Informasi Terpercaya Masa Kini

Tes Jakarta-Bandung, Segini Konsumsi Daya Baterai BYD M6

0 8

BANDUNG, KOMPAS.com – BYD M6 menjadi pilihan multi purpose vehicle (MPV) listrik keluarga yang diperkenalkan oleh BYD Motor Indonesia, tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Kompas.com mendapat kesempatan mencoba BYD M6 dengan rute Jakarta-Bandung, dan menikmati sensasi MPV listrik pertama di Indonesia. Hal menarik, yaitu menakar efisiensi daya baterai BYD M6.

Dalam perjalanan kali ini, redaksi menggunakan BYD M6 Superior Captain Seat yang dibekali BYD Blade Battery berkapasitas 71.8 kWh, yang memiliki jangkauan hingga 530 Km.

Baca juga: Promo Diskon Motor Honda Agustus 2024, Sonic 150R Tembus Rp 3,6 Juta

Saat memulai perjalanan dari diler BYD Harmony, Sudirman, Jakarta Pusat, baterai mobil dalam keadaan penuh 100 persen, dengan jarak tempuh pada panel instrumen 530 Km.

Di dalam mobil redaksi bersama dua rekan media nasional yang lain, dengan masing-masing orang berbobot 68 Kg, 85 Kg dan 95 Kg sehingga total 248 Kg. Dengan tambahan muatan lebih kurang 10 Kg. Pengaturan AC dengan suhu low dengan pengaturan fan speed tingkat dua.

Mobil melintas Tol Cikampek, melewati Tol Layang MBZ, dengan kecepatan dibatasi oleh patwal. Rata-rata kecepatan di tol antara 60 Kpj sampai 80 Kpj. Sepanjang rute itu, cenderung lancar karena tidak bertepatan dengan jam sibuk.

Pemberhentian pertama di Rest Area Km 86, dengan sisa baterai 81 persen dan sisa jarak tempuh 432 Km. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan keluar tol Subang dan melewati jalur nasional alias non tol.

Selama perjalanan menuju Bandung melewati jalur non tol, mode pengendaraan tetap pakai model normal untuk menggambarkan pola pemakaian sehari-hari. Gaya berkendara juga sewajarnya seperti di jalan umum dan tidak mencari konsumsi daya terbaik.

Adapun untuk rute yang dilalui beragam, mulai dari jalan menanjak, menurun, jalan bergelombang dan rusak, hingga mulusnya aspal. Beberapa titik ditemukan kemacetan, namun, didominasi oleh rute menanjak.

Destinasi selanjutnya adalah Asstro Highlands Ciater untuk makan siang, berdasarkan MID, sisa jarak tempuh 300 Km dengan sisa baterai 56 persen. Perjalanan dilanjutkan ke Imago Hills, dan berakhir di Swiss-Belresort Dago Heritage yang menjadi destinasi terakhir.

Sampai di Swiss-Belresort Dago Heritage, pada MID tercatat total jarak dari Jakarta dan Bandung yaitu 221 Km dan baterai terpakai 48 persen. Saat dihitung daya yang terpakai sebesar 25,9 kWh per 100 Km atau 3,8 kWh per kilometer.

Baca juga: Mengemudikan Mobil di Bawah Pengaruh Narkoba Sangat Berbahaya

Namun, tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang mempengaruhi daya yang terpakai. Mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Sebagai informasi, BYD M6 Superior Captain Seat dibekali baterai dengan kapasitas 71.8 kWh. Tenaga yang dihasilkan dengan kapasitas baterai tersebut mencapai 150 kW dengan torsi 310 Nm.

Leave a comment