Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Cara Pilih Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah Laki-laki

0 11

KOMPAS.com – Memilih model rambut yang cocok sesuai bentuk wajah menjadi kunci tampil lebih menarik dan percaya diri.

Selain bereksperimen, mencari sebanyak-banyaknya informasi bisa menjadi langkah awal yang baik untuk menemukan model rambut yang tepat.

Lebih lanjut, berikut cara memilih gaya rambut sesuai bentuk wajah laki-laki, seperti dilansir dari GQ dan Fashion Beans.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rambut Lebih Tebal

Gaya rambut sesuai bentuk wajah laki-laki 1. Kotak

Wajah kotak biasanya hadir dengan rahang bersudut yang tegas dan mungkin merupakan bentuk wajah yang cocok dengan berbagai gaya rambut.

Namun, karena wajah kotak cenderung lebih lebar, hindari model rambut yang menambah volume pada bagian samping wajah karena akan semakin menonjolkan sisi lebar tersebut.

“Model rambut yang dipotong di bagian belakang dan samping, serta lebih panjang dan tinggi pada bagian atas akan bekerja dengan baik jika cocok dengan jenis rambutnya, termasuk model quiff dan pompadour yang bertekstur,” ujar TJ Hunt dari tempat potong rambut ternama di London, Ruffians, seperti dilansir dari GQ.

Sementara jika rambut relatif lebih tipis atau garis rambutnya surut, dianjurkan memilih model rambut buzzcut atau French cut.

Baca juga: Jangan Gosok Batang Rambut Saat Keramas, Kenapa?

2. Bulat

Meskipun orang-orang berwajah bulat mungkin tidak memiliki garis rahang yang tajam dan menonjol yang dianggap ideal, bentuk wajah ini dan wajah kotak sama-sama tampak simetris, serta punya lebar wajah yang sama dari atas ke bawah.

Bagi kamu yang berwajah bulat, hindari model rambut yang menonjolkan fitur tersebut dan tidak memiliki “sudut” karena akan semakin membuat wajah tampak bulat. Termasuk buzzcut dan fade cut.

Pilih model rambut yang menambah volume tanpa memberi kesan tebal, seperti belah pinggir klasik dan taper cut.

Lebih lanjut, jenggot persegi yang penuh juga akan membantu menipiskan area dagu, sehingga membuatnya tampak lebih tirus.

Baca juga: Transplantasi Rambut Apakah Sakit?

3. Oval

Bagi pemilik wajah oval, hindari pinggiran yang panjang dan menutupi sudut wajah. Sebagai gantinya, pilih model rambut yang membuat sebagian besar bagian wajah terlihat.

Misalnya, model rambut  menengah dan panjang yang disisir ke belakang dinilai sangat cocok untuk bentuk wajah oval.

Sementara untuk rambut yang lebih pendek bisa memilih model potongan yang lembut dan bergaya mod.

Selain itu, hindari juga memiliki poni depan.

“Hindari poni depan karena terlalu banyak garis tebal di dahi akan melembutkan fitur wajah dan menambah kesan bulat pada wajah,” kata penata rambut selebritas, Jamie Stevens, seperti dilansir dari Fashion Beans.

Pemilik wajah oval juga tidak perlu janggut untuk mengisi celah yang tidak proporsional, sehingga cukurlah wajah dengan bersih.

4. Segitiga

Bentuk wajah segitiga ditandai dengan garis rahang yang menonjol dan dahi yang relatif sempit.

Model rambut terbaik untuk bentuk wajah ini adalah yang cenderung menambahkan volume dan tinggi di bagian atas untuk menyeimbangkan wajah.

“Quiff, bagian samping, dan pompadour semuanya akan memberikan trik ini dengan sempurna,” kata Hunt.

Baca juga: 10 Tips Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Agar hasil maksimal, kamu mungkin perlu menatanya dengan memanfaatkan pengering rambut.

Sedangkan untuk janggut, lebih dianjurkan untuk menjaganya senantiasi tercukur rapi.

5. Lonjong

Wajah lonjong seringkali tampak tirus. Maka, model rambut yang dipilih harus membantu menyeimbangkan luas wajah, bukan malah membuatnya tambah terkesan panjang.

Hindari model rambut yang jauh lebih pendek di bagian belakang dan samping, seperti skin faded undercut atau quiff.

“Pilihan terbaik adalah untuk tidak menggunakan gunting sama sekali dan memilih model potongan gunting klasik seperti Executive Contour atau Ivy League. Jika sesuatu yang sedikit lebih edgy lebih cocok untukmu, maka Caesar atau gaya shaggy dan surfer-y juga cocok,” kata Hunt.

Hindari mengaplikasikan jenggot penuh karena akan memberikan kesan wajah yang semakin panjang.

Baca juga: 5 Pesohor yang Jalani Transplantasi Rambut, Ada David Beckham

Jadi, cobalah jenggot pendek sekadar untuk mengisi celah yang ada.

6. Berlian

Wajah berbentuk berlian cenderung lebih sempit di bagian dagu. Artinya, kemungkinan besar kamu memiliki tulang pipi yang lebih menonjol dan fitur bersudut.

Pilihlah model rambut yang dapat menyeimbangkan bentuk wajah, memperhalus fiturnya, dan menghindari telinga terlihat besar.

Bagi kamu dengan tipe wajah berlian, gaya rambut yang lebih panjang dan memiliki layer akan bekerja sangat baik.

Tapi, jika lebih suka rambut pendek, pastikan rambut dicukur menggunakan gunting untuk menghasilkan sisi-sisi yang lebih lembut dan bertekstur.

Fringe juga akan cocok, tapi pilihlah yang lebih bergaya santai dan jangan terlalu presisi.

7. Bentuk hati

Mereka yang memiliki wajah berbentuk hati cenderung lebar di pelipis dan garis rambut, secara bertahap menyempit ke titik di dagu.

Bentuk wajah ini cukup langka dan mendapatkan manfaat dari beberapa ilusi optik untuk membuatnya tampak lebih proporsional.

Hindari potongan yang sangat ketat, karena ini akan menonjolkan dahu yang sempit dan dahi yang lebar.

Tampilan menyapu rambut dengan panjang sedang adalah pilihan yang paling aman.

Baca juga: Rambut Rontok Permanen, Coba Atasi dengan 2 Langkah Ini

Rambut wajah juga merupakan kunci. Kamu bisa membiarkannya tumbuh pada bagian dagu dan rahang.

Seperti bentuk wajah berlian, janggut membantu mereka yang punya wajah berbentuk hati tampak lebih penuh di bagian bawah kepala yang lebih sempit.

Leave a comment