Informasi Terpercaya Masa Kini

Simak Urutan Skincare di Pagi Hari yang Bisa Kamu Ikuti!

0 3

Memakai skincare menjadi sebuah ritual wajib untuk hampir semua orang. Kegiatan yang satu ini tidak hanya menjadi rutinitas untuk menjaga kesehatan kulit, melainkan sekaligus momen ‘me-time’ yang sederhana namun bermanfaat!

Salah satu waktu yang paling krusial untuk memakai skincare yakni di pagi hari. Sebelum memulai aktivitas dengan berbagai kegiatan baik di luar maupun dalam rumah, kamu tetap perlu menggunakan skincare, Cosmo Babes.

Melansir dari Dermstore, urutan rutinitas skincare memiliki peran yang penting. Rutinitas perawatan kulit yang konsisten tidak harus selalu rumit, namun harus mencakup dasar-dasarnya dan diterapkan dalam urutan yang tepat.

Untuk di pagi hari, kamu bisa memakai skincare setelah mandi. Well, seperti apa urutan skincare di pagi hari yang tepat? Berikut Cosmo telah merangkumnya untuk kamu.

Let’s get ready with us, Cosmo Babes!

1. Cleansing

Urutan skincare di pagi hari yang pertama yakni tahapan cleansing atau membersihkan kulit wajah.

Meskipun di malam sebelumnya kamu hanya tidur, namun tetap ada kemungkinan bahwa kotoran, keringat, debu, hingga sisa skincare masih tertinggal di kulit wajah, Cosmo Babes.

Kamu harus membersihkan kulit wajah menggunakan facial wash atau facial foam sesuai dengan kebutuhan kulit. Lakukan dengan gerakan lembut dan jangan menggosok wajah terlalu keras untuk menghindari iritasi hingga keriput di kulit wajah.

Selain itu, kulit wajah yang bersih akan membuat produk skincare selanjutnya mudah menyerap dan bekerja secara maksimal~

2. Mengusapkan Toner

Setelah membersihkan kulit wajah, kamu bisa melanjutkan tahapan penggunaan skincare dengan mengusapkan toner. 

Produk skincare yang satu ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH di kulit, membuat kulit terasa segar dan terhidrasi, hingga ‘menyiapkan’ kulit kamu agar bisa menyerap produk skincare selanjutnya.

Penggunaan toner sendiri dapat dilakukan dengan menuangkannya ke telapak tangan kemudian diaplikasikan ke kulit wajah dan ditepuk-tepuk secara lembut hingga menyerap, atau tuangkan toner ke kapas dan usapkan ke kulit wajah secara merata dengan lembut.

3. Mengaplikasikan Serum

Step selanjutnya yakni mengaplikasikan serum! Sebelum mengaplikasikannya, pastikan untuk memilih produk serum yang sesuai dengan permasalahan kulit kamu, ya. 

Selain itu, kamu perlu memperhatikan bahwa ada beberapa kandungan dalam serum yang sebaiknya tidak kamu gunakan di pagi hari karena bisa memicu iritasi jika terpapar sinar matahari langsung.

Kamu bisa memilih serum yang berfungsi untuk mencerahkan, mengatasi jerawat, menghidrasi, atau yang lainnya. Tuangkan serum secukupnya ke telapak tangan, lalu usapkan secara merata dengan lembut ke kulit wajah~

4. Eye Cream

Urutan pemakaian skincare di pagi hari yang juga tak boleh kamu lewatkan yakni eye cream

Melansir dari Skinician, eye cream diformulasikan khusus untuk area mata yang halus. Formulanya lebih ringan dibandingkan pelembab wajah atau moisturizer pada umumnya sehingga lebih mudah diserap.

Eye cream juga mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah tertentu seperti penuaan atau bengkak. 

5. Mengoleskan Moisturizer

Well, beberapa dari kamu mungkin merasa tidak perlu menggunakan moisturizer. Namun, produk skincare yang satu ini diperlukan oleh semua jenis kulit, bahkan pemilik kulit berminyak sekalipun!

Penggunaan moisturizer membantu mengunci hidrasi dan menjaga kulit kamu agar terasa lembut dan kenyal sepanjang hari. Jangan lupa untuk memilih produk moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit, agar kamu tetap nyaman saat mengaplikasikannya.

Misalnya seperti moisturizer bertekstur krim untuk pemilik kulit kering, atau moisturizer bertekstur gel untuk pemilik kulit berminyak.

6. Tutup dengan Sunscreen

Untuk final step urutan skincare di pagi hari, kamu tidak boleh melewatkan penggunaan tabir surya atau sunscreen.

Produk skincare yang satu ini wajib kamu gunakan saat beraktivitas di luar maupun dalam rumah, Cosmo Babes.

Sunscreen sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Selain itu, sunscreen bisa melindungi kulit dari risiko terkena kanker kulit, bintik hitam, kulit keriput, hingga penuaan dini.

Leave a comment