Informasi Terpercaya Masa Kini

Borobudur Night Carnival 2024, Ada 4 Jalur yang Ditutup

0 8

MAGELANG, KOMPAS.com – Polisi melakukan rekayasa lalu lintas imbas Borobudur Night Carnival (BNC) pada Sabtu (7/9/2024) malam. Ada empat ruas jalan yang ditutup bagi pengguna jalan besok.

“Ada pengalihan arus di simpang Kujon, simpang empat Koramil (Borobudur), simpang tiga Pasar Borobudur, dan simpang tiga Bu Sum,” kata Kaur Bin Ops Satlantas Polresta Magelang Ipda Rosyid Budianto, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/9/2024).

BNC 2024 dijadwalkan mulai pukul 19.00 sampai 01.00. Rute parade mengambil start di depan kantor Kecamatan Borobudur (Jalan Medang Kamulan) yang bisa diakses melalui jalur simpang Kujon dan simpang empat Koramil Borobudur.

Baca juga: Viral, Video Dugaan Call Mesum di Masjid Agung Magelang, Satpam: Orangnya Sama

Jalur Kujon menjadi tempat berkumpul kontingen BNC 2024, sedangkan jalur Koramil Borobudur menjadi akses pengunjung dan tamu undangan.

Setelah start dari kantor Kecamatan Borobudur, lalu lurus hingga pertigaan pos polisi pariwisata.

Kawasan ini dapat dituju lewat jalur simpang tiga Bu Sum, area yang acap dikenal lantaran adanya penjual jajanan pasar bernama Sum.

Dari pos polisi pariwisata, kontingen belok kiri menuju Jalan Pramudyawardani hingga finis di Pasar Borobudur.

Jarak rute parade, berdasarkan aplikasi Maps, sejauh 1,7 kilometer.

BNC 2024 mengambil tajuk Gebyar Bumi Sambhara. Ketua panitia BNC Bendrat Agus mengatakan, pergelaran karnaval tahun ini hanya diikuti peserta dari perwakilan 20 desa di Kecamatan Borobudur dan 14 instansi.

“Beberapa dari Semarang, Tuban, Banyuwangi, Ponorogo mau ikut BNC. Tapi, tahun ini kami memutuskan tidak ada peserta dari luar Magelang dan fokus mengangkat 20 desa,” papar dia, dalam konferensi pers di kantor Kecamatan Borobudur, Kamis (5/9/2024).

Baca juga: Monyet Turun ke Permukiman Warga Magelang, Jarah Hasil Pertanian

Camat Borobudur Subiyanto menambahkan, desa dibebaskan untuk memilih pertunjukan kesenian yang akan dibawakan.

“Kami mengangankan event yang digelar sejak 2018 ini jadi event yang dinanti seperti Borobudur Marathon atau Waisak,” imbuh dia.

Leave a comment