Informasi Terpercaya Masa Kini

Saat Xiaomi Hilangkan Tombol Fisik di HP-nya, Apple Rilis iPhone 16 dengan 5 Tombol

0 3

KOMPAS.com – iPhone 16 yang resmi meluncur pada Senin (9/9/2024), dilengkapi dengan tombol baru yang disebut “Camera Control”, yang menambah jumlah tombol yang ada di iPhone 16 series.

Kini, total tombol fisik yang ada di iPhone 16 adalah lima tombol. Sebab, iPhone 16 mewarisi tombol yang sudah ada di iPhone 15 series sebelumnya, ditambah tombol Camera Control tadi. Rincian tombol di iPhone 16 meliputi:

  • Tombol power
  • Tombol Camera Control
  • Tombol volume atas
  • Tombol volume bawah
  • Tombol Action

Hal ini berbanding terbalik dengan pabrikan ponsel China, Xiaomi yang justru baru-baru ini berinovasi dan ingin menghilangkan tombol fisik di ponsel buatannya.

Baca juga: Xiaomi Siapkan Smartphone tanpa Tombol Fisik, Meluncur Tahun Depan?

Ponsel yang memiliki nama kode “Zhuque” itu direncanakan rilis pada tahun 2025 mendatang. Karena tidak memiliki tombol, ponsel ini diperkirakan akan menggunakan teknologi gesture control.

Ponsel tanpa tombol dari Xiaomi ini juga disebut akan memanfaatkan perintah suara sebagai salah satu cara kontrol, selain dari gestur.

Akan tetapi, hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan fitur lainnya dari ponsel unik ini.

Smartphone tanpa tombol dari Xiaomi ini ditaksir bakal dipamerkan pada Februari 2025 mendatang di ajang Mobile World Congress (MWC).

Pasalnya, MWC seringkali menjadi platform bagi vendor untuk memperkenalkan perangkat terbaru, baik yang siap dirilis maupun yang masih dalam bentuk konsep.

Pembeda

Kembali ke tombol Camera Control milik iPhone 16, ini menjadi salah satu pembeda utama iPhone 16 series dibanding iPhone generasi sebelumnya secara fisik. Sebagaimana namanya, tombol ini didedikasikan untuk mengoperasikan aplikasi kamera ponsel.

Baca juga: Spesifikasi iPhone 16 Minim Upgrade, tapi Harga Tetap Mahal

Camera Control di posisikan di sisi kanan bawah ponsel bersamaan dengan tombol power, mirip seperti tombol utama pada sebagian besar kamera digital atau DSLR.

Ketika ponsel diposisikan landscape, maka tombol Camera Control berada di kanan atas, persis seperti saat mengoperasikan kamera DSLR atau mirrorless.

Tidak hanya untuk memotret, tombol Camera Control juga bisa mengatur zoom dengan cara digeser (slide), menentukan fokus obyek dengan cara menekan tombol secara lembut hingga mengatur eksposur dan memilih filter foto. Sementara dengan menekan penuh tombol akan memungkinkan pengguna menjepret foto.

Apple juga memanfaatkan Camera Control untuk menjalankan fitur “Visual Intelligence”. Fitur ini memungkinkan pengguna mengarahkan kamera ke obyek atau pemandangan tertentu, sehingga pengguna bisa mendapat informasi lebih lanjut terkait obyek yang ditangkap tadi.

Fitur itu sederhananya seperti Google Lens atau Circle to Search di beberapa smartphone Samsung seperti Galaxy S24 series.

Namun Visual Intelligence belum tersedia di iPhone 16 dan baru rilis akhir tahun ini, dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (11/9/2024).

Adapun tiga tombol lainnya meliputi dua tombol volume dan Action diposisikan di sisi kiri iPhone, di mana tombol Action memiliki ukuran paling mini.

Tombol Action awalnya diperkenalkan Apple di smartwatch Watch Ultra pada September 2022. Kemudian Apple mengadopsi tombol yang sama untuk duo iPhone 15 Pro.

Tombol ini bisa diatur untuk menjalankan beberapa fungsi, termasuk merekam suara, hingga meluncurkan aplikasi kamera dengan cara menekan dan menahan (hold) tombol beberapa saat.

Meski tombol ini juga mampu meluncurkan kamera, Apple pada akhirnya merancang tombol Camera Control yang didedikasikan khusus untuk mengoperasikan kamera di iPhone 16 series.

Leave a comment