Informasi Terpercaya Masa Kini

Jokowi Gelar Sidang Kabinet Paripurna Terakhir di IKN

0 3

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakil presiden Ma’ruf Amin bersama jajaran menterinya kembali menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (13/9). Ini adalah sidang kabinet terakhir sebelum Prabowo Subianto dilantik jadi Presiden periode 2024-2029.

Dalam sambutannya, Jokowi pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran menteri yang telah mendedikasikan dirinya dalam membantu pemerintahan.

“Ini adalah sidang kabinet terakhir dari Kabinet Indonesia maju, dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kerja keras, dedikasi dari bapak ibu semuanya dalam menjalankan pemerintahan, dalam melaksanakan program dan visi presiden dan wakil presiden dalam menghadapi berbagai tantangan tantangan yang ada,” kata Jokowi di IKN.

Jokowi menuturkan bahwa nantinya pada tanggal 20 Oktober, pemerintahan akan dilanjutkan oleh Prabowo. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh menteri yang hadir untuk menuntaskan program yang belum selesai.

“Yang pertama segera tuntaskan di bulan terakhir ini program kerja utama yang sudah dimulai, baik yang berkaitan dengan serapan yang berkaitan dengan administrasi pertanggungjawaban serta kendala-kendala yang belum terselesaikan,” ucap dia.

Kepala Negara juga meminta maaf kepada seluruh jajaran menteri apabila banyak kekurangan selama 10 tahun memimpin roda pemerintahan.

“Terakhir, saya juga ingin memohon maaf kepada Bapak Ibu semuanya jika dalam 10 tahun ini ada hal yang dirasa kurang berkenan dalam berinteraksi dan ada hal yang kurang maksimal, sekali lagi saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya,” tandasnya.

Turut hadir dalam sidang kabinet paripurna terakhir, Menhan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir MenpanRB Abdullah Azwar Anas, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Menkumham Supratman Andi Agtas, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi/BKPM Rosan P Roeslani, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Sosial Saifullah Yusuf.

Hadir juga Menpora Dito Ariotedjo, Wamentan Sudaryono, Mekop UKM Teten Masduki, Mendes Abdul Halim Iskandar, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Wamendag Jerry Sambuaga, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, Menkes Budi Gunadi Sadiki, Menlu Retno Marsudi, Mendikbudristek Nadim Makarim, KSP Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Presiden Jokowi mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Kamis (12/9). Jokowi akan menghabiskan sisa masa jabatannya di IKN hingga 19 Oktober 2024.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan bahwa Jokowi dijadwalkan akan memimpin sidang kabinet paripurna kedua di IKN besok, Jumat (13/9).

“Hari Kedua di IKN, besok bapak presiden akan memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Garuda IKN pukul 09.00 WITA,” kata Yusuf kepada wartawan, Kamis (12/9).

Leave a comment