Informasi Terpercaya Masa Kini

H-60 Menuju Tanah Suci

0 4

Haji dan umroh adalah perjalanan mengunjungi Baitullah, yang menjadi rumah pertama yang Allah jadikan sebagai tempat ibadah bagi manusia. Allah telah berfirman,

“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia”.

Ini adalah perjalanan yang sangat menakjubkan. Sebuah ritual mengunjungi rumah Allah (Baitullah) Ka’bah yang telah dibangun untuk menjadi rumah ibadah pertama di muka bumi.

Di dalam kitab tafsirnya, Syaikh As-Sa’di menjelaskan, Allah memberitakan tentang keagungan Baitul Haram, bahwa itu adalah rumah yang pertama di bangun oleh Allah di bumi untuk beribadah kepadanya dan menegakan dzikr kepadaNya.

“Di dalamnya ada keberkahan, berbagai bentuk hidayah, berbagai macam kemaslahatan dan manfaat yang begitu besar untuk alam semesta dan keutamaan yang melimpah. Di sana juga ada tanda-tanda yang jelas yang mengingatkan kepada maqam Ibrahim dan perpindahannya dalam melaksanakan haji dan setelahnya”.

“Juga mengingatkan kepada maqam-maqam penghulu para rasul dan pemimpin mereka, dan padanya ada ketenangan dimana bila seseorang memasukinya, niscaya akan merasa aman lagi tentram, serta beriman secara syariat maupun agama”.

Allah mewajibkan para hamba mukalaf yang mampu melakukan perjalanan untuk menunaikan haji dan umroh. “Yaitu orang-orang yang mampu sampai ke Baitulah dengan mengendarai kendaraan apa pun yang sesuai denganya dan perbekalan yang harus disiapkannya”, ujar Syaikh Sa’di.

Karena itulah Allah berfirman dengan lafadz tersebut yang memungkinkannya untuk mengendarai segala bentuk kendaraan modern yang akan muncul di kemudian hari. Pada zaman dahulu, alat transportasi sangat sederhana.

Di zaman sekarang, manusia memiliki sangat banyak cara untuk “mampu” mengadakan perjalanan ke Baitullah –hampir tanpa kesulitan yang berarti.

“Inilah ayat-ayat Al-Qur’an, di mana hukum-hukumya relavan untuk setiap waktu dan kondisi yang mana tanpanya suatu perkara tidak akan baik secara sempurna. Barangsiapa yang tunduk patuh kepadaNya dan menunaikan perintahNya, maka dia termasuk di antara orang-orang yang diberi petunjuk lagi beriman”, lanjut Syaikh As-Sa’di.

Mari berjuang dengan sepenuh kesungguhan, berusaha dengan sepenuh kekuatan, untuk bisa menjalankan umroh ke tanah suci. Karena kita tidak tahu sampai kapan umur, kesempatan dan kesehatan masih Allah berikan.

Hari ini, Sabtu 31 Agustus 2024, adalah H-60 dari program “70 Hari Menuju Tanah Suci”. Dengan niat yang suci, semoga Allah mudahkan kita beribadah ke tanah suci. Semoga Allah mudahkan kita menjemput ampunan dan rahmat Allah, melalui ibadah umroh.

Bismillah.

Leave a comment