Informasi Terpercaya Masa Kini

Survei Terbaru Pilkada Jakarta 2024,Mayoritas Pemilih PKB,PKS,dan Nasdem Dukung Anies Baswedan

0 6

TRIBUNKALTIM.CO – Mayoritas pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Nasdem memilih Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini menurut survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC),

 “Mayoritas pemilih PKS, Nasdem, dan PKB memilih Anies Baswedan jika pemilihan gubernur Daerah Khusus Jakarta dilakukan sekarang,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani, dalam keterangan tertulis, Minggu (18/8/2024).

Oleh karenanya, jika PKS, Nasdem, dan PKB bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan urung mengusung Anies pada Pilkada Jakarta, hal itu tak sesuai dengan aspirasi pendukung ketiga partai.

Baca juga: Alasan Fahri Hamzah Sebut Pilkada Jakarta 2024 Tak Perlu, Ridwan Kamil-Suswono Bisa Menang Aklamasi

Adapun KIM sedianya merupakan partai pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Koalisi ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.  

Pada Pilkada Jakarta 2024, KIM berencana mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.  

“Kita lihat terakhir kecenderungan mereka (PKS, PKB, Nasdem) mungkin batal untuk mendukung Anies, sebetulnya itu tidak sesuai dengan aspirasi dari pemilih partai,” kata Deni.

Survei SMRC memperlihatkan, Anies mendapatkan suara 94 persen dari pemilih PKS, unggul jauh dari Ridwan Kamil yang hanya mendapatkan suara 5 persen.

Pada pemilih Partai Nasdem, Anies mengantongi 76 persen, jauh di atas Ridwan Kamil yang hanya meraup 22 persen.

Selanjutnya, pada pemilih PKB, Anies juga unggul 73 persen melawan Ridwan Kamil yang hanya mendapatkan dukungan 17 persen.

Sebaliknya, Ridwan Kamil unggul atas Anies di pemilih Partai Solidaritas Indonesia atau PSI (93 persen), Partai Gerindra (71 persen), Partai Golkar (52 persen), dan Partai Amanat Nasional atau PAN (49 persen). Adapun pemilih Partai Demokrat terbelah kepada Anies (46 persen) dan Ridwan Kamil (43 persen).

Sedangkan mayoritas pemilih PDI Perjuangan belum menentukan pilihan (53 persen). Namun, sebagian besar memilih Ridwan Kamil (39 persen) dibandingkan dengan Anies (8 persen).

“Artinya mereka (pendukung PDI-P) memang wait and see, mau nunggu kira-kira arah dukungan partainya ke mana,” ujar Deni.

Adapun survei ini digelar pada 8-12 Agustus 2024. Survei dilakukan menggunakan metode double sampling melibatkan 500 responden yang dipilih secara acak.

Survei menggunakan metode wawancara tatap muka. Margin of error survei diperkirakan +-4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Baca juga: Survei Terbaru Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan Unggul jika Head to Head dengan Ridwan Kamil

Unggul dari Ridwan Kamil

Survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) mengeluarkan rilis yang menyatakan, nama Anies Baswedan cenderung lebih unggul jika melawan Ridwan Kamil maupun Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilkada Jakarta 2024.

Peneliti SMRC, Saidiman Ahmad mengatakan, Anies akan unggul jika head to head dengan Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta.

“Kalau hanya ada dua nama ini yang bersaing, Anies Baswedan dapat 42,8 persen, Ridwan Kamil 34,9 persen, dan yang belum tahu 22,3 persen,” ucapnya dalam keterangan pers, Minggu (18/8/2024).

Sedangkan dengan Ahok, suara Anies tipis bersaing dengan keunggulan 2,3 persen atau masih di angka margin off error. Anies disebut unggul 37,8 persen, sedangkan Ahok mencapai 34,3 persen.

Pemilih yang bingung berkisar 28 persen.

“Jika Anies bersaing head to head dengan Kaesang Pangarep, Anies mendapat dukungan 46,5 persen, Kaesang 15 persen dan yang belum tahu sekitar 38,5 persen,” ucapnya.

Adapun survei tersebut dilakukan melalui survei telepon terhadap warga Jakarta pada 8-12 Agustus 2024.

Metodologi yang digunakan adalah sampel secara random dari populasi pemilih berusia 17 tahun ke atas atau warga yang sudah menikah.

Sampel sebanyak 500 orang dipilih secara acak dari database tatap muka yang dilakukan SMRC mewakili pemilih Jakarta.

“Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen asumsi random sampling,” tandas Saidiman.

PKB Gabung ke KIM Plus

PKB akhirnya resmi tinggalkan Anies di Pilkada Jakarta 2024, gabung KIM Plus dukung Ridwan Kamil.

Anies Baswedan akhirnya ditinggal semua partai yang awalnya mendukungnya maju di Pilkada Jakarta 2024.

Setelah Nasdem bergabung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk mengusung Ridwan Kamil-Suswono, PKB pun mengambil langkah yang sama.

Sementara PKS juga diprediksi bakal gabung KIM, setelah Suswono (kader PKS) yang dipilih untuk dampingi Ridwan Kamil.

Terbaru, partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menutup kemungkinan mengusung calon gubernur Jakarta, Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: Beredar Flyer Duet Anies Baswedan-Rano Karno di Pilkada Jakarta, PDIP: Itu Aspirasi Akar Rumput

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB, Hasanuddin Wahid mengatakan, PKB telah mengambil sikap untuk mengikuti pilihan Partai Gerindra dalam Pilkada Jakarta. 

“PKB sudah final bahwa untuk Pilkada di DKI (Jakarta) ini bersama Gerindra, jadi tidak ada pembicaraan di luar itu,” ucapnya saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024).

Hasanuddin menjelaskan, calon yang ditetapkan Gerindra, yakni Ridwan Kamil akan didukung juga oleh PKB.

Pengumuman resmi dukungan itu akan digelar, Senin (19/8/2024), bersama dengan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

“Pokoknya kita final bersama Gerindra di Pilkada Jakarta,” ucap dia.

Sikap DPP PKB ini membatalkan dukungan DPW PKB Jakarta yang telah dideklarasikan untuk Anies pada 12 Juni 2024.

Adapun sikap Gerindra untuk mengusung Ridwan Kamil pernah diungkapkan Ketua DPD Gerindra Jakarta, Ahmad Riza Patria, 8 Agustus 2024.

“Memang sejak awal Gerindra mendukung RK untuk di Jakarta dengan berbagai pertimbangan. Pertama, karena RK adalah Wali Kota Bandung yang berhasil, Gubernur Jawa Barat yang berhasil, komunitas Jawa Barat di DKI Jakarta juga besar,” kata Riza.

Baca juga: Nasib Anies di Pilkada Jakarta 2024 di Ujung Tanduk, PKS-PKB dan Nasdem Pergi, PDIP Beri Harapan

Menurut dia, Ridwan Kamil tak akan sulit memimpin Jakarta karena jumlah penduduknya lebih sedikit dibanding Jawa Barat.

“Gubernur di Jawa Barat saja bisa berhasil dengan penduduk yang hampir 40 juta, apalagi cuma di Jakarta 10,5 juta penduduknya,” kata Riza.

Di sisi lain, Gerindra menilai pria yang akrab disapa Kang Emil itu memiliki integritas dan kompetensi yang mempuni untuk menjadi Gubernur Jakarta. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Survei SMRC: Anies Unggul jika “Head to Head” dengan Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Survei SMRC: Mayoritas Pemilih PKS, Nasdem, dan PKB Dukung Anies pada Pilkada Jakarta”

Ikuti berita populer lainnya di Google News, Channel WA, dan Telegram.

Leave a comment