Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Penyebab Freezer Bocor dan Cara Mengatasinya

0 4

JAKARTA, KOMPAS.com Freezer dalam kondisi tertentu dapat mengalami kerusakan yang menyebabkannya tidak berfungsi optimal membekukan berbagai makanan.  

Ada sejumlah penyebab freezer rusak, salah satunya kebocoran yang tidak segera ditangani. Kebocoran ini dapat menyebabkan genangan air di dalam freezer. 

Untungnya, cara mengatasi freezer bocor ini mudah diatasi, tapi bisa berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya. Maka itu, mencari terlebih dulu akar masalahnya sebelum mengatasinya. 

Dikutip dari Mr. Appliance, Sabtu (24/8/2024), berikut beberapa penyebab freezer bocor dan cara mengatasinya.

Makanan tidak disimpan dengan benar

Kabar baiknya, tidak semua freezer bocor memerlukan perbaikan besar. Bisa saja penyebab freezer bocor adalah makanan yang tidak disimpan dengan bena. 

Jika sebagian besar makanan yang disimpan di freezer mengandung banyak air, jumlah kondensasi di bagian dalamnya dapat meningkat.

Tak hanya itu, jika banyak makanan yang diletakkan di dinding belakang freezer, air dapat mulai terbentuk di bagian belakangnya. Hal ini dapat menyebabkan air menumpuk, mengalir ke bawah dinding freezer dan bocor keluar.

Cara memperbaiki: Masalah ini bisa diatasi dengan cukup mudah. Kamu hanya perlu mengatur ulang makanan dan minuman yang disimpan di dalam freezer untuk mencegah terbentuknya kelembapan di dalamnya.

Terlalu banyak mencairkan es

Selanjutnya, penyebab freezer bocor adalah terlalu banyak mencairkan es. Mencairkan es yang terbentuk di dalam freezer biasa dilakukan untuk mencegah penumpukan es. Namun, semua air yang dihasilkan dari pencairan itu harus dibuang ke suatu tempat.

Jika kmencairkan terlalu banyak es dalam freezer, air yang dihasilkan pun semakin banyak. Walhasil, air tersebut dapat menyebabkan freezer bocor.

Cara memperbaikinya: Sebaiknya, letakkan handuk di bawah freezer setiap kali mencairkan es untuk menyerap air yang menggenang di bawah kulkas.

Baca juga: Tips Menata Freezer untuk Mengurangi Kekacauan

Segel pintu rusak

Penyebab freezer bocor berikutnya adalah segel pintu yang rusak. Segel karet di sekitar tepi pintu kulkas berfungsi mencegah udara hangat masuk ke dalamnya.

Jika segel rusak, udara hangat akan terperangkap di dalam dan menyebabkan semua yang ada di dalam freezer mencair.

Inti masalahnya adalah air dari freezer perlu tempat untuk menampungnya. Jika segelnya rusak, air pun akan menggenang di bawah kulkas.

Cara memperbaikinya: Pertama, coba bersihkan segel pintu freezer dengan kain lembut dan air sabun. Jika tidak berhasil, mungkin sudah saatnya mengganti segelnya.

Baca juga: 5 Cara Mencairkan Bunga Es di Freezer, Bikin Lebih Dingin

Lubang pembuangan tersumbat

Lubang pembuangan yang tersumbat juga bisa menjadi penyebab freezer bocor. Perangkat ini terletak di bagian belakang kulkas dan berfungsi mengeluarkan air.

Seiring berjalannya waktu, saluran tersebut dapat tersumbat makanan, kotoran, dan minyak. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan kebocoran.

Cara memperbaikinya: Siapkan spuit dan isi dengan air hangat. Masukkan ujungnya ke dalam lubang pembuangan, lalu keluarkan air dari spuit. Cara ini akan membantu menghilangkan es dari saluran pembuangan. Kemudian, cuci wadah pembuangan dengan air sabun dan spons. Pastikan membilasnya secara menyeluruh dengan air.

Baca juga: 7 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer, Ini Alasannya

Kontrol suhu yang rusak

Terakhir, penyebab freezer bocor adalah kontrol suhu yang rusak. Kontrol suhu berfungsi menjaga makanan di dalam freezer tetap dingin.

Jika freezer terlalu hangat, kebocoran bisa saja terjadi.

Cara memperbaikinya: Carilah pengatur suhu pada freezer untuk melihat apakah suhunya sudah tepat. Disarankan  mengaturnya pada suhu -18 derjata Celsius. 

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi freezer bocor, mungkin ada kerusakan lebih lanjut. Kamu bisa menghubungi profesional untuk penanganan lebih tepat.

Leave a comment