Informasi Terpercaya Masa Kini

Gagahnya ‘Maung Pindad’ Antarkan Duplikat Bendera Pusaka dari Monas ke IKN

0 9

Upacara peringatan 17 Agustus 2024 rencananya akan digelar secara perdana di Istana IKN. Rangkaian acara sudah mulai digelar.

Sabtu (10/8), dilaksanakan kirab duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi. Dibawa oleh paskibraka dari Jakarta menuju IKN.

Kirab dimulai dari kawasan Monas, Jakarta Pusat. Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi dibawa oleh paskibraka menggunakan Kendaraan Operasional MV3 Maung Tangguh buatan Pindad.

Kendaraan MV3-Maung ini diresmikan oleh Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dan Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, pada Rapim Kemhan 2023 lalu.

Maung Tangguh buatan Pindad ini menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc. Dapat melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

Untuk kirab, Maung Tangguh yang digunakan ialah varian atap terbuka. Bisa mengangkut 4 orang personel dan memiliki 5 pintu yang dapat diakses.

“Mewakili manajemen PT Pindad, kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Adalah suatu kehormatan bagi PT Pindad, bahwa kami dilibatkan secara langsung dalam prosesi kirab bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi menggunakan produk unggul MV3 – Maung Pindad dari Monas hingga IKN. Ini tentu saja merupakan peristiwa sakral dan bersejarah yang akan diingat dalam perjalanan bangsa Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Dianing P. Rahayu, dalam keterangan tertulisnya.

Titik rangkaian kirab di Jakarta diawali dari Monas, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Soebroto, Cawang, kemudian ke Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah diterbangkan menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, duplikat bendera dan teks proklamasi kemudian dibawa menggunakan kendaraan Maung menuju IKN.

Duplikat Bendera Pusaka ini nantinya akan digunakan pada Upacara 17 Agustus dalam rangka HUT ke-79 RI 2024 di IKN. Upacara tersebut bakal dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto. Duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi tersebut nantinya akan disimpan dalam sebuah ruang khusus di Istana Negara IKN.

Leave a comment