Informasi Terpercaya Masa Kini

Memandang Lukisan Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia…

0 3

JAKARTA, KOMPAS. com – Lukisan karya Denny JA yang menggambarkan Paus Fransiskus mencuci kaki rakyat Indonesia dipamerkan di pameran Festival Toleransi 2024 yang diadakan di Galeri Nasional, Jakarta Pusat.

Salah satu dari 10 lukisan Denny ini dipajang di bagian depan pameran, tepatnya di booth milik Esoterika Forum Spritualitas, yaitu lukisan yang diberi nama “Paus Mencuci Kaki Rakyat Indonesia, Call on Service (2)”.

“Saya gambarkan Paus datang ke Indonesia, mencuci kaki rakyat Indonesia tapi untuk kanvas ini, dia mencuci kaki orang Hindu,” ujar Denny JA saat ditemui di Galeri Nasional, Jakarta Pusat pada Senin (2/9/2024). 

Baca juga: Polisi Siapkan 9 Kantong Parkir untuk 1.390 Bus Peserta Misa Agung Paus Fransiskus

Dalam lukisan yang dicetak pada kanvas ukuran 2×2 meter ini, Paus Fransiskus terlihat tengah berlutut untuk membasuh seorang pria berkulit sawo matang. Pria ini terlihat memakai penutup kepala yang biasa dipakai dalam acara keagamaan umat Hindu.

Tapi, ikat kepala ini bercorak batik dan berwarna coklat. Beda dari yang biasanya dipakai, yaitu putih. Sosok yang melambangkan rakyat Indonesia ini juga digambarkan menggunakan kemeja dan celana batik dengan corak warna-warni.

Denny mengatakan, lukisan ini terinspirasi dari pengabdian dan keberpihakan Paus Fransiskus pada rakyat kecil.

“Dia melayani bukan dilayani. Dan kedua, dia pro pada keberagaman. Bahkan dia pro kepada rakyat yang bukan Katolik,” lanjut Denny. 

Baca juga: Selamat Datang Paus Fransiskus di Indonesia, Membawa Pesan Perdamaian

Untuk ikut memeriahkan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, Denny membuat 10 karya yang bernapaskan keberagaman dan toleransi. Secara khusus, ada lima lukisan dengan Paus Fransiskus sebagai objek.

Dalam karyanya, Denny JA menggambarkan Paus Fransiskus bertemu dengan sejumlah tokoh dari masyarakat kecil. Mulai dari kaum disabilitas, perempuan, hingga anak-anak. Latar yang digambarkan beragam. Ada yang berada di masjid dan juga di halaman gereja.

Lukisan-lukisan ini Denny buat dengan bantuan artificial intelligence atau AI. Kendati demikian, Denny masih melakukan beberapa kali penyesuaian untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Patut diketahui, Festival Toleransi 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 September 2024 di Galeri Nasional, Jakarta Pusat. Pameran dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali. 

Baca juga: Kemendikbud Gandeng Komunitas Gagasan Paus Fransiskus, Asah Kebinekaan Global Siswa

Dalam festival ini diisi oleh sejumlah perwakilan umat beragama di Indonesia.

Mereka yang mengisi bazar antara lain: Esoterika Forum Spritualitas, ICRP, Jemaat Ahmadiyah Indonesia, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia, Baha’i, Majelis Buddhayana Indonesia.

Kemudian ada perkumpulan dari Hindu Peradah, Sikh, Paguyuban Cinta Tanah Air Kalacakra, dan Alumni SMA Jakarta Bersatu.

Leave a comment