Informasi Terpercaya Masa Kini

Mazda Indonesia Siapkan Produk Baru, Ada BEV dan Hybrid

0 3

Mazda disebut masih serius jajaki model elektrifikasi di Indonesia. Tak hanya satu jenis teknologi seperti Battery Electric Vehicle (BEV) atau mobil listrik murni, melainkan juga hibrida (Hybrid Electric Vehicle). Keduanya diproyeksikan hadir dalam waktu dekat.

Rencana kemunculan produk-produk BEV dan HEV sejatinya sudah pernah dibeberkan pabrikan jelang akhir tahun 2023 lalu. Dijelaskan Managing Director PT EMI, Ricky Thio mengungkapkan jadwal peluncurannya paling cepat mendekati tutup tahun 2024.

“Mobil listrik sedang kita siapkan, harapannya akhir tahun ini sudah bisa kita bawa. Betul (MX-30), kira-kira di seputaran itu, sekarang ini kita lagi berproses di Hiroshima, prinsipalnya,” ujar Ricky ditemui di Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Mengenai BEV, satu produk yang paling mudah ditebak adalah MX-30. Sebab, model tersebut saat ini masih menjadi satu-satunya model elektrik murni Mazda. Terlebih, sosoknya sudah pernah mejeng di Indonesia beberapa waktu lalu.

Debutnya pertama kali dilakukan di Tokyo Motor Show 2019 silam. Ia punya dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.570 mm, dan memiliki jarak sumbu roda sepanjang 2.655 mm, bedanya dengan CX-30 adalah, MX-30 lebih tinggi 30 mm.

Kedua varian sama-sama mengaplikasikan tenaga listrik e-Skyactiv yang terdiri dari motor listrik yang punya tenaga 143 dk dan torsi 271 nm yang dialirkan dengan transmisi single-gear melalui roda depan.

E-Skyactiv ini memiliki baterai 35,5 kWh, 355 yang diletakkan di bagian lantai/bawah mobil yang bisa menempuh jarak 199 km dengan akselerasi 0-100 hingga 9,7 detik dan kecepatan maksimal 140 km/jam.

Mobil ini dibenamkan sumber tenaga yang disebut e-SkyActiv dan menggunakan serat botol plastik daur ulang dan gabus pada interiornya.

“Ada juga nanti (hybrid), very soon. Kita lihat nanti, mungkin di penghujung tahun ini atau paling telat awal tahun depan, strong hybrid bukan (mild hybrid),” jelas Ricky.

Menilik lini global Mazda, teknologi hibrida yang ditawarkan merupakan jenis Plug-in Hybrid Electric Vehicle atau PHEV. Model-modelnya meliputi CX-90 PHEV, CX-70 PHEV, dan terbaru jenis HEV yaitu CX-50 Hybrid.

***

Leave a comment