Informasi Terpercaya Masa Kini

Misa Paus Fransiskus di Timor Leste: Setengah Populasi Negara Hadir Langsung

0 2

Sekitar 600 ribu orang memadati taman Tasitolu di Timor Leste, Selasa (10/9). Mereka mengikuti misa yang dipimpin langsung kepala Gereja Katolik Paus Fransiskus.

Informasi mengenai jumlah umat yang hadir pada misa di Timor Leste diungkap oleh otoritas Vatikan.

Taman Tasitolu merupakan tempat yang sama yang digunakan Paus Yohanes Paulu II memimpin misa pada 1989 lalu. Pada tahun itu Timor Leste masih bagian Indonesia dengan status provinsi ke-27.

Menurut keterangan Pemerintah Timor Leste, berdasar data sejumlah paroki ada sekitar 300 ribu orang terdaftar mengikuti misa dengan Paus. Timor Leste adalah negara dengan hampir 99 persen penduduknya pemeluk Katolik.

Keterangan pemerintah berbeda dengan prediksi Presiden Jose Ramos-Horta. Sebelum misa digelar, dia memprediksi 700 ribu orang hadir.

Estimasi itu sama dengan setengah populasi Timor Leste yang berjumlah 1,3 juta orang.

Laporan berbagai lembaga dan otoritas membeludak jumlah umat hadir misa langsung dikarenakan datangnya umat dari Indonesia. Kebanyakan mereka yang datang ke Timor Leste adalah warga dari sebelah barat pulau Timor atau provinsi NTT.

Sejumlah laporan mengungkap, dari sebelum subuh umat Katolik Timor Leste sudah memenuhi taman Tositolu yang cuma berjarak 5 kilometer dari pusat Ibu Kota Dili.

Salah satu umat yang datang lebih dini adalah wanita berusia 44 tahun, Dirce Maria Teresa. Dia mengatakan sengaja datang beberapa jam sebelum misa dimulai.

“Kami senang Paus datang ke Timor karena itu membuat rakyat dan tanah kami menerima berkat,” kata Terese seperti dikutip dari Reuters.

Pendapat serupa disampaikan warga Baucau, Alfonso de Jesus. Ia rela menempuh perjalanan sejauh 128 dari kota tempatnya tinggal menuju taman Tasitoilu.

“Bagi kami, Paus adalah refleksi dari Tuhan Yesus sebagai gembala yang ingin melihat domba-dombanya datang dengan segenap hati untuk memuji,” ucap de Jesus.

Leave a comment