Informasi Terpercaya Masa Kini

Ketemu Paus Fransiskus, Merry Riana: Bapa Paus Masuk ke Hati Indonesia

0 3

Kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, membuat sejumlah public figure dari Indonesia memiliki kesempatan untuk bertemu langsung pada minggu ini. Seperti halnya seorang motivator Merry Riana, bahkan sampai berlutut untuk mencium tangan Paus Fransiskus di Jakarta pada Rabu (4/9/2024).

Momen tersebut dibagikan olehnya lewat unggahan reels Instagram pribadinya. Merry Riana amat bersyukur karena bisa bertemu tokoh agama mendunia tersebut.

“Rasa syukur yang tak terhingga, hari ini saya bisa bertemu dengan Pope Francis dan menerima berkatnya ❤️❤️🙏.” tulis Merry Riana di caption reels-nya.

Dirinya juga mengatakan alasan mengapa Paus Fransiskus rela jauh-jauh datang ke Indonesia.

Kali ini Popmama.com akan membagikan informasi terkait Merry Riana ungkap alasan Paus Fransiskus datang ke Indonesia.

Simak informasinya, yuk!

1. Dunia bisa belajar dari Indonesia

Dalam unggahan reels, sebelumnya Merry Riana bertanya kepada para penontonnya mengapa Paus Fransiskus mau melakukan perjalanan panjang ke tanah air.

“Pernah nggak sih kamu berpikir, apa yang membuat Paus Fransiskus seorang pemimpin dunia, di usia 87 tahun, bersedia melakukan perjalanan terpanjang dan paling menantang dalam hidupnya? Melintasi lebih dari 40,000 kilometer, dan hadir di Indonesia. Kenapa Indonesia?” tanya Merry Riana.

Ternyata jawabannya itu sederhana saja, tetapi mendalam. Paus Fransiskus percaya seluruh dunia bisa belajar dari Indonesia.

“Paus Fransiskus selalu berbicara tentang persaudaraan, kemanusiaan, dan keberagaman. Dan Paus Fransiskus memilih Indonesia karena beliau percaya dunia bisa belajar dari Indonesia. Di saat dunia dihadapkan dengan lebih dari 27 peperangan, Indonesia berdiri sebagai bukti bahwa perbedaan bisa menjadi kekuatan, bahwa harmoni bisa terwujud dari keragaman. Dengan lebih dari 17.000 pulau, ratusan bahasa, dan berbagai budaya adalah contoh nyata dari Bhinneka Tunggal Ika. Unity in Diversity. Indonesia menunjukkan bahwa keberagaman bukanlah penghalang, melainkan kekayaan yang mempersatukan,” jelas Merry Riana.

2. Bukti Indonesia memiliki toleransi kuat

Bukan hanya dari semboyannya saja, Merry Riana juga mengungkapkan kalau Indonesia mempunyai bukti kuat terhadap toleransi antar agama. Momen tersebut diabadikannya di Gereja Katedral, yang mana berdiri berdampingan dengan Masjid Istiqlal.

“Lihat saja di tempat pertemuan ini. Persis di jendela sudut ini, kita bisa melihat bagaimana indah dan megahnya Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal berdiri kokoh berdampingan. Ini adalah simbol harmoni yang kuat dan nyata dari toleransi antar agama,” ucap Merry Riana dengan berdiri di depan jendela yang menghadap langsung ke arah Masjid Istiqlal.

Menariknya, dua bangunan untuk beribadah ini ternyata memiliki terowongan yang bisa terhubung satu sama lain. Terowongan tersebut bisa menjadi jembatan pemersatu dari adanya perbedaan agama.

“Dan nggak cuma itu saja, kalian tahu nggak, sih? Ada terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Bagi saya, ini tuh simbol yang punya makna dalam banget. Di saat semua orang sibuk membangun tembok untuk pemisah, saya berdoa semoga lebih banyak orang tergerak untuk membangun jembatan pemersatu,” sambung Merry Riana.

3. Gereja Katedral menjadi tempat yang spesial

Selain dijadikan tempat beribadah, ternyata Gereja Katedral memiliki fakta menarik, lho. Pada tahun 1928 silam, Gereja Katedral dijadikan sebagai tempat lahirnya Sumpah Pemuda.

“Nah, tempat di mana saya bertemu dengan Bapa Paus Fransiskus ini juga spesial. Karena ini adalah gedung tempat lahirnya Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Di tempat inilah Bapa Paus Fransiskus berbicara dari hati ke hati dgn generasi muda Indonesia,” ucap Merry Riana.

4. Paus Fransiskus masuk ke dalam hati Indonesia

Bukan hanya sekadar kunjungan ke Indonesia, Paus Fransiskus juga bisa masuk ke dalam hati Indonesia yang penuh dengan cinta, semangat, doa, serta harapan. Hal ini disaksikan langsung oleh Merry Riana ketika momen tersebut berlangsung.

“Ada satu momen yang sangat membekas, yang akan selalu saya kenang seumur hidup. For such a time as this, bisa menjadi saksi mata bagaimana Bapa Paus masuk ke hati Indonesia. Saat di mana beliau bukan hanya hadir, tapi sungguh-sungguh melihat, mendengarkan, memahami, dan merasakan hati Indonesia, yang di dalamnya penuh dengan cinta, semangat, doa dan harapan kami, putra putri Indonesia.

Paus Fransiskus juga menuliskan pesan dan harapannya. Kontribusi spesialnya itu menjadi potongan terakhir melengkapi karya seni hati Indonesia.

Itulah informasi terkait Merry Riana ungkap alasan Paus Fransiskus datang ke Indonesia. Semoga kita sebagai warga Indonesia bisa menyebarkan dampak positif untuk seluruh dunia, ya.

Baca juga:

  • Berkunjung ke Indonesia dan Pimpin Misa Akbar, Siapa Paus Fransiskus?
  • Jadwal Kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia 3-6 September 2024
  • Suspek Mpox Pertama Ditemukan di Palembang, Hasilnya Negatif
Leave a comment