Informasi Terpercaya Masa Kini

Bagaimana Menjadi Lebih Percaya Diri dan Meningkatkan Harga Diri

0 5

KOMPAS.com – Kita semua pernah mengalami kondisi yang tidak menyenangkan, entah melakukan kesalahan di tempat kerja, dikritik teman, atau mempermalukan diri sendiri saat pertemuan.

Ada banyak situasi dalam hidup ketika harga diri kita terpuruk dan kita kesulitan mencari cara untuk menjadi lebih percaya diri.

Tapi apa sebenarnya harga diri itu?

Baik naik, turun, atau berada di tengah-tengah, harga diri kita memengaruhi cara kita memandang diri sendiri. Harga diri merupakan landasan penting dalam banyak hal: Keyakinan kita terhadap kemampuan kita, bagaimana kita menilai diri kita, dan cara kita membandingkan diri kita dengan orang lain.

Harga diri yang rendah – ketika kita kritis terhadap diri sendiri – dapat berkembang seiring berjalannya waktu, namun kita dapat memunculkannya kembali dengan mengubah cara memandang diri sendiri dan pikiran negatif yang  muncul.

Dan memiliki harga diri yang baik bukan hanya berarti merasa nyaman dengan diri sendiri. Rasa harga diri kita juga dapat sangat memengaruhi kesehatan mental.

Baca juga: Memiliki Harga Diri yang Tinggi Penting, Kenapa?

“Sangat penting bagi kesehatan mental untuk memiliki kepercayaan diri pada kemampuan kita sehingga kita memiliki rasa harga diri yang baik,” tegas psikolog Lauren Alexander, PhD. “Dan kita memiliki kemampuan untuk berkembang dan menyadari bahwa kesalahan adalah hal yang normal.”

Harga diri yang rendah dapat menyebabkan masalah yang lebih besar seperti depresi dan kecemasan. Bahkan, keduanya kerap berjalan beriringan.

“Kapan pun kamu bergumul dengan masalah kesehatan mental, ada baiknya memikirkan harga dirimu dan cara kamu memandang diri sendiri,” kata Dr. Alexander.

Dr Alexander menjelaskan bagaimana membangun kepercayaan diri dan bagaimana meningkatkan harga diri.

Tanda-tanda harga diri rendah

Harga diri yang rendah dapat muncul dalam banyak hal – tetapi secara sederhana, hal itu berarti bersikap terlalu kejam terhadap diri sendiri.

Mungkin sulit untuk menerima bahwa kamu memiliki harga diri yang rendah. Namun menyadarinya adalah langkah penting pertama untuk melawan pikiran negatif tersebut.

Kamu mungkin memiliki harga diri yang rendah jika:

Tidak merasa yakin dengan kemampuan sendiri

Apakah kamu selalu menebak-nebak kemampuan diri sendiri? Mungkin kamu tidak yakin dengan proyek di tempat kerja atau merasa kesulitan dalam berumah tangga. Apa pun yang terjadi, kamu mungkin berpikir tidak memiliki keterampilan atau pengalaman yang tepat untuk menanganinya.

“Jika kamu disibukkan dengan keraguan berlebihan terhadap diri sendiri dan kemampuanmu, hal itu akan terlihat jelas dalam pekerjaan dan kehidupan pribadimu,” kata Dr. Alexander. “Meskipun hal ini tidak terlihat oleh orang lain, kualitas hubungan dan kehidupan kerjamu akan menurun dan kamu pasti akan menyadarinya.”

Kamu terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain secara negatif

Tentu, siapa yang belum pernah membandingkan dirinya dengan orang lain – sulit untuk tidak melakukannya. Namun akan menjadi masalah jika kamu melakukannya secara negatif dengan menilai diri sendiri rendah dibandingkan orang lain dan menyalahkan diri sendiri karena tidak cukup cantik, kurang sukses, tidak cukup kaya, dan lainnya.

“Kamu menjalani satu kehidupan dan itu milikmu. Jika kamu menghabiskan energi untuk fokus pada kehidupan orang lain, maka kamu hanya menjalani hidup dengan setengah hati,” Dr. Alexander menekankan. “Ini berarti kamu tidak akan membuat keputusan terbaik untuk memajukan hidupmu.”

Baca juga: 4 Jenis Perilaku Orangtua yang Merusak Harga Diri Anak

Kamu merasa gagal saat melakukan kesalahan

Kegagalan terjadi pada kita semua. Namun ketika seseorang dengan harga diri rendah melakukan kesalahan – bahkan kesalahan kecil sekalipun – akan sulit baginya untuk tidak terjerumus ke dalam pembicaraan negatif pada diri sendiri.

“Pemicunya sangat bervariasi pada setiap orang,” kata Dr. Alexander. “Indikator umum yang dipicu adalah emosi yang kuat dan tidak nyaman seperti kesedihan dan kemarahan dan/atau melakukan perilaku yang tidak membantu misalnya, makan saat tidak lapar, minum minuman keras/penggunaan narkoba, menghindari interaksi sosial.”

Kamu mendapati diri anti terhadap kritik apa pun

Baik itu datang dari pasangan, atasan, orang tua, atau teman, mungkin akan sulit bagimu untuk mendengar masukan apa pun (bahkan kritik yang membangun) tentang caramu melakukan sesuatu.

“Secara umum, kita ingin mendengar tentang apa yang baik tentang kita daripada apa yang tidak baik atau apa yang perlu kita lakukan dengan lebih baik,” ungkap Dr. Alexander.

“Apa yang tidak baik atau perlu ditingkatkan menunjukkan bahwa kita perlu berubah, dan perubahan dapat menjadi ancaman bagi orang yang rendah diri karena berbagai alasan seperti ketidakfleksibelan atau keraguan terhadap kemampuan kita untuk berubah.”

Kamu fokus pada kegagalan

Tidak hanya merasa gagal ketika melakukan kesalahan, tetapi juga sulit bagi seseorang dengan harga diri rendah untuk membiarkan situasi tersebut berlalu. 

Mereka selalu memikirkan kegagalannya – membayangkan situasi itu berulang kali, untuk mencari tahu bagaimana bisa menghindari kegagalan tersebut. Akibatnya mempraktikkan cinta diri sulit akan menjadi sulit.

“Seringkali, kita terjebak oleh kesalahan dibandingkan belajar darinya. Kemudian, kita kesulitan mengatur emosi yang terkait dengan kegagalan dan terlalu fokus pada emosi tersebut,” catat Dr. Alexander.

Baca juga: Tak Cuma Berdampak pada Anak, Medsos Bisa Rusak Harga Diri Orangtua

Merasa cemas tentang semua yang kamu lakukan

Kamu terlalu merendahkan diri sendiri dan kemampuan sehingga hal itu dapat menghilangkan antusiasme atau minatmu terhadap aktivitas, perayaan, atau proyek kerja yang akan datang. Kamu menjadi cemas akan membuat kesalahan, dan menyebabkan semuanya berantakan.

“Kecemasan pasti dapat menurunkan harga diri yang sudah rendah. Misalnya, rasa cemas mengganggu permulaan tugas, artinya kamu mungkin tidak dapat menyelesaikan sesuatu yang perlu kamu lakukan,” jelas Dr. Alexander. “Kemudian, emosi negatif tersebut membuat kamu tidak ingin melakukan tugas lain, dan siklus tersebut berulang.”

Tips cara membangun rasa percaya diri

Jika kamu mengenali rendahnya harga diri dalam dirimu, kamu perlu memikirkan akar penyebabnya. Dr Alexander mengatakan pikiran negatif pada diri sendiri sering kali berasal dari masa lalu kita.

“Jarang terjadi hanya satu peristiwa saja,” katanya. “Biasanya ini merupakan akumulasi peristiwa yang berkontribusi terhadap rendahnya harga diri.”

Misalnya, mungkin kenangan tentang teman sekelas yang tidak menerima kamu ke dalam kelompoknya masih melekat saat kamu mencoba mencari teman atau koneksi baru. Atau mungkin kamu kesulitan setelah mendapat nilai buruk dalam sebuah ujian, dan sekarang, masih merasa takut bahwa setiap kali ujian, kamu tidak akan berhasil.

Semua pengalaman ini – dan cara kita bereaksi terhadapnya – dapat terakumulasi dan menyebabkan rendahnya harga diri seiring berjalannya waktu.

Inilah cara membangun harga diri.

Ubah cara berpikir tentang diri sendiri

Jadi, bagaimana cara meningkatkan harga diri? Mulailah dengan mengedit narasi negatif di kepalamu.

Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun Dr. Alexander mengatakan tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan harga diri selain berhenti memikirkan pikiran-pikiran negatif tersebut.

Bagaimana mengubah cara berpikir? Langkah pertama adalah mengenali pikiran-pikiran negatif ini dan mengakui apakah pikiran-pikiran itu benar-benar bermanfaat atau merugikan.

“Sering kali, orang memiliki gaya berpikir yang sangat ekstrem, dan mereka memutarbalikkan informasi serta memberikan penilaian yang sangat berbeda terhadap suatu situasi,” jelas Dr. Alexander.

Anggap saja sebagai pekerjaan detektif: temukan bukti yang menyangkal semua fakta negatif yang kamu pikirkan tentang dirimu. Alexander mengatakan bahwa dengan cara ini, kamu mengatur ulang pikiran untuk mengubah cara memandang diri sendiri.

Misalnya, jika kamu berpikir: Saya mengacaukan proyek ini, sekarang saya tidak akan pernah bisa melakukan apa pun dengan benar, maka tenangkan diri dan ajukan beberapa pertanyaan rasional seperti:

  • Apakah ada bukti yang mendukung pemikiran negatif saya?
  • Apa bukti yang menentang pemikiran negatif saya?
  • Apakah saya terlalu cepat mengambil kesimpulan negatif?

“Mengubah pemikiran adalah sebuah komponen besar. Penting untuk mengubah apa yang terulang dalam pikiran kita,” Dr. Alexander menekankan. “Kamu perlu mulai mengubah pemikiran secara sistematis.”

Baca juga: Ternyata, Menjaga Tubuh Bisa Bikin Seseorang Lebih Percaya Diri

Ubah pikiran menjadi tindakan

Jika pikiran negatif tersebut masih terus muncul, berarti kamu harus mulai mewujudkan pikiran positif. Berpikir lebih baik tentang diri sendiri saja tidaklah cukup.

“Kamu harus bertindak sebagai bagian dari pemikiran baru tersebut,” kata Dr. Alexander.

Salah satu cara yang baik untuk melakukan ini adalah dengan terlibat dengan orang lain. Banyak masalah harga diri rendah yang disebabkan oleh rasa takut orang lain tidak menerima kita. Namun mengasingkan diri tidak akan membantu.

“Jika kamu tidak memberi diri kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain, kamu tidak akan dapat melihat bahwa mungkin mereka benar-benar menikmati kebersamaan dengan mu,” kata Dr. Alexander. “Semakin banyak kamu berlatih, semakin banyak hal itu menjadi bagian dari dirimu.”

Terimalah bahwa kamu tidak sempurna

Tidak seorang pun yang pernah menjalani hidup tanpa melakukan satu kesalahan pun. Dr Alexander menjelaskan bahwa menerima kesalahan dengan anggun akan membantu harga diri kita tumbuh.

“Saya pikir salah satu bagian dari harga diri yang paling sulit dihadapi oleh banyak orang adalah belajar menerima kesalahan,” dia berbagi. “Dan juga belajar bagaimana mengatasi kesalahan tersebut.”

Hal ini dapat berasal dari kebutuhan agar segala sesuatunya berjalan sempurna. Pada kenyataannya, kesalahan pasti terjadi.

Tentu kita semua ingin sukses dan lulus dengan gemilang. Namun Dr. Alexander mencatat bahwa kita tidak boleh merasa terlalu takut akan kegagalan sehingga hal itu menghentikan untuk mencoba. Hal ini dapat menyebabkan paranoia, kecemasan, dan menutup diri dari orang lain.

Baca juga: 9 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri, Termasuk Bergaul dengan Orang Positif

Cobalah mengucapkan afirmasi positif

Terkadang, untuk mengubah cerita di kepala, kita perlu mengatakannya dengan lantang. Mengucapkan afirmasi positif kepada diri sendiri telah terbukti membantu orang meningkatkan kepercayaan diri dan membangun kebiasaan yang lebih baik.

Cobalah dan tuliskan afirmasi spesifik yang paling sesuai untukmu dan situasi yang terjadi. Ini bisa menjadi cara ampuh untuk mengubah cara berpikir kamu tentang diri sendiri.

Intinya, jika ingin percaya diri sambil tetap menerima ruang untuk berkembang, kita tidak bisa terlalu menyalahkan diri atau menganggap diri tidak mampu, kata Dr. Alexander.

“Harga diri yang sehat berarti memiliki rasa akan nilai sendiri, memiliki keyakinan pada kemampuan, namun ada juga ruang untuk berkembang dan memperbaiki kesalahan,” tambahnya.

Apakah kamu sedang berjuang dengan harga diri terkait pekerjaan, citra tubuh, atau harga diri secara umum, penting untuk berupaya menuju pandangan yang lebih positif tentang diri kita. Harga diri yang rendah dapat berkembang seiring berjalannya waktu — biasanya karena pikiran negatif. Namun untungnya, ada cara untuk mengatasinya melalui afirmasi positif dan latihan mental.

Baca juga: Lima Alasan Seseorang Kurang Percaya Diri, Termasuk karena Trauma

Leave a comment