Informasi Terpercaya Masa Kini

Daftar Jenderal Bintang 3 Polri yang Bukan Lulusan Akpol, Siapa Saja?

0 20

KOMPAS.com – Perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang sudah berpangkat jenderal, komisaris jenderal (komjen), inspektur jenderal (irjen), atau brigadir jenderal (brigjen) biasanya merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol).

Di antaranya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran yang merupakan lulusan Akpol 1991.

Namun, ada pula polisi yang sudah menyandang pangkat jenderal dan menduduki jabatan strategis di internal atau luar Polri yang bukan lulusan Akpol.

Berikut daftar perwira tinggi polisi aktif yang bukan lulusan Akpol tapi bisa menjadi jenderal.

Baca juga: Sepak Terjang Tito Karnavian, Jenderal Polisi yang Lompati 4 Angkatan Saat Jadi Kapolri

1. Komjen Ahmad Luthfi

Ahmad Luthfi baru saja mendapat kenaikan pangkat Irjen menjadi Komjen. Upacara kenaikan pangkat Luthfi dipimpin langsung oleh Listyo di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Senin (29/7/2024).

Selain kenaikan pangkat, eks Kapolda Jawa Tengah tersebut juga dimutasi menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan.

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (23/6/2024), Luthfi lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 22 November 1966.

Berbeda dengan perwira tinggi lainnya yang masuk Polri lewat jalur Akpol, Luthfi masuk Korps Bhayangkara melalui Sekolah Perwira (Sepa) Militer Sukarela (Milsuk) pada 1989 dengan latar belakang intelijen keamanan.

Lulus dari Sepa Milsuk pada 2000, ia melanjutkan studinya ke Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) dan Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri pada 2005.

Dua tahun setelahnya, ia masuk Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Selama berkarier di Korps Bhayangkara, Luthfi menduduki beberapa jabatan strategis, seperti Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Solo pada 2011 dan Kapolresta Solo pada 2015.

Ia kemudian dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Madya Bidang Sosial Budaya Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri pada 2017.

Setelah itu, Luthfi ditunjuk menjadi Wakapolda Jateng pada 2018 dengan pangkat brigjen atau jenderal bintang satu.

Dua tahun setelahnya, ia diangkat menjadi Kapolda sekaligus mendapat kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang dua.

Baca juga: Sepak Terjang Dono Sukmanto, Salah Satu Kapolri Tersingkat, Menjabat Hanya 9 Hari

2. Komjen Rudi Heriyanto Adi Nugroho

Rudi merupakan salah satu jenderal polisi non-Akpol yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ia dilantik menjadi Sekjen Kementerian KKP oleh Mneteri KKP Sakti Wahyu Trenggono pada Senin (11/12/23).

Dilansir dari laman Kementerian KKP, Rudi masuk Polri setelah lulus dari Sekolah Perwira pada 1993

Ia sempat menjabat sebagai Kapolda Banten pada 10 Desember 2020 hingga 23 November 2023.

Jauh sebelum menjadi jenderal, Rudi pernah ditunjuk sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Barat pada 2016 dan Direktur Rektorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya pada 2016-2017.

Perjalanan kariernya berlanjut sebagai Direktur Tindak Pidana Tertentu dan (Dirtipidter) pada 2017-2018 dan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada 2018-2019.

Ia juga pernah ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri pada 2019, Kepala Divisi Hukum Mabes Polri paada 2019-2020, dan Kapolda Banten pada 2020-2023.

Saat ini, Rudi juga mengemban tugas sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Mediasi Kepolisian dan Guru Besar bidang Hukum Universitas Lampung.

Itulah daftar jenderal polisi bintang tiga yang masih aktif, namun bukan lulusan Akpol.

Baca juga: Kisah Timur Pradopo, Pagi Masih Bintang 2, Malam Jadi Calon Kapolri

Leave a comment