Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Tips Menabung Harian yang Efektif untuk Pemula, Harus Konsisten!

0 19

Menabung adalah langkah penting menuju kestabilan finansial dan pencapaian tujuan jangka panjang. Namun, bagi banyak orang, memulai kebiasaan menabung bisa terasa menantang. 

Kunci keberhasilan dalam menabung bukan hanya tentang berapa banyak uang yang kamu sisihkan, tetapi juga tentang konsistensi dan strategi yang digunakan. Mulailah dengan langkah kecil yaitu menerapkan tabungan harian. 

Nah, kali ini Popmama.com siap membahas tips menabung harian yang efektif untuk pemula

1. Menentukan target menabung

Cara menabung harian efekti pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan target terlebih dahulu. Target yang dimaksud di sini mencakup nominal dan tujuan pengumpulan uang. 

Dengan target yang sudah jelas karena telah ditentukan, kamu akan lebih termotivasi untuk menyimpan uang setiap harinya. Sisihkan uang untuk ditabung dengan rutin agar target bisa cepat tercapai. 

2. Mulailah dari nominal kecil

Cara efektif untuk menabung setiap hari adalah dengan memulainya dari jumlah kecil. Jadi, kamu  tidak perlu langsung menabung dalam jumlah besar. 

Yang terpenting adalah mempunyai komitmen besar agar uang bisa terkumpul. Misalnya, jika kamu menabung Rp 10 ribu setiap hari, maka dalam satu bulan kamu dapat mengumpulkan Rp 300 ribu.

3. Memanfaatkan promo dan diskon

Ketika membahas cara menabung yang efektif, memanfaatkan promo dan diskon adalah langkah yang penting. Banyak promo dan diskon tersedia pada momen-momen spesial seperti menjelang puasa, Lebaran, dan libur Natal. 

Selain itu, promo dan diskon juga sering ditemukan saat gajian atau akhir bulan. Dengan memanfaatkan promo dan diskon di berbagai tempat perbelanjaan, kamu bisa mengurangi pengeluaran. 

Jika pengeluaran berkurang, jumlah uang yang bisa dialokasikan untuk tabungan harian akan lebih besar, sehingga membantu mempercepat pencapaian target tabungan.

4. Menggunakan tabel menabung harian

Salah satu cara menabung harian yang sederhana namun efektif adalah dengan menggunakan tabel untuk mengelola proses menabung. Tabel menabung harian ini bisa dibuat di buku tulis atau catatan pribadi. 

Buatlah tabel dengan kolom dan baris untuk mencatat kegiatan menabung. Misalnya, kamu bisa menggunakan tabel tersebut untuk menabung lima hari dalam seminggu dengan nominal standar Rp 10 ribu. 

Dengan mengisi tabel ini secara rutin, kamu dapat memantau progres menabung dan melihat berapa banyak uang yang telah terkumpul.

5. Memisahkan rekening tabungan

Sejatinya, menabung setiap hari saja belum cukup. Kamu perlu memisahkan rekening tabungan berdasarkan kebutuhan. Usahakan, membuat uang khusus tabungan ke dalam rekening khusus. 

Untuk menghindari godaan menggunakan uang tabungan, atur batas penarikan tunai di ATM dan penggunaan kartu debit untuk transaksi non-tunai. 

Dengan cara ini, uang tabungan akan aman dan hanya bisa digunakan untuk tujuan yang sudah ditetapkan sejak awal kegiatan menabung harian.

6. Pakai bantuan aplikasi untuk memudahkan dalam menabungAcara The New Way of Banking: Super Bank di kawasan SCBD, Rabu (19/6/2024)

Salah satu bank yang bisa kamu jadikan andalan untuk menabung adalah Superbank. Bank satu ini menawarkan kemudahan untuk menabung karena tidak memerlukan aplikasi tambahan. 

Superbank bekerja sama dengan Grab, sehingga pengguna Grab bisa langsung membuka rekening melalui aplikasi. Dengan fitur tersebut, proses registrasi lebih cepat dan dapat mengurangi penggunaan penyimpanan ponsel pengguna. 

“Buat yang mau buka akun di sini, nggak perlu download lagi karena bisa via aplikasi Grab. Jadi, yang mempunyai memori terbatas di HP gak perlu khawatir. Dalam satu aplikasi itu bisa dibuat untuk nabung juga,” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia, saat di acara The New Way of Banking: Super Bank di kawasan SCBD, Rabu (19/6/2024). 

Menariknya lagi, pengguna yang membuka rekening akan mendapatkan bunga tabungan sebesar 6% per tahun. Alhasil, kamu bisa menabung dengan lebih menguntungkan. 

7. Menggunakan bank yang diawasi OJK dan BIAcara The New Way of Banking: Super Bank di kawasan SCBD, Rabu (19/6/2024)

Menggunakan aplikasi menabung yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BI (Bank Indonesia) adalah langkah bijak. Aplikasi semacam ini memberikan jaminan keamanan dan transparansi dalam pengelolaan uang. 

Dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan, kamu dapat dengan mudah memantau dan mengelola tabungan harian, serta tentunya memastikan bahwa setiap dana yang disimpan berada di tempat aman dan terpercaya.

“Aplikasi kami aman karena sudah diawasi oleh OJK dan BI. Superbank juga termasuk peserta penjaminan LPS,” pungkas Neneng Goenadi. 

Itu dia beberapa tips menabung harian yang efektif untuk pemula. Semoga tips yang diterangkan bisa kamu terapkan, ya!

Baca juga: 

  • 8 Cara Membeli Rumah dengan Menabung secara Menahun
  • Sambil Terus Menabung, Ini Doa agar Cepat Punya Rumah Impian
  • 7 Cara Menabung untuk Naik Haji, Mulai Sekarang Juga!
Leave a comment