Informasi Terpercaya Masa Kini

Bangganya Livenia Evelyn,Pembawa Baki Upacara HUT Ke-79 RI di IKN,Ternyata Cita-cita Sejak Kecil

0 5

TRIBUNSUMSEL.COM – Livenia Evelyn Kurniawan pembawa baki upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Diketahui, Livenia merupakan siswi asal Samarinda, Kalimantan Timur yang kini menempuh pendidikan di SMA Katolik St. Fransiskus Assisi Samarinda. 

Terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjadi salah satu momen yang paling membanggakan bagi Livenia.

Livenia Evelyn ternyata sudah sejak Sekolah Dasar (SD) mengikuti ekstrakurikuler Paskibraka hingga akhirnya ikut mengukir sejarah mengibarkan bendera di IKN. 

“Saya sangat senang dan bangga karena bisa menjadi salah satu perwakilan dari Kalimantan Timur. Terlebih lagi upacara akan dilaksanakan di IKN untuk pertama kalinya,” kata Livenia dari laman Otorita IKN, Sabtu (17/8/2024). Dikutip dari Kompas.com

Demi masuk tim Paskibraka, Livenia harus menjalani serangkaian tes fisik baik dan tes kebangsaan di tingkat bawah hingga tingkat provinsi.

Pada akhirnya, Livenia bersyukur bisa mendengar dirinya lolos seleksi tingkat provinsi dan mewakili Kalimantan Timur bergabung dengan anggota dari provinsi lain. 

“Puji Tuhan pada tanggal 22 Juni saya mendapatkan kabar bahwa hasil tesnya sudah keluar dan Puji Tuhan saya lolos (tingkat provinsi),” ujarnya. 

Livenia mengatakan, menjadi Paskibraka sudah menjadi cita-cita Livenia sejak kecil, karena itu ia sudah aktif ikut Paskibraka sejak SD.

Baca juga: Profil Lengkap Livenia Evelyn Siswi asal Kaltim jadi Pembawa Baki Upacara HUT ke 79 RI di IKN

Kini, selain berhasil menjadi kebanggaan warga Kalimantan Timur, Livenia juga berhasil mewujudkan cita-cita orangtuanya untuk menonton upacara secara langsung di Istana Negara. 

“Orangtua saya sangat senang, terutama mama saya karena dari dulu mama saya ingin menonton upacara secara langsung di Istana Negara,” ucap Livenia. 

Baca juga: Rekam Jejak Inf Nur Wahyudi Komandan Upacara HUT ke 79 RI di IKN, Pernah Bebaskan Sandera di Somalia

Sementara itu, bertugas sebagai cadangan pembawa baki ialah Paskibraka putri asal Provinsi Sulawesi Tenggara, Lutfiyah Naurasyifa Utoyo. 

Ia merupakan pelajar SMA Negeri 1 Kendari. Kemudian paskibraka nasional yang bertugas sebagai Komandan Kelompok 8 ialah Fifandra Ardiansyah Daud, Paskibraka yang mewakili Provinsi Maluku Utara. 

Ia merupakan pelajar SMA Negeri 1 Halmahera Barat. 

Bertugas sebagai pengerek bendera ialah Try Adyaksa S, Paskibraka perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. 

Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Parepare.

Selain itu, yang bertugas sebagai pembentang bendera ialah Akmal Faiz Ali Khadafi asal Provinsi Jawa Tengah. Ia merupakan pelajar dari SMA Negeri 4 Semarang. 

Lalu Komandan Kelompok 17 ialah Andre R.O. Kabagaimu, Paskibraka perwakilan Provinsi Papua Pegunungan. 

Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Wamena.

Sementara, Kolonel Inf. Nur Wahyudi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga berita lainnya di Google News

Ikuti dan Bergabung di Saluran Whatsapp Tribunsumsel.com 

Leave a comment