Informasi Terpercaya Masa Kini

Kata Media Negara Tetangga soal Penggunaan Jet Pribadi Kaesang

0 7

KOMPAS.com – Sejumlah media negara tetangga menyoroti jet pribadi yang diduga digunakan Kaesang Pangarep saat terbang ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya, Erina Gudono.

Penggunaan jet pribadi oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sempat mendapat sorotan warganet di media sosial X (Twitter).

Hal itu diketahui setelah Erina mengunggah story Instagram yang menunjukkan jendela pesawat jet pribadi.

Warganet pun mempertanyakan sumber keuangan Kaesang untuk membayar biaya sewa jet pribadi yang disebut mencapai Rp 8,7 miliar itu.

Belakangan, muncul dugaan bahwa jet pribadi itu milik perusahaan game online, Garena yang berada di bawah naungan perusahaan Singapura, Sea Limited.

Hingga Rabu (28/8/2024), Kaesang belum juga buka suara terkait hal tersebut. Namun, penggunaan jet pribadi ini pun telah mendapat perhatian media negara tetangga.

Baca juga: Kata Bea Cukai soal Kaesang-Erina Turun Jet Pribadi Bawa Barang Belanjaan Tanpa Diperiksa

The Straits Times

Media berbahasa Inggris yang berbasis di Singapura, The Straits Times menyinggung soal jet pribadi yang digunakan Kaesang dalam artikel berjudul, “Jokowi’s younger son disqualified from November elections, draws flak for US trip amid protests”. 

Dalam artikel yang tayang pada Senin (26/8/2024) itu, The Straits Times menuliskan, jet pribadi yang digunakan Kaesang dan Erina adalah jenis Gulfstream G650ER yang diduga milik Garena, perusahaan game berbasis di Singapura.

Pemeriksaan di laman Administrasi Penerbangan Federal AS menunjukkan, pesawat tersebut saat ini dimiliki oleh wali amanat Bank of Utah.

Catatan di situs penerbangan RZJets menunjukkan status pengiriman pesawat mencatat bahwa jet itu awalnya dikirim ke Garena pada 15 Juli 2021.

Jet tersebut kemudian dibeli oleh Bank of Utah pada 29 Desember 2022.

The Straits Times mengaku sudah menghubungi Sea Limited untuk mengonfirmasi dugaan gratifikasi perusahaan Sea Limited kepada Kaesang. Namun, perusahaan itu belum memberikan komentar.

Selain menyoroti penggunaan jet pribadi Kaesang dan Erina, media Singapura itu juga menyinggung gaya hidup mewah pasangan tersebut.

Baca juga: Sosok Diduga Kaesang dan Erina Bawa Barang dari Jet Pribadi Tidak Diperiksa, Ini Kata Bea Cukai

The Star

The Star juga turut mewartakan penggunaan pesawat jet Kaesang dan Erina melalui artikel berjudul “Jokowi’s younger son disqualified from November elections, draws flak for US trip amid protests” yang tayang pada Selasa (27/8/2024).

Seperti The Straits Times, media berbasis di Malaysia juga memberitakan pesawat jet Gulfstream G650ER digunakan Kaesang dan Erina untuk pergi ke Amerika Serikat guna mengunjungi Universitas Pennsylvania, tempat istrinya mengambil gelar master.

Penggunaan jet pribadi itu segera menjadi salah satu topik paling banyak dibicarakan di Indonesia.

The Star juga ikut menyinggung kepemilikan jet pribadi tersebut yang diduga terkait Garena, perusahaan game dari Sea Limited yang berkantor pusat di SIngapura.

Selain jet pribadi, publik pun menyoroti gaya hidup Erina yang membagikan foto roti dengan harga Rp 400.000.

Baca juga: Mengenal Gulfstream G650, Pesawat Jet Mewah dengan Segudang Teknologi Canggih

Leave a comment