Informasi Terpercaya Masa Kini

“Reshuffle” Terbaru Jokowi, Ini Daftar Menteri dan Kepala Badan yang Dilantik

0 14

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju pada Senin (19/8/2024).

Dalam reshuffle yang berlangsung di Istana Negara pagi ini, Presiden melantik tiga menteri dan satu wakil menteri. Selain itu, Presiden juga melantik tiga kepala badan, yang dua di antaranya adalah badan yang baru terbentuk.

Baca juga: Yasonna Kena Reshuffle, Jokowi Dianggap Amputasi PDI-P dari Kabinet

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 92P Tahun 2024 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode sisa masa jabatan 2019- 2024 dan Keppres Nomor 52M tentang Pengangkatan Wakil Menteri Kominfo Dalam Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Kedua Keppres tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Pertama, Supratman Andi Agtas yang dilantik menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Supratman yang merupakan kader Partai Gerindra, menggantikan Yasonna Laoly dari PDI Perjuangan.

Baca juga: Jokowi Lantik Taruna Ikrar Jadi Kepala BPOM Gantikan Penny Lukito

Kedua, Bahlil Lahadalia dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggantikan Arifin Tasrif.

Ketiga, Rosan Perkasa Roeslani dilantik menjadi Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Rosan menggantikan Bahlil Lahadalia yang sebelumnya memegang posisi tersebut. Diketahui, Rosan juga merupakan Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Selain itu, tiga kepala badan baru juga dilantik oleh Presiden Jokowi pada kesempatan yang sama.  

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 93P Tahun 2024 Tentang Pengangkatan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Keputusan Presiden Nomor 94P Tahun 2024 Tentang Pengangkatan Kepala Lembaga Gizi Nasional yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Baca juga: Jokowi Lantik Bahlil sebagai Menteri ESDM Gantikan Arifin Tasrif

Selain itu, Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/PPA Tahun 2024 Tentang 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Utama di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. 

Pertama, Taruna Ikrar dilantik sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), menggantikan Penny Lukito.

Kedua, Hasan Nasbi dilantik sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. Hasan dikenal sebagai pendukung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Ketiga, Dadan Hindayana, dosen Institut Pertanian Bogor yang dilantik menjadi Kepala Badan Gizi Nasional.

Leave a comment