Informasi Terpercaya Masa Kini

Elon Musk dan Reaksi atas Penangkapan Pavel Durov, CEO Telegram

0 8

TEMPO.CO, Jakarta – CEO dan pendiri aplikasi media sosial terenkripsi, Telegram, Pavel Durov, ditangkap pada 24 Agustus di bandara Le Bourget dekat Paris saat ia akan berangkat dengan jet pribadinya. Penangkapan Durov memicu perdebatan sengit di mana sebagian besar influencer menganggapnya sebagai serangan terhadap kebebasan berbicara. Sebuah tagar #FreeDurov muncul di X.

Berikut reaksi dari beberapa sosok publik tentang penangkapan Durov:

Elon Musk

Elon Musk, maestro teknologi asal Amerika Serikat yang juga pemilik X (sebelumnya bernama Twitter), dengan cepat bereaksi atas berita tersebut di platform media sosialnya. Musk memposting pesan Grok dari akun resmi X, dengan judul sarkastik, “Lihatlah iklan Amandemen Pertama ini. Ini sangat meyakinkan.” Postingan tersebut merinci penangkapan Durov, menyoroti investigasi yang sedang berlangsung terhadap praktik moderasi Telegram.

Musk tidak berhenti sampai di situ. Dia menindaklanjuti dengan membagikan ulang postingan dari akun OSINTdefender, dengan menambahkan keterangannya sendiri: “SUDUT PANDANG: Ini tahun 2030 di Eropa dan Anda dieksekusi karena menyukai meme.”

Komentar ini menggarisbawahi kekhawatiran Musk tentang masa depan kebebasan berbicara di Eropa, yang mengisyaratkan skenario distopia di mana aktivitas online yang paling tidak berbahaya sekalipun dapat menyebabkan konsekuensi yang parah.

Komentar Musk telah menghidupkan kembali perdebatan mengenai keseimbangan antara kebebasan berbicara dan moderasi konten, dengan pernyataannya yang menarik perhatian pada apa yang dia lihat sebagai ancaman yang semakin meningkat terhadap kebebasan individu di Eropa.

Edward Snowden

Edward Snowden, mantan pembocor NSA, telah mengkritik penangkapan Pendiri Telegram, Pavel Durov, dan menyebutnya sebagai “serangan terhadap hak asasi manusia untuk berbicara dan berserikat.” Snowden, yang diberikan kewarganegaraan Rusia tahun lalu, mengungkapkan pandangannya di X (sebelumnya Twitter), dan menyatakan bahwa penangkapan tersebut menodai reputasi global Prancis.

“Penangkapan @Durov merupakan serangan terhadap hak asasi manusia untuk berbicara dan berserikat. Saya terkejut dan sangat sedih karena (Presiden Prancis Emmanuel) Macron telah turun ke tingkat penyanderaan sebagai cara untuk mendapatkan akses ke komunikasi pribadi. Hal ini tidak hanya merendahkan Prancis, tapi juga dunia,” tulis Snowden.

Tucker Carlson

Jurnalis AS, Tucker Carlson, menanggapi penangkapan Durov, menuduh pemerintah dan badan-badan intelijen telah “menyensor kebenaran.” Carlson mewawancarai Durov pada April lalu.

“Pada akhirnya, bukan Putin yang menangkapnya karena mengizinkan publik untuk menikmati kebebasan berbicara. Negara Barat, sekutu pemerintahan Biden dan anggota NATO yang antusias, yang menangkapnya. Pavel Durov kini mendekam di penjara Prancis, sebuah peringatan hidup bagi setiap pemilik platform yang menolak menyensor kebenaran atas perintah pemerintah dan badan intelijen. Kegelapan dengan cepat turun ke dunia yang tadinya bebas,” tulis sang jurnalis.

Robert F. Kennedy Jr.

Mantan kandidat presiden AS Robert F. Kennedy Jr. mencuit di Twitter: “Prancis baru saja menangkap Pavel Durov, pendiri dan CEO platform Telegram yang terenkripsi dan tidak disensor. Kebutuhan untuk melindungi kebebasan berbicara tidak pernah lebih mendesak.”

Naomi Seibt

Naomi Seibt, seorang aktivis politik konservatif Jerman, yang dijuluki anti-Greta oleh Washington Post, menuduh di X: “Menurut Anda, mengapa mereka baru saja menangkap pemilik Telegram, Pavel Durov? Ini adalah uji coba. Mereka sedang membuat sebuah preseden. Target utama mereka adalah Elon Musk.”

Candace Owens

Candace Owens, seorang presenter televisi konservatif Afrika-Amerika, menulis di X: “Masalah dengan kebebasan berbicara adalah bahwa mereka melarang media untuk mengatur narasi. Dulu mereka bisa menyajikan pembenaran atas perang di negeri yang jauh kepada Anda. Sekarang Anda dapat melihat kenyataan dari apa yang mereka lakukan. Inilah mengapa Pavel Durov ditangkap – karena iblis-iblis itu kehilangan kendali.”

Robin Monotti

Produser film Italia, Robin Monotti, berkomentar tentang X: “Pavel Durov terancam hukuman 20 tahun penjara di penjara bawah tanah Macron karena menolak menyensor konten atas nama oligarki globalis dan mesin perang mereka.”

TIMES OF INDIA | SPUTNIK | UKRAINE TODAY | MONEY CONTROL

Pilihan Editor: Yang Perlu Diketahui tentang Pavel Durov, CEO Telegram yang Ditangkap Prancis

Leave a comment