Informasi Terpercaya Masa Kini

Terungkap! Ini Alasan Paus Fransiskus Tolak Pakai Mobil Mewah, Pilih Innova Zenix

0 4

Bisnis.com, JAKARTA – Panitia Kunjungan Paus Fransiskus mengungkap alasan mengapa Pemimpin Takhta Suci Vatikan itu menolak menggunakan mobil mewah dan memilih mobil yang merakyat saat berkunjung ke Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3 sampai 6 September 2024. Sri Paus lebih memilih mobil penumpang yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Padahal, mayoritas kepala negara pada umumnya kerap menggunakan mobil mewah hingga mobil antipeluru selama berkunjung ke negara lain. Apalagi, Paus Fransiskus bukan hanya kepala negara Vatikan, tetapi juga pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia.

Baca Juga : Sepatu Hitam Paus Fransiskus dan Transformasi Gereja Katolik

“Paus memilih mobil biasa, bukan mobil mewah, karena ia seorang yang sangat sederhana. Ia menjalankan apa yang diyakini,” ujar Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Anthonius Gregorius kepada Bisnis, Selasa (3/9/2024).

Kendati menggunakan mobil penumpang biasa, pihak TNI-Polri memastikan pengamanan berlapis untuk mengawal kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Sebanyak 4.000 personel gabungan akan dikerahkan, mulai dari TNI, Polri, Paspampres, BSSN, BNPT, BNPB, hingga Pemda.

Baca Juga : : Toyota Astra Semringah Innova Zenix Dipakai Paus Fransiskus di Jakarta

Tak hanya itu, Paus Fransiskus juga lebih memilih menumpangi pesawat komersil milik ITA Airways, maskapai penerbangan nasional Italia, menuju Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia. 

Berdasarkan pemberitaan SimplyFlying, Paus Fransiskus akan menggunakan maskapai nasional Italia, ITA Airways ke Indonesia untuk memulai Perjalanan Apostoliknya selama 12 hari. Pesawat Paus Fransiskus terbang dari Roma ke Indonesia pada 2 September 2024 menggunakan ITA A330neo sebelum melanjutkan kunjungannya ke Papua Nugini, Timor-Leste, dan Singapura.

Baca Juga : : Sosok Paus Fransiskus, dari Tukang Sapu hingga Ahli Kimia

Menurut rilis dari ITA Airways, Paus Fransiskus berangkat dari Terminal 5 Bandara Fiumicino Roma (FCO) pada pukul 17.15 waktu setempat pada 2 September, dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) pada pukul 11.30 waktu setempat keesokan harinya.

Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta melalu Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (3/9/2024). Meski hanya berkunjung selama tiga hari, jadwal Paus Fransiskus dan rombongan terbilang padat. Mulai dari bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, berkunjung ke gereja Katedral, menyambangi Masjid Istiqlal, hingga puncaknya misa Agung di Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (5/9/2024). 

Respons Toyota Astra

PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dinaungi oleh PT Astra International Tbk. (ASII) merespons positif soal Innova Zenix yang digunakan oleh Paus Fransiskus selama di Indonesia.

Marketing Director Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya sangat menghargai keputusan Paus Fransiskus yang menggunakan Kijang Innova Zenix. Pemimpin Takhta Suci Vatikan itu berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Terlebih lagi Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil produksi lokal dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih dari 80%.

“Ini menjadi rasa bangga tersendiri baik bagi kami maupun warga Indonesia, karena mobil produksi Indonesia dapat digunakan oleh beliau untuk keperluan mobilitas saat berkunjung ke Indonesia,” jelas Anton kepada Bisnis, Selasa (3/9/2024).

Anton mengatakan pihak Toyota berharap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat berjalan lancar tanpa ada halangan baik saat melakukan kegiatan ataupun saat melakukan mobilisasi dengan Kijang Innova Zenix.

Leave a comment