Informasi Terpercaya Masa Kini

Paus Fransiskus Tiba di Kedutaan Vatikan, Jakarta Pusat

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia dan langsung menuju Gedung Kedutaan Vatikan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, mobil putih dengan pelat nomor Status Civitatis Vaticanae (SCV) 1 yang membawa Paus Fransiskus masuk ke gedung kedutaan sekitar pukul 12.26 WIB.

Di lokasi, tidak terlihat keramaian warga yang menyambut langsung kedatangan Paus. Hal ini karena area tersebut telah disterilkan.

Baca juga: 545 Personel Berjaga di Kedubes Vatikan, Tempat Menginap Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Namun, beberapa menit sebelum rombongan mobil Paus tiba di depan Kedutaan Vatikan, sempat terdengar teriakan warga dari arah Stasiun Gambir.

Pesawat yang membawa rombongan Paus Fransiskus mendarat di Tanah Air sekitar pukul 11.25 WIB. Setelah diturunkan menggunakan lift khusus, Paus terlihat menerima buket bunga dari dua anak.

Mereka adalah Mary Lourdes Wicaksono Atmojo yang berusia enam tahun dan berasal dari Jakarta Pusat. Kemudian, Irfan Wael berusia 12 tahun dari Kabupaten Buru, Maluku.

Paus Fransiskus juga disambut langsung oleh sejumlah menteri dan perwakilan, antara lain, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistiyanto dan Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono.

Selain itu, hadir pula menyambut kedatangan Paus, Uskup Agung Jakarta Kardinal Suharyo.

Ada pula Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunyamin, Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia Uskup Piero Pioppo, Sekretaris Kedutaan Tahta Suci Vatikan Pastur Michael Andrew Pawlowicsz, dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan.

Selama lawatannya ke Tanah Air, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma itu dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo, bertandang ke Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, serta memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya di hadapan lebih dari 80.000 umat Katolik dari berbagai penjuru.

Baca juga: Bunga Bermakna Bhinneka Tunggal Ika dari Anak Indonesia untuk Paus Fransiskus

Kehadiran Paus kelahiran Argentina itu di Indonesia merupakan bagian dari kunjungan apostolik Paus di Asia dan Pasifik.

Kunjungan ini sebetulnya diagendakan pada 2020, tetapi tertunda karena pandemi Covid-19.

Leave a comment