahnya cenderung rendah.

Baca juga: Beredar Video Larangan Makan Terong, Selada, Jagung, Paprika, Lobak, dan Seledri Setiap Hari, Adakah Bahayanya?

Cara mengolah turnip

Sebelum mengolah turnip, pastikan Anda memilih yang ukurannya kecil, karena turnip besar cenderung pahit.

Setelah itu, potong akar serta batang daunnya dan jangan mencuci turnip jika tidak segera dimasak agar bisa tahan hingga seminggu di kulkas.

Untuk mengolah turnip cukup mudah, dikutip dari Web MD, berikut beberapa pilihan cara mengolah sayur turnip:

  • Mencampur turnip ke kentang tumbuk (mashed potato) dengan cara merebus atau mengukus turnip yang sudah dikupas
  • Potong atau parut turnip untuk dijadikan tambahan salad
  • Panggang turnip dengan sayuran akar lain, seperti wortel, ubi jalar agar rasa manis dari turnip lebih keluar
  • Tumis turnip dengan bayam atau sawi ditambah dengan bawang putih, minyak zaitun, dan lemon
  • Membuat acar turnip.

Sayuran penurun tensi sekaligus kolesterol lainnya

Selain turnip, ada beberapa sayur yang juga bisa menurunan kolesterol dan tensi. Dihimpun dari Healthline dan beberapa sumber lain, berikut sayur penurun kolesteron dan tekanan darah:

  • Edamame
  • Bayam bit
  • Ubi jalar
  • Bayam
  • Kubis
  • Brokoli.

Nah, itulah manfaat turnip, sayuran yang kurang populer, tetapi bisa membantu menurunkan tensi dan kolesterol sekaligus.

Baca juga: Sayur Pare Bisa Mengobati Penyakit Apa?

Leave a comment