Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Merawat Rambut Rontok Agar Tidak Bertambah Parah!

0 2

Rambut rontok merupakan masalah rambut paling umum yang kerap dijumpai dan dialami oleh sebagian besar orang. 

Well, rambut rontok sendiri bisa disebabkan karena berbagai macam faktor seperti faktor usia, genetik, penggunaan produk-produk perawatan rambut yang tidak cocok, kurang asupan nutrisi tertentu, dan masih banyak lagi.

Meskipun rambut secara alami akan bertumbuh kembali, namun kerontokan rambut yang sudah parah akan membuatnya kian menipis setiap harinya. Worst case, kamu bisa mengalami kebotakan!

Tak perlu panik, Cosmo Babes. Berikut ini Cosmo telah merangkum deretan cara merawat rambut rontok agar tidak bertambah parah dan bisa kamu coba terapkan!

Menjaga Pola Makan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut rontok agar tidak bertambah parah yaitu dengan menjaga pola makan. Hal tersebut karena perubahan pola makan berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan rambut, Cosmo Babes.

Melansir dari Medical News Today, kamu bisa mulai dengan mengonsumsi lebih banyak protein. Karena menurut sebuah studi pada tahun 2017, orang-orang yang mengalami kerontokan rambut diketahui memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah.

Selain itu, kamu perlu memperhatikan pola diet jika sedang menjalaninya, dan sebisa mungkin menghindari diet yang terlalu ketat. 

Seperti misalnya, diet yang sangat rendah kalori dapat menghilangkan nutrisi penting bagi tubuh, termasuk nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan rambut, seperti protein, asam lemak, dan zat besi. 

Menurut tinjauan literatur tahun 2019, rambut rontok dapat terjadi pada orang yang kehilangan massa sel tubuh akibat penurunan berat badan akibat diet rendah kalori.  

Konsumsi Suplemen Multivitamin

Selain memperhatikan pola makan, kamu bisa mulai konsumsi suplemen multivitamin agar rambut rontok tidak semakin parah. Berdasarkan penelitian, suplemen multivitamin bisa membantu mencegah rambut rontok, lho. Mulai dari Vitamin A, Vitamin B, Vitamin D, Zinc, dan lainnya.

Namun, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk konsumsi suplemen multivitamin. Hal tersebut karena kondisi kesehatan masing-masing serta asupan vitamin yang dibutuhkan setiap orang akan berbeda-beda~

Memijat Kulit Kepala

Believe it or not, memijat kulit kepala menjadi cara lainnya untuk merawat rambut rontok agar tidak bertambah parah!

Melansir dari Healthline, cara yang satu ini termasuk mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya apapun. Saat keramas atau mencuci rambut, kamu bisa memberikan tekanan lembut menggunakan ujung jari di sekitar kulit kepala untuk mendorong aliran darah.

Gunakan Essential Oil

Cara lainnya untuk merawat rambut rontok agar tidak bertambah parah yaitu dengan menggunakan essential oil

FYI, essential oil merupakan cairan yang berasal dari tumbuhan tertentu, dan terutama digunakan dalam aromaterapi dan jenis pengobatan alternatif lainnya.

Melansir dari Healthline, essential oil seperti lavender oil telah berhasil digunakan oleh beberapa orang untuk mengatasi kebotakan. Lavender sering kali dipadukan dengan essential oil lain, seperti oil yang terbuat dari rosemary dan thyme.

Jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan untuk menguji terlebih dahulu dengan menggunakan sedikit essential oil. Lalu cek apakah ada reaksi yang timbul seperti Kemerahan, iritasi, gatal-gatal, atau ruam yang dapat mengindikasikan reaksi alergi.

Tidak hanya itu saja, sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mulai menggunakan essential oil, Cosmo Babes~

Hindari Stres

Well, tahukah kamu bahwa stres ternyata menjadi salah satu penyebab rambut rontok? Jika kamu tak ingin rambut rontok menjadi semakin parah, maka kamu harus bisa menghindari stres atau mengelola stres dengan bijak.

Melansir dari Health, kesehatan emosional dan fisik dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Ada suatu kondisi bernama effluvium telogen yakni kerontokan rambut yang sering kali disebabkan oleh stres emosional dan fisik. 

Effluvium telogen biasanya hilang dalam waktu enam sampai delapan bulan tetapi bisa kembali lagi. Belajar mengelola stres emosional dapat membantu mengurangi kerontokan dan penipisan rambut jenis yang satu ini.

Be Gentle with Your Hair!

Last but not least, be gentle with your hair! Dalam kondisi rambut yang sudah mengalami kerontokan, kamu perlu ekstra hati-hati dan bersikap lembut dalam merawat rambut rontok agar tidak semakin parah.

Kamu bisa dengan mudah merusak rambut yang sudah ‘rapuh’ tersebut bahkan hanya dengan tidak sengaja menariknya atau menggunakan produk-produk perawatan rambut berbahan kimia yang terlalu keras.

Untuk melindungi dan merawat rambut rontok, kamu bisa mengaplikasikan conditioner setelah keramas menggunakan shampoo, hindari mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang, jangan menarik rambut menggunakan jemari, serta sisir rambut perlahan dengan lembut.

Leave a comment