Informasi Terpercaya Masa Kini

Jurusan di Telkom University yang Berpeluang Kerja di Perusahaan BUMN

0 6

KOMPAS.com – Siswa kelas 12 SMA/SMK yang tahun depan akan kuliah wajib mencari informasi mengenai berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Setelah lulus SMA/SMK, kamu bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta hingga sekolah kedinasan.

Dari beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia, ada beberapa yang milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Salah satunya yaitu Telkom University.

Telkom University juga termasuk salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2025.

Telkom University berada di peringkat 1.001-1.200 secara global. Sedangkan secara nasional berada di peringkat dua untuk kampus swasta terbaik versi QS WUR 2025.

Dilansir dari laman resmi SMB Telkom University, sebagai universitas BUMN, Telkom University memiliki sejumlah lulusan yang langganan memiliki karier di perusahaan BUMN. Berikut beberapa perusahaan BUMN yang sering menerima lulusan Telkom University:

Baca juga: Beasiswa Telkom University untuk Kuliah 2025/2026, Pakai Nilai Rapor

1. Telkom Indonesia

Lulusan Telkom University banyak yang bekerja di BUMN PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Telkom Indonesia adalah badan usaha milik negara yang beroperasi di Indonesia dengan menyediakan layanan jaringan telekomunikasi dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Untuk bergabung dengan PT. Telekomunikasi Indonesia ini, kamu bisa memanfaatkan program rekrutmen bersama BUMN Telkom yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

2. Telkomsel

Selain Telkom Indonesia, lulusan Telkom University juga banyak yang diterima bekerja di PT Telekomunikasi Selular, atau Telkomsel. Telkomsel adalah anak perusahaan Telkom Indonesia yang bekerja dalam bidang telekomunikasi untuk pelanggan individu. Hingga akhir tahun 2021, perusahaan ini memiliki 397 gerai GraPARI di seluruh Indonesia untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

3. Bank Mandiri

Ternyata lulusan Telkom University juga bisa bekerja di dunia perbankan. Lulusan Telkom University banyak yang diterima di PT Bank Mandiri. Bank Mandiri adalah BUMN Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan keuangan.

PT Bank Mandiri, yang didirikan pada 2 Oktober 1998, merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jumlah aset, pinjaman, dan simpanan yang dimilikinya.

4. PT Bank Rakyat Indonesia

Selain Bank Mandiri, lulusan Telkom University juga banyak yang bekerja di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), juga dikenal sebagai BRI.

BRI adalah bank umum tertua di Indonesia yang didirikan selama pendudukan Belanda pada tahun 1895. Pemerintah Indonesia adalah pemegang saham mayoritas perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan komersial.

5. PT Pertamina

Lulusan Telkom University juga bisa bekerja di PT Pertamina. Pertamina merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang beroperasi dalam industri penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, PT Pertamina memegang peran penting dalam menjaga keberlangsungan negeri ini.

Rekomendasi jurusan di Telkom University

Sebagai upaya mempersiapkan kemampuan dan keahlian mahasiswanya dalam menunjang karier di perusahaan BUMN, Telkom University sebagai satu-satunya kampus BUMN di Bandung menyediakan jurusan yang variatif dan aplikatif. Berikut beberapa jurusan di Telkom University yang berpeluang bekerja di perusahaan BUMN:

1. Informatika

Mahasiswa di jurusan Informatika akan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi terbaru. Mereka akan mempelajari bagaimana teknologi ini bekerja dan bagaimana membuat teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, mahasiswa jurusan informatika juga belajar tentang big data, machine learning, blockchain, augmented reality, dan teknologi virtual.

Lulusan jurusan informatika sangat dicari untuk pekerjaan seperti mobile developer atau software architect di beberapa perusahaan teknologi informasi dan komunikasi seperti PT Telkom Indonesia.

2. Teknik Telekomunikasi

Jurusan Teknik Telekomunikasi atau Digital Connectivity adalah program studi yang mempelajari rekayasa teknologi telekomunikasi, yang mencakup protokol, layanan, dan teknik transmisi untuk meningkatkan efisiensi proses penyebaran informasi.

Lulusan sarjana maupun diploma jurusan Teknik Telekomunikasi memiliki prospek yang menjanjikan.

Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan industri telekomunikasi seperti PT Telkom Indonesia. Sehingga besar peluang lulusan jurusan teknik telekomunikasi untuk bisa memiliki karier BUMN.

3. Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI)

Program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) berfokus pada pengembangan-pengembangan, dan penerapan teknologi informasi dalam bidang manajemen bisnis.

Mahasiswa jebolan jurusan ini berpeluang untuk berkarier di perusahaan BUMN apa saja? Sejumlah perusahaan perbankan milik pemerintah seperti PT Bank Mandiri, PT Bank Rakyat Indonesia hingga PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menampung keterampilan kamu.

Adapun beberapa posisi yang dibutuhkan seperti analis manajemen bisnis hingga marketing.

4. Ilmu komunikasi

Telkom University juga punya Jurusan Ilmu Komunikasi. Jurusan Ilmu Komunikasi adalah bidang studi lintas disiplin yang mempelajari interaksi komunikasi manusia.

Seperti pengiriman, penerimaan, dan pemrosesan pesan. Ilmu komunikasi mencakup banyak hal, seperti teori budaya, teknologi, psikologi, sosial, dan linguistik.

Prospek kerja yang ditawarkan dari lulusan jurusan ini terbilang beragam. Mulai dari marketing communication hingga public relations.

Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki kesempatan luas untuk berkarir dan berperan penting dalam berbagai industri milik negara, mengingat hampir seluruh bidang perusahaan korporasi membutuhkan jasa dari jebolan jurusan ini.

5. Akuntansi

Jurusan Akuntansi adalah bidang studi yang mempelajari cara mengukur dan mengelola transaksi melalui identifikasi, pencatatan, penggolongan, dan peringkasan yang ditunjukkan dalam laporan keuangan.

Lulusan dari jurusan ini dapat melanjutkan karier sebagai akuntan, auditor hingga konsultan pajak.

Lewat pembekalan yang dipelajari pada jurusan ini, memberikan kamu pengetahuan mendalam terkait pencatatan transaksi keuangan, analisis laporan keuangan, dan regulasi perpajakan yang relevan.

Sejumlah perusahaan BUMN seperti PT Wijaya Karya, PT Jasa Marga, hingga PT Bank Negara Indonesia bisa kamu tuju untuk berkarier di setelah menyelesaikan studi.

Baca juga: 5 Jurusan Soshum yang Dibutuhkan BUMN Pertamina

Demikian jurusan di Telkom University yang punya peluang besar bekerja di perusahaan BUMN. Meski kuliah di perguruan tinggi swasta, tapi kamu juga punya peluang bekerja di perusahaan BUMN bergengsi.

Leave a comment