Informasi Terpercaya Masa Kini

Selandia Baru Berduka atas Kematian Raja Maori, Mangkat dalam Usia 69 Tahun

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Penghormatan mengalir pada Jumat 30 Agustus 2024 setelah kematian Raja Suku Maori di Selandia Baru, hanya beberapa hari setelah merayakan ulang tahun ke-18 penobatannya.

Kiingi Tuheitia Pootatau Te Wherowhero VII meninggal dengan tenang pada Jumat pagi dikelilingi oleh keluarga, kata seorang juru bicara. Raja Maori itu menghembuskan nafas dalam usia 69 tahun saat dirawat di rumah sakit untuk memulihkan diri dari operasi jantung.

“Meninggalnya Kiingi Tuheitia merupakan momen kesedihan yang luar biasa bagi para pengikut Te Kiingitanga, Maaoridom dan seluruh bangsa,” tambah juru bicara tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Seorang pemimpin yang telah melampaui batas yang lebih jauh. Beristirahatlah dalam cinta.”

Perdana Menteri Christopher Luxon memimpin penghormatan tersebut.

“Hari ini, kami berduka atas hilangnya Kiingi Tuheitia,” kata Luxon dalam sebuah pernyataan dari Tonga, saat dia menghadiri Forum Kepulauan Pasifik.

“Komitmennya yang tak tergoyahkan terhadap rakyatnya dan upayanya yang tak kenal lelah untuk menjunjung tinggi nilai-nilai dan tradisi Kiingitanga telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan bagi bangsa kita.

“Saya akan mengingat dedikasinya terhadap Aotearoa Selandia Baru, komitmennya terhadap mokopuna (kaum muda), kecintaannya terhadap teh ao Maori, dan visinya untuk masa depan di mana semua orang diperlakukan dengan bermartabat dan hormat.”

Mantan Perdana Menteri Jacinda Ardern memuji mendiang raja Maori dalam sebuah postingan di Instagram.

“Anda telah menjadi pendukung Maori, demi keadilan, keadilan, dan kemakmuran. Anda ingin anak-anak, remaja, dan mereka yang tertinggal memiliki peluang dan harapan.

“Anda bekerja tanpa lelah untuk membangun pemahaman dan pengetahuan tentang sejarah kita bersama dan dengan demikian memperkuat Aotearoa. Dan di antara semua itu, Anda membuat semua orang merasa diterima — termasuk saya. Semoga Anda tenang di sana.”

Kiingitanga – gerakan Raja Maori – didirikan pada 1858 dengan tujuan menyatukan Masyarakat Adat Maori Selandia Baru di bawah satu kedaulatan.

Kiingi Tuheitia adalah raja Kiingitanga ketujuh.

Suku Maori diyakini berasal dari pulau-pulau di sekitar Tahiti modern, dan saat ini berjumlah sekitar 17 persen dari populasi Selandia Baru, atau sekitar 900.000 jiwa.

Kedatangan orang Eropa ke Selandia Baru pada 1642 membawa kolonisasi, diskriminasi anti-Maori, dan peperangan yang akhirnya dihentikan melalui Perjanjian Waitangi pada 1840.

Perjanjian tersebut, yang ditandatangani antara Inggris dan ratusan kepala suku Maori, dipandang sebagai dokumen pendirian Selandia Baru dan menetapkan kendali Inggris atas negara tersebut.

Raja Inggris Raja Charles III adalah kepala negara Selandia Baru.

Pilihan Editor: Perjalanan Panjang Selandia Baru untuk Rayakan Libur Nasional Matariki

REUTERS

Leave a comment