Informasi Terpercaya Masa Kini

Fitur AI di Google Photos Kini Gratis untuk Android dan iOS

0 7

KOMPAS.com – Google Photos memiliki sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan generatif (Generative AI) untuk mengedit, memanipulasi, atau meningkatkan kualitas foto menjadi bagus dan enak dipandang. 

Sejak awal diperkenalkan, fitur ini hanya hadir di sejumlah ponsel buatan Google dari seri Pixel dan ponsel seri Galaxy dari Samsung saja. Namun per awal Agustus ini, fitur Generative AI di Google Photos kini bisa dinikmati gratis oleh seluruh pengguna Android dan iOS, apapun tipe ponsel mereka.

Hal ini disampaikan Google melalui sebuah informasi yang dirilis di blog resmi mereka. Dalam informasi itu, disebutkan ada sekitar empat fitur Generative AI Google Photos yang kini bisa digunakan gratis di Android dan iOS.

Keempat fitur tersebut adalah Magic Eraser, Magic Editor, Photo Unblur, dan Portrait Light. 

Baca juga: AI Apple Intelligence Ternyata Dilatih dengan Chip Bikinan Google

Magic Eraser dan Magic Editor sederhananya memiliki fungsi yang sama, yaitu menghapus obyek tak penting yang ada di dalam foto. Sehingga, foto akan terlihat bersih dari berbagai obyek yang tak diinginkan. 

Meski demikian, Magic Editor bisa menghapus obyek yang lebih banyak dan kompleks dibanding Magic Eraser, dan fitur tersebut juga bisa memanipulasi kondisi lingkungan hingga warna langit. 

Photo Unblur merupakan fitur yang bisa menghilangkan efek buram (bokeh) pada foto Portrait, sedangkan Portrait Light bisa meningkatkan efek dan intensitas cahaya pada foto Portrait. 

Sudah bisa digunakan 

Pantauan KompasTekno, Jumat (2/8/2024 pagi, keempat fitur Generative AI di atas sudah bisa ditemui di aplikasi Google Photos di ponsel Android yang bukan berasal dari Google Pixel atau Samsung Galaxy (kami menggunakan Asus ROG Phone 8).

Fitur sunting foto menggunakan AI di Google Photos bisa ditemui di tombol “Edit” yang terletak di sebelah kiri bawah ketika pengguna melihat sebuah foto.

Untuk mengakses Magic Editor, pengguna cukup mengeklik ikon “gambar” berwarna ungu yang terletak di pojok kiri bawah, setelah mereka menekan tombol Edit tadi. Sementara itu, fitur Magic Eraser, Portrait Light, dan Photo Unblur tersedia dalam menu “Tools”. 

Setelah salah satu fitur dipilih, pengguna bisa langsung melakukan penyuntingan foto sesuai dengan fungsi fitur dan instruksi yang ada. Untuk Magic Eraser, misalnya, pengguna hanya perlu melingkari obyek yang ingin dihapus. 

Baca juga: AI Google Sabet Medali Perak di Olimpiade Matematika Internasional

Nah, untuk menjajal empat fitur Generative AI di Google Photos secara gratis seperti disebutkan di atas, pengguna cukup mengunduh aplikasi tersebut di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Pengguna ponsel Android biasanya sudah memiliki aplikasi Google Photos yang terpasang secara bawaan (default) di perangkat mereka, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Jumat (2/8/2024).

Namun, jika fitur macam Magic Eraser hingga Magic Editor tadi belum bisa ditemui di dalam aplikasi, maka pengguna Android bisa memperbarui aplikasi Google Photos ke versi terbaru melalui toko aplikasi Play Store.

Leave a comment